7 Tips Menghilangkan Kesedihan dalam Islam

Rate this post

Tips Menghilangkan Kesedihan

Kesedihan adalah sifat alami yang dirasakan oleh manusia. Penyebabnya bisa karena kehilangan, kegagalan, kesusahan, kecewa, patah hati, dan stres. Sebenarnya kesedihan dibolehkan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meluapkan emosi yang terpendam, namun sedih yang berlarut-larut akan berdampar buruk bagi kesehatan.

Islam melarang umatnya untuk berada dalam kesedihan yang berlarut-larut. Contohnya, seseorang menangis berhari-hari dan tidak nafsu makan hinga ia melupakan kewajibannya kepada Allah sementara ia terus bersedih hati hingga melukai dirinya sendiri.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kesedihan menurut islam.

  1. Ingatlah bahwa Allah  Bersama Kita

Seberat apapun kesulitan yang anda hadapi dan kesedihan yang anda rasakan, ingatlah anda tidak sendiri, ada Allah yang selalu bersama anda dan tidak pernah meninggalkan anda. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Allah adalah pemilik dunia dan segala isinya. Mintalah kepada Allah penyelesaian atas setiap masalah karena Allah tidak akan pernah membiarkan hamba-Nya berlarut dalam kesulitan dan kesedihan.

  1. Berdzikir

Menghilangkan kesedihan dapat dilakukan dengan berdzikir kepada Allah. Berdzikir adalah memuji Allah. Seseorang yang berdzikir tidak hanya  mendapatkan pahala namun dzikir merupakan sunnah Rasul yang dapat membuat hati menjadi tenang.

  1. Istighfar

Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang sudah kita lakukan. Apabila terjadi sesuatu yang berkaitan dengan emosi, kita disarankan untuk beristighfar. Mungkin hati tidak tenang karena banyaknya dosa dengan Allah. Maka istighfar akan menenangkan hati yang sedang kacau.

  1. Shalat Sunnah

Shalat adalah bentuk komunikasi seorang hamba dengan Allah. Ketika anda memiliki masalah, mengadulah kepada Allah. Dirikanlah shalat dua rakaat lalu mintalah pertolongan kepada Allah. Insya Allah hati akan menjadi tenang. Allah akan memberikan solusi atas permasalahan yang anda hadapi dengan cara-Nya sendiri.

READ  Pengertian Bulan Ramadhan
  1. Berdoa

Suatu hari Rasulullah mendapati Abu Umamah r.a sedang bersedih di dalam masjid. Maka Rasulullah pun mengajarkan sebuah doa untuk menghilangkan kesedihannya. “Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu daripada keluh-kesah dan kesedihan, rasa lemah dan kemalasan. Aku memohon perlindungan dengan-Mu daripada sifat penakut dan kebakhilan. Dan aku memohon perlindungan-Mu dari beban hutang dan dikuasai seseorang.” (HR. Abu Daud)

  1. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an termasuk salah satu cara menghilangkan kesedihan dalam islam. Al-Qur’an dapat dibaca kapan saja karena tidak ada waktu-waktu tertentu untuk membacanya. Seseorang yang membaca Al-Qur’an selain akan mendapatkan pahala juga akan membuat hati menjadi tenang. Membaca Al-Qur’an akan mengobati kesedihan di hati.

  1. Sandarkan Segalanya kepada Allah

Jika seseorang menyandarkan hidupnya pada sesuatu selain Allah, seperti harta, kekayaan ataupun status sosial, maka ia hanya akan mendapatkan kekecawaan. Bersandar kepada Allah adalah pilihan terbaik yang tidak akan pernah mengecewakan. Selama kita mengerjakan perintah Allah, menjauhi larangannya, dan berpasrah kepadanya, maka insya Allah, kita akan merasa bahagia.

Di atas adalah beberapa cara menghilangkan kesedihan dalam islam. Percayalah, segala sesuatu terjadi atas izin Allah. Dan Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya. Maka, jangan terlalu bersedih atas apa yang menimpamu hari ini, itulah sebaik-baik takdir yang Allah gariskan.

Tags: