Pengertiam; Cuaca, Iklim dan Unsur – Unsurnya

Rate this post

Cuaca adalah keadaan dimana udara pada saat tertentu dan wilayah tertentu yang relatif sempit serta pada jangka waktu yang singkat. Atau pengertian cuaca yang lain adalah suatu keadaan dimana rata – rata udara disuatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat yakni beberapa jam saja serta dibuktikan dengan adanya perbedaan pada pagi dan siang hari. Contohnya yaitu, ketika suatu daerah sedang turun hujan lebat dan daerah lain tampak cerah maka itu disebut cuaca.

Ilmu yang mempelajari tentang cuaca adalah Meteorologi, sedangkan lembaga yang khusus mengamati cuaca secara terus menerus adalah Badan Meteorologi dan Geofisika. Yang mana Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) ini memiliki tugas untuk mencatat dan menyelidiki aktifitas udara diantaranya suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin dan juga aktifitas awan.

Cuaca sendiri dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu serta kelembaban atara satu daerah dengan daerah yang lainnya dimana perbedaan ini dilatarbelakangi pada sudut pemanasan dari matahari yang dimana juga berbeda antara satu daerah dengan daerha yang lainnya karena perbedaan lintang bumi. Perbedaan udata yang tinggi antara daerah beriklim tropis dengan beriklim kutub biasanya dapat mengakibatkan jet srem, sehingga kadang kita dapat menyaksikan adanya perbedaan iklim antara wilayah kutub dengan wilayah yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Sementara itu, Iklimadalah suatu keadaan dimana rata – rata dari cuaca pada suatu wilayah yang luas ditentukan oleh perhitungan waktu dimana umumnya terjadi selama 11-30 tahun. Iklim dipengaruhi oleh letak geografis dan topografis dari suatu wilayah, yang mana adanya perbedaan dari iklim suatu daerah dipengaruhi oleh posisi relative dari Matahari terhadap daerah yang ada di bumi. Matahari merupakan kendali iklim sekaligus sumber energi bagi bumi yang dapat menimbulkan gerak udara dan arus laut.

READ  Pengertian dan Macam - Macam Badai

Ilmu yang mempelajari tentang keadaan iklim adalah Klimatologi. Contohnya adalah kajian iklim pada wilayah Asia Tenggara yang beriklim Tropis, sedangkan pada wilayah Asia Utara beriklim sub Tropis serta wilayah Kutub yang beriklim dingin dan lain sebagainnya.

  • Unsur Cuaca dan Iklim

Berdasarkan dari penjelasan diatas untuk memahami gejala dari cuaca dan iklim berikut dijelaskan lebih detail mengenai unsur –unsur dari cuaca dan iklim, diantaranya:

  1. Suhu/Temperatur

Suhu udara/temperatur udara yang ada disuatu wilayah akan berbeda dengan wilayah yang lain karena hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yakni antara lain:

Lamanya Penyinaran Matahari ke Bumi: intensitas dari penyinaran marahati pada belahan bumi sangat bervariasi tergantung pada letak garis lintangnya.

Sudut Penyinaran Matahari: suatu sudut yang dibentuk oleh sinar matahari pada bidang tertentu dari permukaan yang ada di bumi

Keadaan Awan: apabila di atmosfer banyak terdapat awan maka panas yang akan diterima oleh bumi akan lebih kecil karena panas terserap oleh awan.

Ketinggian Suatu Tempat: semakin tinggi suatu tempat maka panas yang akan diterima akan semakin kecil

Keadaan Tumbuhan

Alat untuk mengukur suhu atau temperatur udara adalah Thermometer.

  1. Tekanan Udara

Tekanan udara adalah suatu gaya yang mana timbul karena adanya berat dari lapisan udara, besarnya tekanan udara dari suatu tempat akan berubah – ubah, atau dapat pula dikatakan sebagai kerapatan massa udara yang ada didalam satuan wilayah tertentu. Alat untuk mengukur tekanan udara adalah Barometer.

  1. Hujan/Curah Hujan

Hujan atau curah hujan adalah intensitas atau jumlah dari air hujan yang turun pada suatu wilayah tertentu.

  1. Kelembaban Udara

Kelembaban udara adalah banyak sedikitnya uap air yang terkadung di dalam udara pada saat  tertentu. Alat untuk mengukur kelembaban udara adalah Higrometer.

  1. Angin

Angin adalah suatu udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan maksimum atau tinggi ke daerah yang bertekenan minimum atau rendah. Alat untuk mengukur kecepatan angin adalah Anemometer.

Tags: