Contoh Soal-soal Persamaan Garis Lurus

Diposting pada
Contoh Soal-soal Persamaan Garis Lurus
5 (100%) 1 vote

Pemaparan Materi

Sumber : yuksinau.id

Pada kesempatan kali ini, mari kita mengulas materi-materi untuk SMP kelas 10, yaitu Persamaan Geais Lurus. Tentunya, sudah tidak asing lagi dengan materi ini, bukan? Bahkan di sekolah dasar kita sudah mengenal sekumpulan garis yang dihubungkan dan membentuk grafik.

Persamaan Garis Lurus, sudah pastinya tidak asing lagi dengan pelajaran matematika ini. Yuk, bahas kembali untuk mengingat ulang kembali materi matematika ini.

Persamaan garis lurus ialah suatu pemetaan persamaan matematika dalam bidang koordinat cartesius yang membentuk grafik garis lurus. Ada dua variabel dalam suatu persamaan garis lurus dan keduanya memiliki orde 1. Garis lurus adalah suatu kumpulan titik dengan jumlah tak terhingga serta saling berdampingan. Garis lurus bisa dinyatakan dalam berbagai bentuk persamaan garis lurus, satu garis lurus bisa dinyatakan dalam lebih dari suatu. Dalam persamaan garis lurus kita juga mengenal istilah gradien. Apa itu gradien?

Pengertian Gradien

Gradien yaitu Perbandingan komponen y dan komponen x , atau disebut juga dengan kecondongan sebuah garis. Lambang dari suatu gradien yaitu huruf “m”. Gradien juga dapat dinyatakan sebagai nilai dari kemiringan suatu garis dan dapat dinyatakan dengan perbandingan Δy/Δx. Gradien adalah nilai kemiringan suatu garis. Gradien dapat bernilai positif atau negatif. Sesuai perjanjian gradien bernilai positif apabila arah garis ke kanan dan ke atas sedangkan gradien bernilai negatif apabila arah garis ke kiri dan ke bawah.

Nah, sebenarnBerikut beberaya fungsi untuk meguasai materi ini apa sih? Pernahkah kalian melihat atau mendengar menara Pisa di Italia? Menara Pisa adalah sebuah menara lonceng yang memiliki kemiringan sekitar 50, namun tetap berdiri hingga saat ini. Menara Pisa didirikan pada Abad ke-12.

READ  Pengertian: Contoh Soal, Rumus Persamaan Garis Lurus, Lengkap

bagaimana menentukan sudut kemiringan dari Menara Pisa ini? Untuk menentukan kemiringan kita bisa menggunakan konsep dari persamaan garis lurus dengan membuat koordinat Kartesiusnya. Aplikasi persamaan garis lurus tidak hanya untuk menentukan kemiringan suatu bangunan namun juga dapat menentukan waktu dan jarak dari kecepatan yang diperoleh, peramalan harga atau jumlah penduduk di tahun tertentu. Menarik, bukan?

Garis lurus adalah kumpulan titik-titik yang tak berhingga dan saling berdampingan. Garis lurus dapat dinyatakan ke dalam suatu persamaan eksplisit dan implisit. Persamaan garis lurus secara eksplisit contohnya yaitu y = mx dan y = mx + c sedangkan persamaan garis lurus secara implisit adalah ax + by + c = 0.

Di mana

y = persamaan garis lurus,

m = gradien/ kemiringan,

c = konstanta,

a dan b merupakan suatu variabel.

Inilah beberapa soal yang bisa dibuat untuk latihan untuk mengasah ilmu anda Mengenai persamaan garis lurus. Semakin banyak soal-soal yang kalian coba, maka akan membuahkan hasil yang terbaik pula.

Sebuah titik P(3, d) terletak pada garis yang melalui titik Q(−2, 10) dan R(1, 1), jika nilai d adalah ….

A. 13

B. 7

C. −5

D. −13

Persamaan garis lurus yang sejajar dengan garis y = 1/2x + 5 dan melalui titik P(-1, 2) ….

A. x + 2y – 5 = 0

B. x – 2y – 5 = 0

C. x – 2y + 5 = 0

D. x + 2y + 5 = 0

Persamaan garis melalui (−1, 2) dan tegak lurus terhadap garis 4y = − 3x + 5 adalah ….

A. 4x – 3y + 10 = 0

B. 4x – 3y – 10 = 0

C. 3x + 4y – 5 = 0

D. 3x + 4y + 5 = 0

Persamaan garis yang melalui titik (–3, 5) dan tegak lurus garis 3x – 2y = 4 adalah ….

A. 2x + 3y – 9 = 0

B. 2x – 3y – 9 = 0

C. 3x + 2y + 19 = 0

READ  10 Sifat-Sifat Logaritma dan Bentuknya

D. 3x – 2y – 1 = 0

Di antara persamaan garis berikut:

(I) 2y = 8x + 20

(II) 6y = 12x + 18

(III) 3y = 12x + 15

(IV) 3y = −6x + 15

yang grafiknya saling sejajar adalah ….

A. (I) dan (II)

B. (I) dan (III)

C. (III) dan (IV)

D. (II) dan (IV)

Persamaan garis yang sejajar dengan garis 2x + 3y + 6 = 0 dan melalui titik ( – 2, 5) adalah ….

A. 3x + 2y – 4 = 0

B. 3x – 2y + 16 = 0

C. 3y + 2x – 11 = 0

D. 3y – 2x – 19 = 0

Berikut beberapa soal yang bisa kalian coba dan cocokkan dengan kunci jawaban, apabila benar, maka kalian telah menguasai materi mengenai Persamaan garis lurus. Selamat mencoba.