Definisi Pupil Secara Luas

Diposting pada
Definisi Pupil Secara Luas
5 (100%) 3 votes

Pupil Anda dikontrol oleh otot-otot dalam warna mata Anda (iris) dan jumlah cahaya yang mencapai mata Anda. Dalam cahaya terang, pupil Anda dibatasi lebih kecil untuk mencegah terlalu banyak cahaya masuk ke mata Anda. Dengan pencahayaan yang padat, Anda memperluas pupil Anda (lebih besar) untuk memungkinkan lebih banyak cahaya.

Secara umum, rata-rata pupil berkisar dari 2,0 hingga 4,0 milimeter (mm) dalam cahaya, dan 4,0 hingga 8,0 mm dalam gelap. Sampai batas tertentu, pupil memiliki usia yang lebih kecil.

Dalam sebuah penelitian terhadap 500 orang Amerika, usia 18 hingga 34, ukuran rata-rata pupil ditemukan dalam tiga kondisi pencahayaan yang berbeda:

  • 3,35 mm dalam cahaya langsung (cahaya bersinar langsung di mata selama 15 detik)
  • 3,86 mm pada pencahayaan ruangan biasa
  • 6.41 mm dalam kegelapan total.

Jika pupil Anda jauh lebih besar dari table di atas ini, pupil Anda lebih lebar.

Seseorang yang mempunyai pupil yang luas kadang-kadang dapat merespons cahaya yaitu, ketika cahaya kecil dalam cahaya terang atau ketika cahaya bersinar di mata. Namun seringkali, pupil yang luas untuk tidak merespons cahaya secara normal. Pupil besar yang tidak sepenuhnya responsif terhadap cahaya disebut pupil “tetap”.

Pelebaran pupil tidak sama dengan anisocoria, yang merupakan kondisi umum di mana kedua pupil merespons cahaya secara normal tetapi berbeda ukurannya sekitar setengah milimeter atau lebih. Anisocoria jinak dan mempengaruhi sekitar 20 persen populasi.

Apa yang menyebabkan pupil besar?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pupil berkembang. Berikut adalah beberapa yang paling umum:

Obat-obatan

Obat resep dan non-resep berikut ini dapat menyebabkan pupil Anda mengembang dan memengaruhi kemampuan mereka untuk merespons cahaya:

 

  • Antihistamin
  • Dekongestan
  • Antidepresan Trisiklik
  • Obat untuk mabuk perjalanan
  • Obat anti mual
  • Obat anti-kejang
  • Obat-obatan untuk penyakit Parkinson
  • Botox dan obat lain yang mengandung toksin botulinum
  • Atropin (digunakan untuk mengendalikan miopia dan keperluan medis lainnya)

 

Cedera mata

Cidera mata yang serius dapat merusak iris mata Anda dan menyebabkannya menjadi tidak teratur dan tidak teratur. Kadang-kadang, cedera tersebut dapat terjadi selama operasi mata, seperti operasi katarak yang rumit atau transplantasi kornea.

Cedera atau penyakit otak

Cidera kepala, stroke, atau tumor otak dapat memengaruhi respons pupil terhadap cahaya dan menyebabkan pupil membesar. Satu atau kedua mata mungkin terpengaruh.

Inilah sebabnya mengapa Anda melihat dokter memeriksa seorang atlet dengan trauma kepala setelah acara olahraga, atau ketika seorang pasien tiba di departemen gawat darurat rumah sakit dengan kemungkinan gejala stroke lainnya.

Penggunaan obat-obatan rekreasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dan ganja – secara terpisah atau dalam kombinasi – dapat mengurangi kemampuan Anda untuk pulih dari paparan sumber cahaya terang (seperti lampu malam hari) dan beradaptasi dengan perubahan kondisi cahaya. Efek ini dapat bertahan dua jam atau lebih lama setelah minum obat. Namun, bahan-bahan ini tidak menyebabkan pupil Anda mengembang.

Namun, beberapa obat-obatan terlarang digunakan untuk tujuan rekreasi, menyebabkan pupil mengembang dan memperlambat kemampuan mata Anda untuk merespons cahaya. Ini termasuk:

  • Amfetamin
  • Kokain
  • LSD
  • MDMA (Ekstasi)

 

Midriasis sebagian

Ini adalah kondisi yang jarang namun tidak berbahaya di mana seseorang mengalami episode sporadis dari pupil yang tiba-tiba pandangan tak jelas, sering disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala dan sakit mata.

READ  EKOLOGI MAKHLUK HIDUP

Wanita muda yang terkena migrain tampaknya memiliki risiko lebih tinggi untuk midriasis unilateral episodik. Dalam satu studi, durasi rata-rata episode adalah 12 jam (beberapa berlangsung lebih lama) dan frekuensi rata-rata adalah dua hingga tiga episode per bulan. Kondisi membaik dan pupil kembali ke ukuran normal dan berfungsi tanpa perawatan.

 

Adie’s pupil

Juga disebut Adie tonic pupil atau tonic pupil, ini adalah kelainan neurologis yang langka di mana pupil lebih besar dari biasanya dan lambat bereaksi terhadap cahaya atau benar-benar kehilangan arah. Abnormalitas pupil dapat disertai dengan refleks tendon yang buruk atau tidak ada. (Ketika ini terjadi, kondisinya disebut sindrom Adie.) Secara umum, penyebab remaja tonik Adie tidak diketahui; tetapi dalam beberapa kasus mungkin berhubungan dengan trauma, pembedahan, sirkulasi darah atau infeksi yang lemah. Tidak ada obat untuk pupil Adie atau sindrom Adie.

 

Anemia kongenital

Ini adalah kondisi langka di mana seseorang dilahirkan dengan ketidakteraturan parsial atau parsial, menghasilkan “pupil” yang sangat besar. Aniridia biasanya mempengaruhi kedua mata dan disertai dengan masalah mata yang serius seperti katarak kongenital, glaukoma, perkembangan lengkap retina dan saraf optik, nystagmus, dan ketajaman visual. Karena ada sedikit atau tidak ada iris untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata, orang dengan aniridia sangat sensitif terhadap cahaya.

 

Ketertarikan seksual

Peneliti telah menemukan bahwa pertumbuhan pupil tampaknya sejalan dengan minat seksual pria dan wanita pada orang dewasa lainnya. Tapi ada tangkapan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa subjek laki-laki diperluas ketika mereka melihat gambar perempuan yang mereka anggap menarik secara seksual, sedangkan pupil perempuan umumnya diperluas dalam menanggapi gambar laki-laki dan perempuan yang menarik. Penulis penelitian menyimpulkan bahwa alasannya tidak jelas dan penelitian lebih lanjut diperlukan.

READ  Mengenal Dioda, jenis dan Fungsi

 

Perawatan untuk pupil yang besar

Jika Anda atau orang lain menyadari bahwa pupil Anda atau salah satu pupil Anda terlihat lebih besar daripada yang lain setelah trauma kepala, segera dapatkan bantuan medis.

Hal yang sama terjadi jika Anda pusing, sakit kepala, kebingungan, masalah keseimbangan, atau gejala stroke lainnya.

Jika Anda melihat pupil yang membesar setelah Anda mulai minum obat yang disebutkan di atas, konsultasikan dengan dokter Anda.

Dalam salah satu kasus di atas, hubungi dokter mata Anda segera untuk nasihat jika Anda melihat pupil Anda membesar – terutama jika tiba-tiba timbul. Jika Anda tidak memiliki dokter mata di dekat Anda, Anda dapat menemukannya.