7 Keutamaan Di Balik Makan Sahur

Diposting pada
Rate this post

Sahur

Kita sudah mengenal sahur sejak kecil sebagai makan pagi di hari yang masih gelap. Makan sahur akan menguatkan dan menambah semangat kita untuk menjalankan puasa selama sehari penuh. Waktu sahur juga merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Keutamaan Makan Sahur

Sahur tak hanya makan dan minum saja, akan tetapi dibaliknya ada keberkahan-keberkahan yang bahkan Rasulullah juga melakukannya. Yuk kita simak beberapa keutamaan makan sahur di bawah ini.

  1. Sebagai Wujud Ketaatan kepada Allah

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 187: “Makan dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” Maka orang yang makan sahur berarti ia telah menjalankan perintah Allah.

  1. Membantu Kuat Berpuasa Selama Sehari Penuh

Keberkahan sahur yang satu ini memang sudah kita pahami sejak kecil. Dengan sahur, kita akan mendapatkan asupan makananan yang kita butuhkan untuk tetap kuat selama sehari penuh. Karena itu kita dianjurkan untuk makan sahur dengan makanan yang berprotein tinggi yang akan memberikan asupan tenaga untuk sehari penuh.

  1. Membedakan dengan Umat yang Lain

Dalam satu hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, “Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur.”

Maka jelas bahwa sahur tidak hanya sekedar makan dan minum akan tetapi juga sebagai suatu ibadah.

  1. Bisa Melaksanakan Tahajjud

Biasanya kita makan sahur sekitar jam 3 atau jam 4. Itu adalah waktu 1/3 malam terakhir yang sangat baik digunakan untuk shalat tahajjud. Jadi keutamaan makan sahur di sini ialah dengan bangunnya kita ketika sahur maka bisa melaksanakan tahajjud yang kemudian diikuti dengan shalat shubuh berjamaah di mesjid.

  1. Waktu untuk Mengucapkan Niat

Terkadang ada orang yang lupa mengucapkan niat untuk berpuasa dan baru ingat ketika sudah berpuasa pada pagi harinya. Sedangkan tanpa niat, puasa kita tidak akan sah. Waktu sahur akan mengingatkan kita untuk mengucapkan niat berpuasa. Puasa yang hanya ada setahun sekali jangan kita sia-siakan hanya karena lupa niat. Karena itulah sahur termasuk waktu yang pas untuk mengingat niat berpuasa.

  1. Mau Berjamaah di Masjid

Shalat sberjamaah pada saat shubuh agak sulit untuk dilakukan karena sebagian orang masih tidur dan malas bangun apalagi untuk pergi ke mesjid. Nah, setelah sahur kita akan memiliki waktu lebih untuk pergi ke mesjid karena tubuh telah terisi dengan energi yang cukup, tentunya malas bukan alasan lagi.

  1. Kesempatan Beramal

Jika kita memiliki rezeki lebih, kita dapat membagikan makanan untuk sahur kepada orang yang tidak mampu. Berbagi dapat dilakukan dengan mengirimkan nasi bungkus atau nasi dalam kardus ke mesjid-mesjid atau ke tunawisma di pinggir jalan.

READ  Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT

Itulah beberapa keutamaan-keutamaan makan sahur menurut Rasulullah yang akan kita dapatkan. Tidak hanya makan, waktu sahur bisa kita manfaatkan untuk ibadah lainnya. Semoga kita semua dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beribadah dan beramal di bulan yang penuh berkah ini.