10 Keutamaan Shalat Tahajud

10 Keutamaan Shalat Tahajud
5 (100%) 1 vote

Shalat Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat yang banyak dilakukan oleh muslim di seluruh dunia. Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari seteah seseorang bangun dari tidurnya. Shalat ini termasuk sunnah mu’akkad, yaitu sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Keutamaan Shalat Tahajud

Bagi orang yang melakukan shalat tahajud tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah, akan tetapi juga mendapatkan manfaat lain seperti kesehatan bagi tubuh dan jiwa. Banyak orang mengatakan shalat tahajud memberikan ketenangan dan kedamaian jiwa. Biasanya seseorang yang bangun di tengah malam untuk mengerjakan shalat tahajud akan mudah mengontrol emosi. Tidak hanya itu beberapa keutamaan shalat tahajud yang lainnya.

  1. Penghapus Dosa

Shalat tahajud adalah ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-orang shaleh. Shalat ini akan mendekatkan seorang hamba dengan Allah. Shalat tahajud juga dapat menghapus dosa seseorang. Selain itu, shalat tahajud akan memperkuat keimanan dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

  1. Wajahnya Berseri

Keutamaan shalat tahajud akan didapat oleh orang yang selalu mengerjakan shalat tahajud yaitu orang tersebut akan memiliki wajah yang bersinar. Itu salah satu tanda bahwa ia bertakwa kepada Allah. Tanda-tanda tersebut akan terlihat pada orang-orang di sekitar mereka.

  1. Melancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Waktu yang yang paling baik untuk melakukan shalat tahajud ialah pada pukul 03.00 pagi. Udara pagi yang masih segar memberikan kesegaran bagi organ tubuh. Pada jam tersebut, udara yang segar akan terhirup oleh paru-paru dan membuat aliran darah  menjadi lancar serta tubuh menjadi segar seketika.

  1. Membesarkan Rongga Paru-paru

Gerakan takbiratul ihram yang diukuti dengan gerakan bersedekap akan membuka rongga paru-paru lebih lebar yang dapat memperlancar aliran udara ke paru-paru. Anda akan merasakan paru-paru lebih lapang dari sebelumnya. Ini adalah salah satu olahraga napas yang sangat baik untuk kesehatan.

READ  7 Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki
  1. Jaminan Masuk Surga

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, Ibnu Majah, dan At-Tirmizy, Rasulullah mengatakan bahwa seseorang yang melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan jaminan masuk surga. Beliau bersabda, “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali kasih, shalat malamlah ketika orang-orang terlelap, maka masuklah ke surga dengan selamat.”

  1. Pikiran Jauh Lebih Segar

Setiap organ tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup. Tidur adalah waktu yang sangat baik untuk istirahat. Setelah bangun tidur, anda pasti akan merasakan pikiran jauh lebih jernih. Karena itulah, shalat tahajud dilakukan setelah bangun tidur. Udara yang masih segar membuat kita lebih khusyu’ dalam melaksanakan shalat.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Shalat tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Bagi penderita kanker, shalat tahajud akan menghilangkan rasa nyeri yang sering terjadi. Shalat tahajud juga akan meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah.

  1. Shalat paling Afdhal setelah Shalat 5 Waktu

Shalat 5 waktu adalah kewajiban bagi seorang muslim. Shalat juga sebagai pengingat hamba kepada Rabbnya. Shalat tahajud yang dilakukan di tengah malam ini memberikan kesempatan kepada anda untuk dapat beribadah dengan khusyu’, dapat mengeluhkan semua perasaan dan permasalahan yang anda hadapi dan memohon ampun kepada Allah.

Itulah beberapa keutamaan shalat tahajud. Yuk bersegera untuk melaksanakan shalat tahajud dan raih manfaatnya.

Tags: