Elektroskop, Pengertian, Bagian, dan Cara Kerjanya

Rate this post

Pengertian Elektroskop

Elektroskop adalah sebuah benda atau alat yang digunakan untuk mengetahui jenis muatan suatu benda. Untuk mengetahui jenis muatan suatu benda, maka harus dilakukan pemisahan muatan dengan cara konduksi, sehingga elektroskop mempunyai muatan.

Bagian Elektroskop

Elektroskop terdiri dari dua bagian penting yaitu bola logam dan daun-daun elektroskop, sementara secara keseluruhan bagian elektroskop terdiri dari bola logam, dua buah daun elektroskop, tabung kaca, dan insulator.

Daun-daun elektroskop ditempatkan di dalam tabung kaca dan dapat terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca dengan menggunakan sebuah konduktor sebagai penghubung.

Dalam keadaan netral, elektrsokop memiliki jumlah muatan positif yang sama dengan jumlah muatan negatif.

Berikut gambar elektroskop beserta keterangan bagiannya.

Sumber: idschool

 Cara Kerja Elektroskop

Ada dua cara kerja elektroskop yaitu dengan induksi dan konduksi.

  • Memberi Muatan Elektroskop dengan Cara Induksi

Memberikan muatan listrik pada elektroskop dengan cara induksi dapat dilakukan pada sebuah elektroskop netral. Ketika benda bermuatan negatif mendekati elektroskop yang netral, maka akan terjadi penarikan muatan positif dari daun elektroskop ke ola logam yang berada di atas.

Muatan negatif pada bola logam akan saling tolak-menolak dengan muatan benda yang didekatinya, yang kemudian bergerak menuju daun-daun elektroskop dan memberikan kedua daun elektroskop kelebihan elektron bermuatan negatif yang mengakibatkan kedua daun elektroskop saling menjauh karena sama-sama bermuatan negatif.

READ  Reproduksi Aseksual dan Jenisnya

Semakin besar muatannya, maka semakin jauh juga jarak antar kedua daun kaki elektrsokop. Kondisi ini juga terjadi ketika benda bermuatan positif diinduksi pada elektroskop.

Elektroskop yang diinduksikan tidak dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda, namun dapat dilakukan dengan cara konduksi.

Berikut tampilan cara kerja elektroskop yang dinduksi.

  1. Gambar ketika elektroskop netral didekati oleh benda bermuatan negatif.

Sumber: idschool

  1. Gambar ketika elektroskop netral didekati oleh benda bermuatan positif.

 

Sumber: idschool

  • Memberi Muatan Elektroskop dengan Cara Konduksi

Memberikan muatan elektroskop dengan cara konduksi dapat dilakukan pada elektroskop yang tidak netral yaitu pada saat bola logam dan daun-daun elektroskop mempunyai satu jenis muatan. Muatan pada bola logam tersebut didapatkan dengan cara konduksi oleh konduktor logam.

Sebuah elektroskop yang dikonduksi akan bermuatan negatif. Berikut kondisi yang mungkin terjadi ketika benda bermuatan didekatkan dengan bola logam.

  1. Jika benda bermuatan negatif didekatkan dengan logam, maka elektron akan turun menuju daun kaki elektroskop yang membuat kedua daun kaki semakin saling menjauh.
  2. Jika benda bermuatan positif didekatkan dengan logam, maka elektron akan tertarik dari daun kaki menuju bola logam yang mengakibatkan daun kaki elektroskop saling mendekat.

Berikut tampilan cara kerja elektroskop yang dikonduksi.

  1. Gambar ketika elektroskop awal bermuatan negatif.

Sumber: idschool

  1. Gambar ketika elektroskop awal bermuatan positif.

Sumber:idschool