11 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

11 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
5 (100%) 5 votes

Bawang Merah atau Red Onion (Allium cepa kelompok dari Aggregatum) memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Bawang merah merupakan salah satu dari bumbu masak yang berasal dari negara Iran, Pakistan serta pegunungan-pegunungan disebelah utaranya. Kemudian bawang merah menyebar ke berbagai penjuru dunia baik di negara tropis maupun subtropis. Bawang merah berwujud berupa umbi yang dapat dimakan langsung atau masih mentah, dapat digunakan untuk bumbu masak, acar, maupun obat tradisional. Kulit umbinya dapat digunakan untuk bahan zat perwarna serta daunnya dapat digunakan untuk campuran sayuran. Selain banyak manfaat tersebut, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat lain dari bawang merah

Berikut 11 manfaat dari Bawang merah:

  1. Menurunkan tekanan darah

Jurnal yang berjudul Pharmacological Reports yang telah diterbitkan pada tahun 2009 menyebutkan bahwa zat quercetinyang terkandung di dalam bawang merah cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Quercetinadalah zat alami yang membuat bawang merah menjadi berwarna merah gelap. Disebutkan bahwa seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi sangat beresiko mengalami berbagai penyakit seperti penyakit jantung kroner, diabetes, gagal ginjal dan stroke.

  1. Mengatasi Sembelit

Bawang merah merupakan rempah yang tepat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat pada bawang merah dapat membantu proses pembuangan dari racun tubuh, sehingga pencernaan akan lancar.

  1. Membantu mencegah Kanker

Bawang merah yang mengandung zat quercetin.Zat tersebut termasuk zat antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas berbahaya yang ada didalam tubuh. Kanker salah satu penyebabnya adalah karena penumpukan radikal bebas. Antikoksidan dari quercetin dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Ada sebuah penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan media hewan menunjukkan bahwa zat yang terkandung dalam bawang merah metah mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker usus, kanker endometrial, kanker prostat dan kanker paru.

  1. Membantu Mengontrol Diabetes

Bawang merah menggandung Flavonoid yang dapat membantu banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bawang merah dapat meningkatkan prosuksi dari insulin dna dapat membantu untuk mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu yang dimiliki oleh bawang merah dapat membantu merangsang sekresi insulin, yang dapat menurunkan respon dari inflamasi yang terkait dengan penyakit diabetes.

READ  Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi/Haid
  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kesehatan otak dapat terbantu dengan manfaat yang diperoleh dari bawang merah yakni kehadiran dari Folat. Folat ini adalah salah satu dari 8 vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan dari mental dan emosional. Folat yang terkandung dalam bawang merah dapat melindungi juga DNA dan RNA tubuh. Selain Folat, nutrisi lain yang tak kalah penting yang terkandung dalam bawang merah adalah zat besi yang berguna untuk menjaga fungsi otak.

Bawang merah menggandung pyrithione,yang ditemukan dapat melawan peradangan otak serta meningkatkan akivitas dari neurologis. Anti radang yang dimiliki oleh bawang merah dapat juga membantu mencegah Alzheimer (kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat).

  1. Detoksifikasi

Bawang merah memiliki manfaat dapat meningkatkan sirkulasi darah manusia. ia memainkan peran penting dalam membuang racun yang ada dalam aliran tubuh, yang mana dapat membantu untuk proses detoksifikasi. Khasiat yang terkandung dalam bawang merah dapat menstimulasi enzim pencernaan karena memiliki unsur penting yang berguna untuk detoksifikasi  hati.

  1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat dari bawang merah yang lainya adalah dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Bawang merah yang mengandung zat quercetin dapat dipercaya dapat meredakan atau menurunkan radang tenggorokan.

  1. Memperlancar Sistem Pernafasan

Selain dapat mengatasi radang tenggorokan, sehingga bawang merah menjadi salah satu obat anti radang dapat dimanfaatkan oleh para penderita asma dan alergi dimana disarankan untuk mengonsumsi bawang merah ini. Sehingga bawang merah dapat berfungsin untuk melancarkan sistem pernafasan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pada bawang merah mengandung Protein dan peptida yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat dari bawang merah mentah dapat menjadi efek antioksidan yang mana dapat membantu untuk melawan penyakit dan infeksi umum. Penyakit tersebut diantaranya adalah flu, pilek, deman dan juga bronkitis.

  1. Menyehatkan Jantung

Khasiat dari bawang merah mentah adalah dapat membuka arteri yang tertutup serta dapat mengontrol tekanan dari darah tinggi. Sehingga, dengan mengonsumsi bawang merah secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

  1. Baik untuk kesehatan Mata

Bawang merah menggandung sulfur yang ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat ini mampu merangsang produksi protein yaitu glutahione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung di dalam bawang merah sangat baik untuk kesehatan mata.

READ  Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tags: