Cara Menambahkan Hyperlink di Excel

Rate this post

Hyperlink

Microsoft Excel memungkinkan Anda untuk menyisipkan hyperlinkdi suatu sel, yang dapat Anda gunakan untuk langsung menuju ke suatu URL. Misalnya, Anda sedang menyusun daftar perusahaan untuk sponsorship,Anda bisa menyisipkan URL situs web resmi perusahaan tersebut supaya kerja Anda lebih praktis dan efisien. Ketika Anda mengklik sel ber-hyperlink itu, Anda akan secara otomatis terkoneksikan dengan browser dan menuju ke situsnya.

Nah, lalu bagaimana cara melakukannnya? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Memasukkan Hyperlink di Excel

Ada beberapa cara menambahkan hyperlinkdi Microsoft Excel, di antaranya yaitu:

  1. Ketik URL secara manual (atau salin temple/copy-paste).
  2. Menggunakan kotak dialog “Insert Hyperlink”.
  3. Menggunakan fungsi HYPERLINK.

Mari kita jabarkan di bawah.

  1. Ketikkan URL secara manual

Ketika Anda secara manual memasukkan URL dalam sel di Excel, atau menyalin dan menempelnya di sel, Excel secara otomatis mengubahnya menjadi hyperlink. Berikut adalah langkah-langkah yang akan mengubah URL sederhana menjadi hyperlink

1). Pilih sel tempat Anda ingin meletakkan hyperlink-nya.

2). Copy-paste tautan laman yang ingin Anda sisipkan, misalnya pada contoh di atas https://www.hidayatullah.com setelah Anda tekan enter, copy-pastean tersebut akan dengan sendirinya berubah menjadi hyperlink. Kalau Anda klik saja, ia sudah langsung bisa membuka laman tersebut di browser.

Perhatikan bahwa Anda perlu menambahkan http atau https untuk URL. Misalkan tidak menggunakan http atau https, dan Anda menggunakan www saja itu juga sudah bisa membuatnya menjadi hyperlinksecara otomatis.

  1. Menggunakan Kotak Dialog

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk memasukkan hyperlinkdalam sel menggunakan kotak dialog Insert Hyperlink:

READ  Membuat Diagram di Microsoft Excel

1). Pilih sel tempat Anda ingin meletakkan hyperlink-nya.

2). Masukkan teks yang ingin Anda hyperlink, misalkan saja teks-nya “Situs Suara Hidayatullah”.

3) Klik tab Insert, lalu pada grup Links pilih opsi Hyperlink.

4) Setelah di-klik, pasti akan muncul dialog box kan. Nah, jika sudah muncul, pilih ospi browsed page dan ketikkan tautannya di sana. Selesai.

  1. Menggunakan Fungsi HYPERLINK

Cara lain untuk menyisipkan tautan di Excel bisa dengan menggunakan fungsi HYPERLINK. Agak matematis sih, tapi bisa Anda coba dan hasilnya tidak kalah simpel Di bawah ini adalah formulanya.

HYPERLINK (link_location, [friendly_name])

link_location: ini adalah URL halaman web-nya.

[friendly_name]: Ini adalah teks yang Anda inginkan untuk diisi hyperlink.

Misalkan saja kalau pada contoh di atas, saya menggunakan link_location yaitu https://www.hidayatullah.com dan [friendly_name] Situs Suara Hidayatullah. Prosesnya adalah seperti ini, perhatikan contoh pada gambarnya karena memang formula ini agak tricky.

Sudah jadi!

Nah, bagaimana, mudah sekali kan menambahkan hyperlink di Microsoft Excel. Yang paling praktis tentu saja pilihan pertama, tinggal copy-paste saja tautannya di sel Excel. Tapi, kalau Anda suka bereksperimen, cara kedua dan ketiga juga boleh dicoba lho.

Sampai bertemu di tutorial Excel berikutnya.

Tags: