6 Rukun Iman dan Penjelasannya

6 Rukun Iman dan Penjelasannya
5 (100%) 2 votes

Rukun Iman

Rukun iman adalah pondasi dasar yang harus berdiri kokoh dalam diri seorang muslim agar dapat memahami islam dan mengamalkannya dengan benar.

Iman adalah keyakinan dengan hati, yang diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan anggota badan. Iman akan bertambah dengan ketaatan dan akan berkurang dengan kemaksiatan.

Rukun iman ada 6 yang harus diyakini oleh umat muslim dan menjadi prinsip dasar agama islam.

  1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah adalah pondasi utama yang diikuti oleh rukun iman yang lain. Ini menjadi dasar sekali dalam agama islam. Setiap muslim harus percaya kepada Allah karena Allah adalah Tuhan kita semua.

Iman kepada Allah bukan hanya dengan kata-kata saja karena telah mengakui bahwa Allah itu ada dan selalu mengawasi hamba-Nya. Kita harus menyembah Allah dengan sebenar-benarnya penghambaan diri. Barulah kita menjadi seorang yang beriman sejati.

  1. Iman kepada Para Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah iman kepada para malaiakat. Malaikat adalah perantara antara Allah dengan makhluk-makhluk-Nya dalam menyampaikan risalah kerasulan. Malaikat menyampaikan wahyu dari Allah kepada Rasul, kemudian para Rasul menyampaikannya kepada umat manusia.

Kita harus percaya bahwa malaikat itu ada dan bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang tidak melakukan dosa juga sebagai makhluk yang sangat patuh dan tunduk kepada Allah. Dengan izin Allah, ada banyak kejadian di dunia yang merupakan tugas malaikat seperti mencabut nyawa, menyampaikan wahyu, dan menurunkan hujan.

READ  10 Keutamaan Shalat Tahajud
  1. Iman kepada Kitab-kitab Allah

Kitab-kitab Allah adalah pelajaran dan sumber rujukan yang Allah wahyukan kepada para Rasul untuk menegakkan hukum antara manusia. Kita wajib mempercayai kitab-kitab yang telah Allah turunkan kepada para Nabi.

Ada 4 kitab yang Allah turunkan yaitu Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s, Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s, Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s, dan yang terakhir adalah Al-Qur’an yang Allah turunkan kepada nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW.

  1. Iman kepada Rasul-rasul Allah

Percaya kepada Nabi Muhammad SAW. dan juga percaya kepada nabi-nabi lain. Ada 25 nabi yang harus kita imani dan membenarkan ajarannya yang berlaku pada masanya.

  1. Iman kepada Hari Kiamat

Kita sebagai umat muslim harus percaya bahwa kiamat pasti akan terjadi. Kiamat adalah akhir dari dunia ini. Ketika terjadinya hari kiamat, dunia akan hancur dan itu adalah waktu yang sangat menakutkan. Semua manusia akan mati, lalu Allah akan kembali membangkitkan semua orang untuk bertanggung jawab atas semua perbuatannya yang telah dilakukan di dunia.

  1. Iman kepada Qada’ dan Qadar Allah

Rukun iman yang terakhir adalah percaya tentang takdir yang baik dan takdir yang buruk dari Allah. Semua takdir kita sudah ditentukan oleh Allah sejak kita masih di dalam kandungan. Semua garis kehidupan kita sudah Allah tuliskan.

Itulah 6 rukun iman yang wajib yakini di dalam hati, kita ikrarkan dengan lidah dan kita amalkan dengan anggota tubuh. Sangat penting bagi kita untuk menjaga keimanan agar tetap kuat yaitu dengan memperbanyak amal saleh, membaca Al-Qur’an, bershalawat dan memohon kepada Allah agar tetap dalam iman dan islam hingga Husnul Khatimah.

READ  7 Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki

Tags: