Apa itu aerobik air?

Diposting pada
Rate this post

Senam Aerobik

Olahraga aerobic merupakan aktivitas yang melibatkan beberapa gerakan tubuh dan menggunakan sel-sel otot untuk memberikan oksigen yang lebih demi kesehatan tubuh. aerobic identic dengan jogging, bersepeda, dan yang paling umum ialah senam. Namun, Anda bisa mencoba jenis olahraga aerobic lainnya, yaitu senam aerobic di air.

Apa itu senam aerobik air?

Olahraga senam aerobic sangat diminati oleh masyarakat Indonesia belakangan ini. hal ini dikarenakan gerakan yang dipakai melibatkan keseluruhan anggota tubuh, sehingga mampu memberikan manfaat yang cukup banyak untuk system kekebalan tubuh. apalagi olahraga ini mampu dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Anda bisa mencoba olahraga ini di rumah dengan video-video yang disebarluaskan oleh instruktur professional. Hal ini memberikan kemudahan bagi siapapun yang tidak memiliki waktu ataupun finansial lebih untuk menyewa instruktur.

 

Aerobic air merupakan salah satu jenis senam aerobic yang sedikit berbeda, olahtaga ini bisa Anda lakukan di air. Aerobic air tidak jauh berbeda dengan senam aerobic biasa, olahraga ini tetap dilakukan dengan intesitas rendah namun memberikan pengaruh bedsar bagi tubuh jika dilakukan secara konsisten. Yang menjadi sedikit perbedaan antara senam aerobic biasa dengan di air adalah beda tempatnya. Selain itu, aerobic darat lebih dominan menggunakan tumupuan kaki ketika Anda bergerak atau berganti pose. Sementara senam aerobic di air lebih dminan dalam ketahanan tubuh dalam menjaga keseimbangan untuk menghadapi tekanan air selama pergerakan di dalam kolam. Manfaat yang didapatkan pun tidak jauh berbeda, namun fokusan tiap olahraga sedikit berbeda.

Perbedaan manfaat aerobic air dengan aerobic biasa

Aerobic Biasa, aerobik biasa atau aerobik yang biasa dilakukan di darat, cukup diminati masyarakat Indonesia. Olahraga ini biasa dilkaukan dan dijadikan sebagai rutinitas tiap minggunya untuk menjaga kekebalan tubuh. berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini :

Meningkatkan kekuatan tulang

Gerakan yang dipadukan oleh gerakan kaki, tangan, hingga keseluruhan tubuh, hingga mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Meningkatkan mood bagi ibu hamil

Olahraga ini mampu meningkatkan tingkat hormone yang diproduksi ibu hamil yang mempengaruhi mood ibu hamil. Gerakan dengan intesitas yang ringan sangat cocok untuk ibu hamil.

Aerobik air, aerobik ini tidak jauh beda dengan aerobik biasa, namun dilakukan di air. Anda bisa mencoba olahraga ini jika Anda mencari olahraga dengan intesitas keringan sedikit, namun tetap memberikan manfaat yang lebih. Namun, terdapat sedikit perbedaan yang akan Anda dapatkan dalam olahraga ini. berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini :

1.      Mengurangi sakit pegal linu bagi ibu hamil

Gerakan yang diberikan pada olahraga aerobik air ini mampu mengurangi rasa sakit punggung bagi ibu hamil dalam prosesi sebelum melahirkan, sekaligus mempersiapkan stamina bagi ibu hamil saat melahirkan kelak.

Perenggangan

Olahraga ini sangat ampuh bagi Anda yang memiliki waktu sangat padat dan tidak ada waktu untuk olahraga. Sehingga memberikan tubuh yang lebih ringan dari sebelumnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga ini selama satu minggu sekali setelah melakukan kesibukan.

READ  Penyebab dan Tanda Kemunculan Tsunami