6 Manfaat Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Manusia

Rate this post

Zakat Fitrah

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim. Zakat fitrah dibayar pada bulan ramadhan berupa beras 3,5 liter atau 2,7 kg atau berupa makanan pokok yang berlaku di wilayah masing-masing. Zakat fitrah ini dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat.

Manfaat Zakat Fitrah

Allah memerintahkan hambanya untuk melakukan atau melarang sesuatu karena ada hikmah di baliknya. Sama halnya dengan membayar zakat fitrah. Ada manfaat yang akan didapatkan oleh manusia di dalam kehidupannya. Berikut beberapa manfaat zakat fitrah yang akan didapatkan oleh pembayar zakat.

  1. Membersihkan harta

Allah berfirman dalam surat At-Taubah yang artinya, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka karena dengan zakat itu kamu dapat membersihkan dan menyucikan mereka.” Jelas bahwa salah satu manfaat zakat fitrah adalah untuk membersihkan dan menyucikan harta. Harta yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita. Ada hak orang lain dalam sebagian harta kita. Maka, dengan mengeluarkan zakat, kita telah membebaskan hak-hak orang lain tersebut dari harta kita.

  1. Penghapus dosa

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah, Rasululah SAW. telah menjadikan zakat fitrah itu wajib bagi setiap umat muslim untuk membersihkan orang-orang yang berpuasa ramadhan dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan yang keji serta untuk memberi makan orang miskin.

  1. Membantu Fakir Miskin

Zakat fitrah harus dibayar pada bulan ramadhan, paling telat pembayarannya sebelum shalat idul fitri. Zakat fitrah yang kita keluarkan akan membantu para fakir miskin untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka sehingga bisa bersama-sama bergembira dalam merayakan hari raya idul fitri. Maka, para fakir miskin pun tidak merasa cemburu kepada orang-orang yang lebih mampu karena mereka juga bisa merayakan idul fitri.

  1. Meningkatkan Rasa Saling Tolong Menolong

Orang-orang yang mampu akan belajar untuk menumbuhkan rasa saling tolong menolong bagi sesama, tidak lagi memikirkan kebutuhan sendiri dan berusaha untuk meringankan kesulitan orang lain. Mereka juga belajar untuk tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga memikirkan orang lain untuk berbagi kebahagiaan dan memahami bahwa tidak semua orang memiliki rezeki dan kemudahan seperti yang mereka miliki.

READ  Cara Melaksanakan Shalat Idul Fitri
  1. Merasa Lebih Tenang

Manfaat zakat fitrah bagi hati dan jiwa ialah merasa tenang dan damai karena telah menyelesaikan kewajiban. Jika seseorang menunda untuk membayar zakat fitrah apalagi tidak menunaikan kewajibannya tersebut, maka ia akan merasakan ketidaktenangan dalam hidupnya karena ada kewajiban yang ia ingkari.

  1. Memperpanjang Umur Panjang

Membayar zakat fitrah juga berarti seseorang menjalin silaturrahmi dengan orang lain, terutama dengan orang-orang yang kurang beruntung dan yang berhak menerima zakat. Dari silaturrahmi yang ia jalin tersebut, Allah akan panjangkan umurnya agar dia bisa menikmati nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Allah juga memberikan keberkahan dalam umurnya, maka dia akan menjadi manusia yang bermanfaat sepanjang sisa umurnya dan bisa menikmati hidupnya dengan tenang.

Ternyata ada banyak manfaat zakat fitrah bagi diri kita sendiri. Semoga setiap orang selalu semangat mengeluarkan zakat dengan ikhlas karena Allah.

Tags: