Cara Membuat Tabel Pada Ms. Word

Cara Membuat Tabel Pada Ms. Word
5 (100%) 1 vote

Microsoft Word memiliki banyak kegunaan dan juga memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah kemudahan dalam membuat tabel yang biasanya digunakan untuk membuat list harga, dll. Tabel adalah sekumpulan dari kotak yang tersusun ke dalam baris dan kolom. Tabel dapat digunakan untuk mengolah teks ataupun data numerik sehingga dapat mudah dipahami. Dalam Microsoft Word dapat menambahkan tabel kosong, mengubah teks/konten menjadi sebuah tabel dengan cepat. Oleh karena itu, dibawah ini jelaskan bagamana langkah-langkah membuat tabel yang ada dalam Ms. Word.

Membuat Tabel Kosong

Langkah – langkahnya:

  1. Letakkan kursor pada tempat dimana anda akan menambahkan tabel.
  2. Pilih tab Insertpada menu bar, kemudian klik “Table”.
  3. Setelah itu akan muncul menu drop – down yang mana berisi kotak-kotak tabelnya.
  4. Seret kesamping dan kebawah sesuai dengan jumlah kotak/tabel yang dibutuhkan. Contohnya kita akan membuat tabel dengan 4 kolom dan 4 baris.
  5. Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang diinginkan, lepaskan jari pada tombol kiri mouse dan tabel akan muncul sesuai dengan jumlah yang diinginkan.
  6. Terakhir untuk memasukkan teks, tempatkan kursor teks pada setiap kotak, kemudian baru kita ketik sesuai dengan keinginan.

Note: Untuk berpindah dari satu kotak/tabel ke kotak sebelahnya, bisa menggunakan tombol Tab atau tombol panah yang ada pada keyboard.

Mengubah Teks Menjadi Tabel

Kita pernah mengetik kemudian ingin membuat tabel akan terlihat lebih rapi dan mudah dipahami. Oleh karena itu, dibawah ini ada langkah – langkah untuk mengubah teks yang sudah ada menjadi sebuah tabel.

Langkah – langkah

  1. Pilih teks yang akan diubah menjadi tabel. Contoh:
READ  Cara Membuat Mail Merge Pada Microsoft Word 2013

  1. Pada tab Insert,kemudian klik “Table”
  2. Kemudian pilih “Convert Text to Table” pada menu drop – down

  1. Setelah itu akan muncul kotak dialog, kemudian pilih opsi pada bagian “Separate Text at” untuk mengetahui apa yang akan dimasukkan pada setiap kolom yang ada di tabel. Karena kita akan memisahkan data yang ada berdasarkan pada tab, maka pilih “Tabs”.

  1. Klik Ok.

Memodifikasi Tabel Menggunakan Tab Layout

Pada Microsoft Word terdapat tab Layoutdimana akan muncul setiap saat kita memilih tabel. Ada beberapa perintah pada tab untuk memodifikasi layout atau tata letak pada tabelnya.

“Rows and Columns”:perintah tersebut digunakan untuk memasukkan atau menghapus baris dan kolom.

“Merge dan Split Cells”:beberapa tabel kadang membutuhkan tata letak yang sesuai dengan layout standart dengan menggabungkan beberapa kotak yang berdekatan pada tabel menjadi satu kotak ataupun membagi sel menjadi dua.

“Change Cell Size”:perintah ini digunakan untuk mengatur tinggi baris atau lebar kolom yang ada pada tabel secara manual. Dapat juga menggunakan perintah Auto Fit yakni fitur untuk menyesuaikan lebar dan tinggi kolom secara otomatis berdasarkan teks yang ada didalam kolom tabel.

“Distribute Rows/Columns”:perintah ini digunakan mendistribusikan baris atau kolom yang sama, agar tabel terlihat lebih rapi dan terorganisir.

“Align Cell Text”:perintah ini akan mengubah perantaan teks di dalam tabel sehingga kita dapat mengatur menjadi rata kiri atas, rata kiri bawah, dan lain sebagainya.

“Change Text Direction”:perintah agar dapat mengubah arah teks dari horizontal menjadi vertikal dengan mudah.

Semoga Bermanfaat J

Tags: