Cara Menggunakan Jangka Sorong dengan Mudah yang Benar

Rate this post

Apa itu Jangka Sorong?

Adakah yang tahu, apa itu jangka sorong? Mungkin bagi sebagian orang hanya beberapa persen yang mengetahui apa itu jangka sorong. Namun, bagi mahasiswa, ataupun anak sekolahan seperti SMA atau SMP pasti pernah mendengar atau bahkan juga menggunakannya. Apalagi anak SMA yang memilih jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Kalau belum mengenal, lantas bagaimana kita akan tahu bagaimana cara menggunakan jangka sorong dengan benar.

Jangka sorong adalah alat ukur dari besaran pokok panjang. Pengukurannya sendiri memiliki skala utama satuan (cm) dan skala nonius(mm). Beberapa fungsi yang terdapat di kehidupan kita sehari-hari adalah sebagai alat ukur bagi para ahli kunci. Dan beberapa fungsi lainnya yaitu sebagai pengukuran diameter luar benda maupun panjang benda. Jangka sorong ini memiliki manfaat yang luar biasa memang.

Juga dapat sebagai pengukuran diameter dalam benda dan kedalaman benda. Cara menggunakan jangka sorong ini sebetulnya mudah, namun tetap membutuhkan ketelitian dan ketepatan agar tidak salah ukur. Cara menggunakan skala jangka sorong dapat diuraikan dalam ulasan berikut ini.

  1. Pada awalnya, perhatikan skala nonius pada jangka sorong dan yang berhimpit dengan salah satu skala utama. Hitunglah berapa skala hingga ke angka nol. Misalkan skala utama menunjukan angka 3, maka terhitung 0,3 mm.
  2. Kemudian cara menggunakan jangka sorongadalah dengan tetap memperhatikan skala utamanya, pada skala utama setelah angka nol mundur kebelakang, lihat bagian yang terhimpit antara skala utama dan nonius, apabila menunjukkan angka 5, maka terhitung 3,5 cm.
  3. Kemudian setelah itu, Anda dapat mengkorvesikan hitungan tadi menjadi satu satuan semua, misalkan mau dijadikan mm, maka seluruh hasil harus memiliki satuan mm. Misalkan tadi terdapat 3,5 cm maka ubah dulu menjadi 35 mm. Kemudian baru boleh dijumlahkan kembali, 35 mm ditambah 0,3 mm maka 35,3 mm, dan 3,53 cm.
READ  Memahami Sistem Reproduksi Pada Pria dan Wanita

Bagaimana? Mudah bukan? Trik jitu menghitung jangka sorong dengan mudah yang paling utama adalah lihat dan hitung dulu pada skala utamanya, kemudian baru melihat garis yang berhimpit antara skala nonius dan skala utama, yang diambil adalah skala noniusnya dan kemudian baru dijumlahkan. Begitulahcara menggunakan jangka sorong.

Untuk yang masih bingung, skala utama itu adalah skala angka yang berada pada atas jangka sorong, kemudian untuk skala nonius adalah skala yang berada pada bawahnya skala utama. Keduanya memiliki perbedaan dalm segi satuan, bila skala utama menggunakan satuan cm maka, skala nonius menggunakan mm.

Anda tidak perlu bingung dalam cara menggunakan jangka sorong, apabila Anda banyak berlatih dan gigih ingin mempelajarinya, sebetulnya jangka sorong ini masih mudah untuk dipahami, kalau Anda sudah mengetahui mikrometer sekrup, itu adalah alat yang digunakan sebagai pengukurannya juga. Semoga artikel ini memiliki manfaat. Jangan lupa untuk disebarluaskan.

Tags: