BAGAIMANA ASET PERBANKAN INDONESIA?

BAGAIMANA ASET PERBANKAN INDONESIA?
5 (100%) 2 votes

Mendengar kata aset perbankan, pasti angan-angan kita akan membawa kita kedalam sebuah perekonomian disuatu negara dimana negara tersebut akan terus selalu berusaha mempertahankan apa itu yang namanya asset perbankan yang surplus  dan tidak merugikan perekonomian suatu negara terutama perekonomian dalam bidang financialnya. Aset perbankan negara Indonesia telah tercatat oleh Bank Indonesia, yang mana pada tahun 2016. Aset yang telah disumbamgakan kepada perekonomian yang salah satunya berisi tentang aset asing, sebesar 33,57% milik dari pemerintah yang berasal dari asing atau luar negeri. Hal tersebut berdasarkan pada perhitungan yang dilakukan oleh OJK (Ototritas Jasa Keuangan). Direktur Pengawasan Bank II OJK, Anung Herlianto mengatakan, yang menjadi alasan utamanya karena tabungan masyarakat domestik tidak lagi mendukung pertumbuhan untuk kredit masyarakat.

  • Kondisi Aset Perbankan Indonesia

Kondisi domestik diatas ini kita ketahui bahwa sudah tidak lagi mendukung pertumbuhan yang terjadi pada kredit, makanya dibuka capital flow yang transmisinya lewat pada perbankan. Besaran porsi dari aset keuangan perbankan asing, lantaran pada saaat ini perbankan sedang membutuhkan likuiditas yang tinggi dan tidak hanya pada mengendalikan dana dan nasabahnya yang sudah ada. Bahkan dari beberapa bank nilainya tak menjadi masalah apabils aset perbankannya banyak yang memiliki adalah asing karena tentunya akan membantu perekonomian yang asa di Indonesia.

Likuiditas bank disini diperlukan untuk mencairkan dana dari perbankan sehingga dananya mengalir kembali keperbankan, hal ini lah yang nantinya tentu akan membuat kredit yang dilakukan oleh kreditur akan selalu murah. Hal tersebut tentu akan membuat gairah masyarakat untuk memperlancar perekonomian dapat dengan mudah dilakukan karena tidak perlu melakukan perkerjaan yang menyulitkan karena mereka cukup mengikuti arus perkembangan dari perekonomian perbankan. Meskipun demikian, likuiditas yang dilakukan dapat pula menjadikan aset perbankan luar negeri akan meningkat karena aktivitas investasi yang dilakukan oleh masyarakat juga ikut meningkat. Pada peningkatan investasi ini likuiditas dari perbankan umum memang sangat diperlukan, perbankan tersebut tidak hanya perbankan umum milik pemerintah dan perbankan umum milik swasta baik domestik maupun asing.

READ  Pengertian: Definisi Ekonomi Secara Umum, Lengkap

Pembagian deviden yang dilakukan oleh perbankan umum domestik maupun asing, kontibusinya sangat penting terutama untuk perekonomian yang terjadi nantinya didalam perekonomian dalam negeri. Bank Sentral juga telah memberikan ruang yang cukup luas untuk bank-bank umum asing maupun bank swasta asing, yang mana diharapkan bahwa tidak akan terjadi masalah-masalah sepanjang bank-bank asing dalam memerikan konstribusi yang sangat luas kepada perekonomian, yang dapat membantu inklusi dati keungan dengan perluasanan pada aspek atau akses yang dilakukan oleh masyarakat sebagai layananan sektor keuangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pemilik dari aset tersebut yang dapat memperkuat permodalan bank.

  • Target Ekonomi

Target ekonomi dan kredit yang tinggi kadang tidak disertai dengan ketersediaan dari likuiditas yang memadai dari perbankan umum untuk mendukung pertumbuhan perekonomian diatas. Sehingga perlu adanya aliran dana yang masuk ke dalam asset dana domestik. Hal ini akan memebuat bank-bank asing akan ikut membantu dengan melalui setoran pada modal ataupun pada aliran likuditas pada jaringan perbankan tersebut diluar negeri. Sampai pada saat ini, total dari aset pada sektor perbankan indonesia telah mencapai Rp 6 Trilun lebih.

  • Penguasa Aset di Indonesia

Jika berbicara mengenai siapakah yang menguasai asset perbankan negara Indonesia sudah pasti semua jawabannya ada pada perbankan dari negara asing. Karena yang kita tahu pemerintah kita memberikan ruang yang cukup luas bagi perbankan asing untuk masuk ke Indonesia dengan sangat mudah. Hal tersebut pula yang membuat perbankan tersebut cukup mudah untuk menguasai pasar keungan di Indonesia dan menguasi asset-asset perbankan yang ada dinegara Indonesia. Meskipun begitu banyak harapan yang dapat dilakukan masyarakat serta pemerintah Indonesia, yaitu menyeleksi pengaruh dari banyaknya perbankan asing dinegara kita sendiri.

READ  Pemanasan Global: Ancaman Untuk Manusia

Tags: