Cara Mudah Membaca Jangka Sorong

Diposting pada
Cara Mudah Membaca Jangka Sorong
5 (100%) 2 votes

Apa itu Jangka Sorong?

Jangka sorong ini merupakan alat ukur yang sangat penting di berbagai bidang misalnya pada industri otomotif dan perakitan. Jangka sorong mampu mengukur jarak, kedalaman, maupun diameter dalam suatu objek dengan tingkat ketelitian dan presisi yang sangat baik. Maka dari itu, bagi orang yang ahli dalam bidangnya harus bisa mengetahui cara membaca jangka sorong.

Untuk lebih mengenal dan mengetahuinya, mari kita lihat bagian-bagian yang dimiliki oleh Jangka Sorong itu sendiri. Jangka sorong terdiri dari rahang tetap dan rahang geser. Rahang tetap dan geser ada yang diatas dan dibawah. Dalam jangka sorong terdapat dua skala. Skala utama dan skala nonius. Juga memiliki dua rahang, yaitu rahang dalam dan luar.

Rahang dalam ini berfungsi untuk mengukur diameter luar maupun sisi bagian luar dari sebuah benda misalnya mengukur lebar dan tebal suatu benda (contohnya saat mengukur ketebalan kertas atau lebar meja). Bagian Rahang Dalam Jangka Sorong ini bentuknya dapat digeser dan terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser.

Bagian rahang luar jangka sorong ini terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser. Fungsinya adalah untuk mengukur suatu diameter didalam ataupun sisi bagian dalam suatu benda misalnya untuk mengukur diameter hasil pengeboran, diameter tabung, cincin dan lain sebagainya. Cara membaca jangka sorong sangat dipengaruhi oleh kedua bagian ini.

Skala utama memiliki skala dalam satuan cm dan mm, sedangkan skala pada nonius memiliki panjang 9 mm yang dibagi menjadi 10 skala. Cara membacanya adalah, lihat skala nonius yang berhimpit pada skala utamanya. Kemudian, coba cermati lagi skala noniusnya utama, berapa atau  bagian manakah setelah angka 0 mundur kebelakang.  Setelah itu, jumlahkan kedua angka tersebut.

READ  Hukum Archimedes, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya

Dengan cara lain, cara membaca jangka sorong adalah :

  1. Lihat dan perhatikan skala noniusnya. Kemudian lihat skala nonius yang behimpit pada skala utama (cm), lihat dan baca angka yang berdekatan dengan angka nol(0) pada skala vernier, lihat yang benar-benar paling dekat.
  2. Membaca skala vernier(mm),  akan terdapat satu garis skala utama yang akan tepat bertemu dengan satu garis lurus pada skala vernier.
  3. Untuk mendapatkan hasil pengukuran akhir, tambahkan kedua nilai pengukuran diatas. Samakan dulu satuannya, apabila skala utama mm, maka skala vernier juga harus dalam mm. Setelah itu hasil yang diberikan akan menunujukkan hasil mm, baru bisa dikonversikan kebentuk satuan cm.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mencoba menghitungnya? Mudah bukan cara membaca jangka sorongnya? Selanjutnya saya akan menunjukan beberapa fungsi yang dimiliki Jangka Sorong. Fungsinya adalah sebagai pengukuran panjang suatu benda dengan ketelitian sampai 0,1 mm. (rahang tetap dan rahang geser bawah)

Rahang tetap dan rahang geser atas bisa digunakan untuk mengukur diameter benda yang cukup kecil seperti diameter koin, cindin pipa dan lain-lain. Tangkai ukur dibagian bawah berfungsi untuk mengukur kedalaman seperti kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang kecil.

Itulah cara pengukuran dan beberapa diantaranya fungsi dari jangka sorong. Apabila Anda masih bingung dengan perhitungan jangka sorong, diskusikanlah bersama teman-teman Anda. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda semua.