Awali Hidup Sehat dengan Mencuci Tangan

Awali Hidup Sehat dengan Mencuci Tangan
5 (100%) 1 vote

Cuci Tangan

Cuci tangan merupakan tindakan yang cukup mudah dan murah untuk dilakukan. Cuci tangan dapat mencegah penyebaran penyakit yang serius maupun penyakit sederhana. Terkadang banyak orang yang menyepelekan masalah mencuci tangan. Padahal tangan kita sendiri justru seingkali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda sebaiknya mengetahui bagaimana teknik mencuci tangan yang baik dan benar.

Mencuci Tangan Setiap Waktu

Mencuci tangan dapat dilakukan setiap waktu. Pada umumnya orang orang mencuci tangan pada saat sesudah dan sebelum makan atau pada saat sesudah meneyentuh barang yang kotor. Tidak hanya itu kita harus mencuci tangan setelah berinteraksi dengan orang lain seperti bersalaman, karena penyakit dapat menular dengan interaksi kulit. Selain itu banyak juga bakteri yang ada dibarang yang kita sentuh atau pegang jadi kita harus mencuci tangan setiap sudah atau selesai melakukan aktivitas.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan harus berada di bawah air yang mengalir dan menggunakan sabun tentunya. Berikut adalah langkah-langkah mencuci tangan yang benar.

  1. Pertama, basahi kedua telapak tangan setinggi pergelanganlengan memakai air yang mengalir, kemudian ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Setelah itu usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri dan sebaliknya.
  3. Jangan lupauntuk menggosok jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih. Dengan jari-jari saling mengunci antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut kemudian lakukan sebaliknya.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkanke telapak tangan.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, hingga sepuluh jari
  6. Langkah mencuci tangan terkahir dengan membersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian bilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir.
  7. Terakhir keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan jikamenggunkan kran, tutup kran dengan tissue usahakan jangan menyentuh kran lagi. Mengeringkan dengan tissue lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan umum. Hal ini dikarenakan mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menularkan ke orang lain juga.
READ  Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Cara mencuci tangan diatas merupakan cara dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. WHO mempunyai tujuh langkah jitu mencuci tangan yang benar yang direkomendasikan untuk kita, sehingga bakteri tersebut benar-benar terbunuh. Para peneliti dari Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia telah membuktikannya. Cara mencuci tangan dengan WHO membuat mereka yang biasa mudah sakit padahal sudah rajin cuci tangan menggunakan cairan antiseptik, justru lebih jarang sakit.