Apa itu Past Continuous Tense?

Rate this post

Past Continuous Tense

Past continuous tense atau yang disebut juga sebagai past progressive tense merujuk pada suatu aktivitas berkelanjutan yang terjadi di masa lampau. Past continuous tense terbentuk lewat mengkombinasikan to bedalam bentuk lampau (wasdan were) dan verb 2 + -ing. Formula ini cenderung sederhana, bukan?

Intinya adalah, untuk membentuk past continuous tense, kita hanya membutuhkan was/were dan verb 2-ing.

Ada banyak situasi di mana tense ini digunakan. Misalnya, past continuous tense seringkali dipakai untuk mendeskripsikan kondisi-kondisi yang terjadi di masa lampau namun tidak statis. Contoh: The sun was not shining bright every day that winter(mataharinya tidak bersinar cerah setiap hari pada musim dingin itu) dan the children at the orphanage was laughing when Abi told them a joke(anak-anak di panti asuhan tertawa ketika Abi memberitahu mereka sebuah lelucon).

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang penggunaan past continuous tense.

  1. Digunakan untuk mendeskripsikan suatu kegiatan yang terjadi secara berkesinambungan di masa lampau ketika kegiatan lainnya menginterupsi kegiatan tersebut.

Contoh:

The chef was cooking ramen when a cat barged in to the kitchen(Juru masaknya sedang memasak ramen ketika seekor kucing menerobos masuk dapur.)

READ  MATERI BAHASA INGGRIS : INTRODUCTION

Rai was painting consistently until Naufal throw a cake to her face.(Rai sedang melukis secara konsisten sampai Naufal melemparkan sebuah kue ke wajahnya).

  1. Past continues tensedigunakan untuk menerangkan apa yang sedang terjadi di suatu waktu yang jelas di masa lampau.

At yesterday midnight, a stranger was sneaking in to my bedroom.(Kemarin malam orang asing sedang menyelinap ke dalam kamarku).

At 20 December last year, my crush was celebrating his birthday.(Pada tanggal 20 Desember tahun lalu, orang yang kusukai sedang merayakan ulang tahunnya).

  1. Tenseini bisa juga merujuk pada suatu kegiatan yang menjadi habitualdi masa lampau.

Luna was meowing constantly late in that night.(Luna mengeong secara konstan larut malam itu).

Setelah membahas mengenai detail penggunaan past continuous tense, sekarang kita akan membahas mengenai pelarangan pemakaiannya. Perlu diingat bahwa tidak semua kata kerja atau verb cocok untuk mendeskripsikan suatu kegiatan yang bersifat kontinyu. Misalkan saja to arrive (datang). Arrivebukanlah suatu kata kerja yang dinamis atau incontinuous, dengan kata lain arrive tidak bisa digunakan dalam past continuous tense.

Jadi tidak akan ada “he was arriving”, ya. Kalimat he was arrivingadalah suatu bentuk yang salah karena sekali lagi, arrivebukan merupakan kata kerja kontinyu.

Nah, itulah pembahasan singkat tentang past continuous tense. Perbanyak membaca literatur berbahasa Inggris, terutama novel, roman, atau cerpen untuk mengetahui model past continuous tenseini. Selamat belajar!

Tags: