4 Fakta Menarik Seputar Belanda, Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Diposting pada
4 Fakta Menarik Seputar Belanda, Negara yang Pernah Menjajah Indonesia
4.9 (98.96%) 251 votes

Belanda Si Penjajah

Belanda, sebuah negara yang pernah menjajah Indonesia. Banyak peninggalan Belanda seperti bangunan, dan jembatan. Tetapi, tahukah Anda bahwa terdapat fakta menarik dibalik penjajahan Belanda? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Negara yang dijajah dan menjajah

Belanda dikenal telah menjajah Indonesia selama kurang lebih 3,5 abad atau 350 tahun. Cukup lama, bukan?

Belanda dahulu sama seperti Indonesia, ia merupakan bekas penjajahan, yaitu jajahan Bangsa Spanyol. Perang selama delapan puluh tahun yang dimulai pada tahun 1566 hingga tahun 1648 menandai awal kemerdekaan Belanda yang akhirnya memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1648.

Pada tahun 1810, Negara Perancis dibawah Napoleon Boneparte menjajah Belanda yang saat itu sedang menjajah Indonesia. Penjajahan Perancis akhirnya berakhir di tahun 1815 di masa pemerintahan Gubernur Jendral Daendles.

  1. Belanda adalah sebuah negara kecil, tetapi mampu menjajah wilayah Indonesia yang cukup luas

Belanda yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 42.508 kilometer persegi ini mampu menaklukan wilayah Indonesia yang lebih luas daripada wilayah Belanda itu sendiri.

  1. Belanda sebenarnya tidak benar-benar menjajah Indonesia selama 350 tahun

Loh, bagaimana bisa? Awalnya, Belanda datang ke Indonesia dengan tujuan mencari informasi tentang rempah-rempah yang banyak dicari orang Eropa.

Sesampainya di Indonesia, Belanda berusaha untuk memberikan pengaruh besar terhadap perdagangan yang ada hingga mereka bisa menguasai perdagangan di daerah itu.

READ  Karakteristik Pembelajaran IPS

Pada tanggal 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan sebuah persekutuan dagang bernama Verenigde Oostindische Compagnie (VOC). Walaupun hanya sebuah persekutuan dagang, VOC ini mendapat banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda. Bahkan, VOC memiliki ribuan tentara yang membantu mereka untuk mengendalikan wilayah perdagangan di Indonesia.

VOC dibubarkan pada 31 Desember 1799 dikarenakan banyak pegawainya yang melakukan praktik korupsi, gaji pegawai cukup besar, biaya perang yang membengkak, dan ketatnya persaingan dagang.

Pembubaran VOC ini membuat pemerintah Belanda mengambil alih kendali pemerintahan di wilayah Nusantara sejak tahun 1800-an.

Dari penjelasan di atas, apabila dihitung mulai dari tahun Belanda mengambil alih pemerintahan pada tahun1800-an, Belanda hanya menjajah sekitar 145 tahun saja. Selebihnya, Indonesia dikuasai oleh VOC.

  1. Apabila Indonesia melakukan pelayaran dengan tujuan berdagang, beda lagi dengan Belanda

Belanda melakukan pelayaran dengan tujuan untuk menjajah, berbeda dengan Indonesia yang melakukan pelayaran untuk berdagang.

Jalur pelayaran dari Eropa ke Nusantara ditemukan oleh Cornelis de Houtman. Kala itu, para pedagang Amsterdam ke Lisboa, ibu kota Portugal. Pada saat kembali ke Amsterdam, pelayar Jan Huygen van Linschoten juga kembali dari India. Mereka menginformasikan bahwa Banten merupakan tempat untuk membeli rempah-rempah yang tepat.

Cornelis de Houtman tiba di perairan Banten pada tanggal 27 Juni 1596. Lalu, kembali lagi ke negaranya dengan membawa 240 kantong lada, 30 bal bunga pala, dan 45 ton pala.

Keberhasilan pelayarannya itu membuat yang lain mengikuti jejaknya ke Nusantara, yang berujung pada kolonialisme di Nusantara.

Itulah 4 fakta menarik seputar negara yang pernah menjajah Indonesia, Belanda.