Apa Itu Stomata Daun Pada Tumbuhan?

Diposting pada
Rate this post

Sumber gambar: nature.com

Stomata

Ada begitu banyak bagian dari sebuah tumbuhan dan bahkan masing-masing bagian tersebut masih memiliki bagian lainnya. Seperti daun yang masih memiliki beberapa bagian lagi, salah satunya adalah stomata. Lantas, apa sebetulnya yang dimaksud dengan stomata daun pada tumbuhan?

Stomata sendiri berasal dari kata tunggal stoma yang merupakan bahasa Yunani. Stoma artinya adalah mulut. Stomata bisa diartikan sebagai pori-pori kecil yang ada pada semua tumbuhan yang hidup di daratan. Sejatinya stomata sendiri bisa ditemukan di bagian bunga maupun batang dari sebuah tumbuhan. Namun paling utamanya terletak di bagian epidermis bawah daun tumbuhan.

Stomata juga diartikan sebagai lubang atau celah yang ada di bagian epidermis organ pada tumbuhan yang warnanya hijau dan ada sel khusus sebagai pembatas.

Ada dua sel penjaga yang mengelilingi stomata dan kedua sel tersebut punya kloroplas, tidak seperti beberapa sel epidermis yang lainnya. Sel-sel penjaga tersebut memiliki fungsi sebagai pengendali dari terbuka dan tertutupnya stomata. Ketika siang hari air masuk menuju sel-sel penjaga tersebut secara osmosis, hal itu menjadikan sel-sel mengalami pembesaran serta melengkung. Sehingga dalam hal ini stomata menjadi terbuka.

Berbeda halnya saat malam hari, dimana tumbuhan tidak mendapatkan hidrasi secara baik, air pun keluar dari sel-sel penjaga secara osmosis sehingga menjadikan sel-sel penjaga tersebut mengecil serta kembali melurus. Dalam hal ini stomata menjadi tertutup.

Stomata pada daun tumbuhan bisa terletak di kedua sisi daun maupun pada satu sisi saja. Saat stomata ada pada kedua sisi daun, hal ini disebut dengan amphistomatic. Sementara itu, apabila stomata hanya terdapat pada satu sisi daun saja, disebutnya adalah epitosmatic untuk letaknya di sisi atas dan disebut hypostomatic jika letaknya pada satu sisi di bagian bawah.

READ  Komponen – Komponen Ekosistem Makhluk Hidup

Bagian stomata bisa mencakup satu sampai dengan dua belas persen dari permukaan daun, yang mana letak stomata sendiri berada di bagian epidermis daun. Kendati stomata dapat ditemmukan di bagian epidermis daun, posisi yang tepat antara tumbuhan satu dengan yang lainnya tak selalu sama. Contoh adalah dalam mesophyl, stomata bisa dijumpai pada tingkat yang sama dari epidermis. Sedangkan pada beberapa tumbuhan mereka letaknya ada di atas dari epidermis daun.

Pada daun dikotil, stomata kebanyakan ada di bagian permukaan atas ketimbang lebih rendah. Akan tetapi pada daun monokotil, stomata berjumlah sama antara di bagian atas dengan bagian daun bawah. Struktur stomata sendiri terdiri dari sel ginjal yang bentuknya epidermal dengan pembukaan pada pusat yang disebutnya adalah pori.

Dinding pada bagian dalam sel penjaga berhadapan dengan aperture serta lebih tebal dari lapisan di bagian luar. Sel penjaga pun mempunyai vakuola yang tidak kecil. Sel-sel yang memutari sel penjaga itu disebutnya juga adalah anak perusahaan alias sel aksesori.