8 Keutamaan Shalat Witir, Lengkap

8 Keutamaan Shalat Witir, Lengkap
5 (100%) 9 votes

Shalat Witir

Shalat witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup shalat malam lainnya. Hukum mengerjakan shalat witir ialah sunnah muakkad. Rakaat shalat witir berjumlah ganjil. Pada umumnya, dilakukan 1 rakaat atau pun 3 rakaat.

Keutamaan Shalat Witir

Shalat witir adalah wasiat yang ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Shalat witir memiliki banyak keutamaan yang besar. Bagi orang-orang yang yakin dapat bangun di akhir malam dan melaksanakan shalat malam yang kemudian di tutup dengan shalat witir, maka orang tersebut akan memperoleh keutamaan shalat witir sebagai berikut:

  1. Sebagai Shalat Tambahan

Shalat witir juga disebut sebagai tambahan shalat. Waktu mengerjakannya dianjurkan setelah Isya hingga sebelum Shubuh. Maka menambahkan dan meluangkan kesempatan untuk melaksanakan shalat witir akan mendapatkan pahala dari Allah.

  1. Menyempurnakan Shalat Malam

Shalat witir adalah penutup bagi shalat malam. Tanpa shalat witir, tidak akan sempurna shalat malam seseorang. Setelah mengerjakan shalat malam juga merupakan waktu yang utama untuk melaksanakan shalat witir.

  1. Allah mencintai Shalat Witir

Allah sangat mencintai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Shalat witir adalah shalat dengan bilangan rakaat yang ganjil dan salah satu ibadah yang dicintai Allah. Sebagai hamba Allah, kita juga akan mencintai apa yang Allah cintai. Oleh karena itu berusahalah untuk melaksanakan segala perintahnya termasuk mengerjakan shalat witir.

  1. Lebih Baik dari Unta Merah

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa keutamaan shalat witir adalah lebih baik dari unta merah. Berarti shalat witir bernilai lebih besar dari nilai seekor unta merah.

READ  6 Manfaat Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Manusia
  1. Dikabulkan Doa

Waktu mengerjakan shalat witir adalah waktu yang bagus untuk berdoa dan merupakan waktu yang dekat dengan Allah. Berdoa setelah selesai mengerjakan shalat witir, bisa menjadi salah satu doa yang akan Allah ijabahkan.

  1. Disaksikan Malaikat

Shalat witir yang didirikan pada penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat yang tentunya akan membawa berkah tersendiri dan malaikat akan mendoakan orang yang mengerjakan shalat witir tersebut  kepada Allah.

  1. Tidak pernah Ditinggakan oleh Rasulullah

Ada 3 perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah dalam hidupnya. Yang pertama yaitu berpuasa selama 3 hari setiap bulan atau puasa ayyamul bidh, yang kedua mendirikan shalat dhuha dan yang terakhir melaksanakan  shalat witir. Nabi Muhammad SAW. tidak pernah meninggalkan shalat witir baik ketika beliau sedang berada di rumah ataupun dalam bepergian.

  1. Diberikan petunjuk dan Kekuatan oleh Allah

Orang yang rutin mengerjakan shalat witir akan senantiasa merasa kuat dalam menghadapi cobaan dunia dan doanya akan senantiasa didengar oleh Allah. Allah akan  memberikan kekuatan kepada hambanya yang mau menjalankan perintahnya serta melakukan apa yang dicintainya.

Itulah beberapa keutamaan shalat witir yang harus kita dapatkan. Semoga setelah mengetahui keutamaan-keutamaannya, kita bertambah semangat untuk melaksanakannya.