7 Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki

7 Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki
5 (100%) 12 votes

Rezeki

Sama halnya dengan jodoh dan kematian, rezeki adalah rahasia Allah. Banyak orang bekerja keras, namun hasilnya tetaplah di tangan Allah. Tak jarang, setelah bekerja keras, rezeki yang didapatkan tak sesuai harapan.

Setiap manusia berharap agar Allah melancarkan rezeki. Namun kita tidak bisa hanya berharap tanpa berusaha. Sebagai seorang muslim, kita harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dan berdoa kepada Allah agar dimudahkan.

Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki

Meskipun rezeki setiap manusia sudah diatur oleh Allah, kita tetap harus berusaha untuk mendapatkannya dengan berbagai amalan-amalan untuk memperlancar rezeki. Berikut beberapa amalan tersebut.

  1. Bersyukur

Bersyukur adalah merasa cukup atas apa yang sudah Allah berikan. Nampaknya memang mudah, namun  banyak orang sulit untuk melakukannya.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: “…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesunguhnya adzabku sangat pedih.”

  1. Shalat Dhuha

Shalat yang dilakukan pada pagi hari ini memiliki pilihan rakaat dari 2 rakaat hingga 12 rakaat. Jika seseorang melakukan shalat dhuha dengan tekun dan rutin setiap hari, maka Allah akan melancarkan rezeki baginya bahkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

  1. Istighfar

Setiap manusia tidak pernah luput dari khilaf dan salah. Dosa-dosa tersebut akan menjadi penghambat rezeki. Maka beristighfarlah agar Allah mengampuni dosa-dosa kita dan melancarkan rezeki kita.

  1. Bershalawat

Bershalawat adalah salah satu rasa cinta seorang umat kepada nabinya. Allah berfirman di dalam Al-Qur’an bahwa setiap muslim yang bershalawat kepada nabi Muhammad Saw, keberkahan akan datang dengan sendirinya atas izin Allah. Oleh karena itu jadikanlah shalawat sebagai salah satu rutinitas kita.

  1. Sedekah

Jika kita memberi maka kita akan menerima. Maka semakin banyak kita memberi semakin banyak juga kita menerima. Ketika seseorang bersedekah dengan ikhlas karena Allah, Allah akan melipat gandakan rezeki baginya menjadi seratus kali lipat.

  1. Hormat kepada Orang Tua

Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah tergantung kepada murka kedua orang tua. Dengan mematuhi dan menghormati mereka, Allah akan ridha kepada kita. Ketika kedua orang tua berdoa agar Allah melancarkan rezeki kita, maka insya Allah akan terkabulkan.

  1. Menikah

Setiap manusia sudah Allah tetapkan jodohnya masing-masing untuk mendampinginya selama di dunia dan mungkin juga hingga di akhirat. Seseorang yang menikah berarti ia telah menyempurnakan sebagian dari agamanya. Karena itulah Allah membukakan pintu rezeki baginya. Ketika pasangan tersebut dikarunia anak, maka Allah akan tambahkan rezeki keluarga tersebut. Untuk itu, janganlah takut untuk menikah selama diniatkan karena Allah dan untuk mencari keridhaannya.

READ  Macam-Macam Najis dan Cara Mensucikannya

Demikian, beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk memperlancar rezeki. Semoga setiap rezeki yang kita dapatkan Allah berikan keberkahan di dalamnya.

Tags: