EKOLOGI MAKHLUK HIDUP

EKOLOGI MAKHLUK HIDUP
5 (100%) 2 votes

Pengertian Ekologi

Ekologi (ecology) adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik dari organisme dengan lingkungan hidupnya. Pengertian lain dari ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mana mempelajari mengenai interaksi makhluk hidup atau kelompok makhluk hidup dengan lingkungannya. Dapat juga diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentnag ekosistem dari makhluk hidup.

Secata Estimologi, Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikos”yang mana memiliki arti yaitu habitat dan “Logos”artinya ilmu. Sehingga secara bahasa Ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama organisme dan antara organisme dan lingkungannya.

Perbedaan Ekologi dan Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat berupa interaksi antara komponen biotik (hidup) dengan komponen benda mati (abiotik). Ekosistem yang alami dapat terjadi karena proses alam dalam jangka waktu yang lama dan bekesinambungan.

Lantas apa perbedaan dari Ekologi dan Ekosistem?

Ekologi dan Ekosistem memiliki hubungan yang berkaitan erat. Ekosistem ini merupakan topik pembahasan yang ada dalam cabang ilmu Ekologi. Jadi dapat dikatakan bahwa Ekologi adalah cabang ilmunya, sementara Ekosistem adalah merupakan topik pembahasan yang ada dalam ilmu Ekologi.

Ruang Lingkup Ekologi

Ekologi, secara umum adalah mempelajari mengenai interaksi dari organisme dengan lingkungannya. Ruang lingkup dari Ekologi adalah sebagai berikut:

READ  Sistem Reproduksi Manusia
  1. Individu : yaitu satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu.
  2. Populasi : yaitu kelompok individu yang sejenis yang berada pada suatu tempat dan waktu tertentu.
  3. Komunitas : yaitu suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi dan saling berinteraksi pada tempat dan waktu tertentu.
  4. Ekosistem : yaitu kondisi yang mana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  5. Biosfer : yaitu tingkatan organisasi paling besar yang mana didalamnya terdapat semua kehidupan yang ada dibumi serta terdapat interaksi antara lingkungan secara keseluruhan.

Jenis – jenis Ekologi

Istilah Ekologi digunakan pada beberapa bidang kehidupan manusia. Berdasarkan pada pengertian dari Ekologi, beberapa jenis ekologi antara lain:

  1. Ekologi Manusia: yaitu cabang dari Ekologi yang mana mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia
  2. Ekologi Hewan: yaitu cabang dari Ekologi yang mana mempelajari tentang hewan yang merupakan organisme dengan mengabaikan manusia serta tumbuhan.
  3. Ekologi Tumbuhan: yaitu cabang dari Ekologi yang mana mempelajari tentang tumbuhan yang merupakan organisme dengan mengabaikan manusia dan hewan.
  4. Ekologi Populasi: yaitu cabang dari Ekologi yang mana fokus dalam mempelajari tentang hubungan dari kelompok organisme dengan jumlah individu dan faktor penentu besar dari populasi dengan penyebarannya.
  5. Ekologi Habitat: yaitu cabang dari Ekologi yang lebih fokus dalam mempelajari serta membahas mengenai sifat dari suatu habitat.
  6. Ekologi Sosial: yaitu cabang dari Ekologi yang mana mempelajarai mengenai hubungan antara manusia dengan lingkungan alam serta teknologi.
  7. Ekologi Bahasa: yaitu cabang dari Ekologi yang mana mempelajari serta menyelidiki mengenai hubungan antara bahasa dan lingkungan pada manusia.

Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Beberapa manfaat dari Ekologi bagi manusia adalah sebagai berikut:

  1. Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Dengan adanya Ekologi, manusia dapat mengenal perilaku dari makhluk hidup yang lainnya yang memiliki manfaat bagi manusia itu sendiri. Seperti contohnya: Sonar yang dimiliki kapal selam yang bermanfaat bagi manusia yang diadaptasi dari lumba-lumba.

  1. Mengenal Keberagaman Hayati

Ekologi dapat membuat manusia memahami berbagai makhluk hidup dan hubungannya  dengan tempat tinggal mereka. Contoh: pinguin dapat bertahan hidupd ditempat bersuhu dingin sementara itu unta hidup ditempat bersuhu panas.

  1. Mengetahui Peran Manusia terhadap Lingkungannya

Ekologi dapat membantu manusia mengetahui dampak dari produk yang meraka hasilkan terhadap lingkungan. Contoh: penggunaan obat pembasmi hama yang ternyata dapat mencemari lingkungan.

  1. Memecahkan Masalah Pertanian

Ekologi ternyata dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah pertanian yang dialami oleh manusia. contohnya: manusia membutuhkan mikroba yang dapat menghasilkan nitrat dan ammonium untuk menyuburkan tanah untuk ladang pertanian.

  1. Memetakan Konsumsi Pangan

Ekologi dapat membantu manusia mengetahui struktur dan skala pangan dari setiap makhluk hidup.

  1. Memecahkan Masalah Kesehatan

Ekologi dapat membantu manusia memecahkan masalah kesehatan. Contohnya: mengetahui bahwa nyamu Aedes Aegypti ternyata adalah penyebab demam berdarah.

READ  Sumber dan Komponen Bahan Pencemaran Tanah

Tags: