Faktor – Faktor Pengaruh Suhu Udara

Faktor – Faktor Pengaruh Suhu Udara
5 (100%) 5 votes

Suhu secara umum dibedakan menjadi dua macam yaitu panas dan dingin yang mana bisa kita rasakan perbedaannya pada siang hari dan malam hari. Siang hari akan lebih terasa panas sementara itu pada malam hari akan terasa dingin. Namun, ketika kita merasakan panas belum tentu pada tempat lain juga merasakan panas pula meskipun sedang berada dalam zona waktu yang sama. Ada banyak hal yang mempengaruhi perubahan suhu pada setiap tempat dan agen yang berperan dalam menentukan suhu udara tersebut ialalh matahari. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi suhu udara di dunia:

  1. Arah Datangnya Sinar Matahari

Arah terkecil dari datangnya sinar matahari biasanya terjadi pada pagi dan sore hari, saat dimana sinar matahari tidak terpancar terlalu besar sehingga menyebabkan suhu udara tidak akan terlalu panas. Semakin besar sudut atau arah dari sinar matahari seperti siang hari maka suhu udara akan menjadi semakin panas. Arah atau sudut dari datangnya sinar matahai adalah sudut yang terbentuk dari sinar matahari terhadap bidang permukaan bumi.

  1. Lamanya Waktu dari Sinar Matahari

Matahati memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi suhu udara, karena semakin lama matahari menyinari suatu wilayah maka dapat dipastikan bahwa suhu udaranya akan tinggi. Contohnya: pada negara Indonesia merupakan daerah tropis yang mendapatkkan sinar matahari kurang lebih 12 jam dan akan berbeda dengan belahan bumi lain dibagian utara atau selatan yang mana hanya pada waktu tertentu saja daerah tersebut mendapatkan sinar matahari lebih lama.

  1. Ketinggian Suatu Tempat

Suatu tempat yang semakin rendah maka suhu udaranya akan semakin tinggi dan sebaliknya apabila tempat tersebut semakin tinggi maka suhu udaranya akan semakin rendah. Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan tinggi rendahnya daerah atau disebut Amplitudo. Contohnya: saat kita pergi ke panta maka kita akan merasakan panas namun apabila kita pergi ke dataran tinggi atau gunung maka suhunya akan terasa dingin dan membuat kita memakai pakaian yang tebal.

  1. Kondisi Geografis Suatu Wilayah

Indonesia merupakan negara yang sebagian besarnya adalah kepulauan yang dikelilingi oleh perairan. Pada suatu wilayah perairan dalam menyerap panas dari sinar matahari sangat lama serta lama pula dalam melepaskan sinar matahari tersebut. Sehingga mengakibatkan perbedaan suhu udara antara malam dan siang hari tidak terlalu besar. Perbedaan suhu yang besar biasanya terjadi pada daerah yang mana letaknya jauh dari perairan atau laut seperti Gurun Pasir. Contohnya: pada daerah Gurun Sahara perbedaan suhunya sangat besar di siang dan malam harinya. Pada siang hari suhu udara akan sangat tinggi dan panas sedangkan malam hari akan sangat dingin dan bahkan dapat mencapai minus 0 derajat celcius. Ada alat untuk mengukur suhu udara yaitu termometer atau termograf.

READ  Tektonik Lempeng Di Bumi
  1. Pergerakan Air Laut dan Angin

Air laut dan Angin juga merupakan faktor yang mempengaruhi perubahan suhu udara. Contohnya: ketika di Australia sedang mengalami musim dingin, angin dan air laut mengarah ke Indonesia maka akan menyebabkan beberapa wilayah yang ada di Indonesia akan terasa dingin pula akubat dari penurunan suhu udara, dan sebaliknya.

Tags: