Cara Penyelesaian Program Linear

Diposting pada
Cara Penyelesaian Program Linear
2 (40%) 1 vote

Kata Majemuk

Di sini nanti kita akan bersama-sama membahas mengenai materi kata majemuk. Namun, apakah kalian tahu apa itu kata majemuk? Apa perbedaannya dengan kalimat majemuk? Dan bagaimana ciri-ciri yang membedakannya? Semua akan kita ulas disini. Perhatikan materi dibawah ini.

Pertama-tama, sebelum kita mengetahui apa itu kata majemuk. Alangkah baiknya jika kita mengetahui arti dari masing-masing kata tersebut. Kata atau ayat adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasa, klausa, atau kalimat.(Wikipedia)

Sedangkan untuk kata majemuk adalah Kata majemuk atau kompositum adalah gabungan morfem dasar yang seluruhnya berstatus sebagai kata yang mempunyai pola fonologis, gramatikal, dan semantis yang khusus menurut kaidah bahasa yang bersangkutan. Pola khusus tersebut membedakannya dengan frasa atau gabungan kata–gabungan morfem yang bukan kata majemuk. (Wikipedia)

Jadi, singkatnya kata majemuk adalah gabungan dua kata dasar yang pada akhirnya memiliki makna baru. Makna baru ini bisa saja tidak ada kaitannya dengan dua kata dasar tersebut. Untuk struktur dari kata majemuk sendiri sama dengan kata-kata biasa, namun kata ini tidak dapat dipecah karena akan menimbulkan penafsiran yang berbeda pula, dan istilah ‘kata majemuk’nya sendiri akan hilang.

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua buah klausa atau lebih yang dihubungkan oleh konjungsi, kata hubung, atau kata sambung, dimana klausa-klausa pada kalimat majemuk terdiri dari anak kalimat dan induk kalimat. Kalimat majemuk juga terdiri dari beberapa jenis lagi, diantaranya adalah kalimat majemuk setara, bertingkat, rapatan dan campuran.

READ  Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Kalimat Efektif, Ciri-Ciri, dan Syaratnya

Jadi, perbedaan antara kata majemuk dan kalimat majemuk adalah, kata majemuk merupakan gabungan dari dua kata yang dijadikan satu, untuk kalimat majemuk adalah gabungan kata kata yang dihubungkan menggunakan konjungsi. Kata majemuk dan kalimat majemuk sangatlah berbeda, karena kata sendiri merupakan bagian dari kalimat. Dan kalimat adalah kumpulan dari beberapa kata.

Nah, untuk ciri-ciri dari kata majemuk adalah :

  1. Tidak bisa disisipi

Pada umumnya, sisipan hanya berupa preposisi atau kata depan. Jika gabungan kata tersebut dapat di sisipi, maka hanya disebut sebagai Frasa, sedangkan jika ketika disisipi maknanya berubah, maka dikategorikan sebagai kata majemuk. Contohnya adalah “kambing hitam”, arti kambing hitam sendiri bermakna orang yg dalam suatu peristiwa sebenarnya tidak bersalah, tetapi dipersalahkan atau dijadikan tumpuan kesalahan.

Dimana bila diberi sisipan ditengahnya dengan “warna”. Maka akan menjadi “kambing warna hitam”. Dengan bermakna, bahwa terdapat kambing dengan warna hitam, yang jelas-jelas itu berbeda sekali dengan makna diatas.

  1. Tidak bisa diperluas

  Perluasan dapat terjadi jika sebuah kata terdapat pemberian imbuhan. Perluasan tidak bisa diberikan pada satu kata saja, melainkan mencakup kedua kata pembentuknya. Contohnya adalah Kata “Kereta Api”, jika diubah menjadi “Perkereta Api”, atau juga “Kereta Apian” kata tersebut tidak memiliki makna. Namun ketika menambahkan awalan dan akhiran yang mengapitnya, maka akan menjadi “Perkereta Apian”.

  1. Tidak dapat ditukar

Untuk ciri-ciri ketiga sendiri, yaitu kata majemuk yang memiliki sifat tetap. Dimana sudah sesuai dengan namanya yaitu tetap, yang artinya pada kata majemuk ini peletakan kata pertama dan kedua tidak bisa ditukar secara massal. Karena, akan mengakibatkan kesalahan dalam penafsirannya sendiri. Contohnya adalah Kata “buah tangan” bermakna ‘oleh-oleh’. Namun jika posisi kata majemuk ditukar menjadi “tangan buah” maka akan merubah maknanya.

READ  Cara Memahami dengan Mudah Kalimat Majemuk, Pengertian, Macam-macam dan Contohnya

Contoh lain dari kata majemuk adalah

  • Kutu Buku
  • Wali Murid
  • Besar Kepala
  • Duta Besar
  • Kepala Sekolah, dan lain-lain.

Jadi, kata majemuk adalah penggabungan dua kata dasar yang tidak dipisahkan dengan apapun ataupun tidak bisa disisipi dengan apapun, karena akan merubah dari makna tersebut. Cukup sekian materi mengenai kata majemuk, semoga bermanfaat.