Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Mobilitas Sosial

Diposting pada
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Mobilitas Sosial
5 (100%) 1 vote

Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah sebuah gerakan yang terjadi lantaran adanya perubahan posisi seseorang maupun sekelompok orang di beberapa saat yang berbeda. Bisa juga disebut sebagai sebuah perubahan, pergeseran, peningkatan maupun penurunan status sosial maupun peran dari anggotanya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial pada seseorang ataupun kelompok orang. Faktor-faktor tersebut terdapat dua macam, yakni faktor pendorong dan juga faktor penghambat.

Faktor Pendorong

  1. Individu

Faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial yang pertama adalah faktor individu. Ini adala faktor yang erat kaitannya dengan tingkat kualitas seseorang maupun kelompok. Semakin tinggi tingkat keterampilan, kemampuan, kecakapan maupun pendidikan seseorang, maka semakin besar kemungkinan seseorang tersebut untuk mencapai posisi tertentu. Contohnya adalah meraih gelar sarjana, meraih profesi yang tinggi, dan lain sebagainya.

  1. Ekonomi

Faktor yang kedua adalah ekonomi, yakni realitas hidup yang serba pas-pasan bisa menjadi faktor pendorong seseorang untuk berupaya lebih keras, bekerja lebih giat demi bisa mencapai status sosial yang lebih tinggi. Contohnya adalah merantau ke daerah lain untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih layak.

  1. Pendidikan

Faktor pendidikan juga mempengaruhi untuk mendorong terjadinya mobilitas sosial. Dalam hal ini, akses pendidikan yang didapatkan oleh seseorang akan memberikan kemudahan untuknya melakukan mobilitas sosial jenis vertical ke atas. Seperti contohnya seorang lulusan sarjana akan lebih mudah untuk diangkat menjadi manajer ketimbang mereka yang lulusan SMA.

  1. Struktural

Saat status sosial yang dituju oleh seseorang terdapat posisi yang perlu untuk diisi, keadaan itu bisa mendorong terjadinya mobilitas sosial. Contohnya adalah mobilitas sosial yang terbuka karena adanya lapangan kerja yang cukup besar sehingga banyak orang yang mendapatkan kesempatan besar untuk bekerja.

  1. Perubahan Kondisi Sosial

Perubahan kondisi sosial pada masyarakat kerap kali membuat semangat untuk seseorang ataupun kelompok melakukan mobilitas sosial. Contohnya adalah adanya program transmigrasi dari pemerintah yang memudahkan seseorang untuk berpindah ke daerah lain.

  1. Situasi Politik

Situasi politik juga dapat menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Karena situasi politik dapat membuat seseorang mengalami perubahan.

READ  Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli, Terlengkap

Faktor Penghambat

Sementara itu, beberapa faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Pelapisan Sosial

Sistem pelapisan sosial yang tertutup bisa menjadi penghambat seseorang untuk melakukan mobilitas sosial jenis vertical.

  1. Kebudayaan Masyarakat

Tidak sedikit masyakat yang masih sangat berpegang teguh pada kebudayaan masyarakat setempat yang sudah sejak dulu, hingga sangat tertutup pada budaya baru, apalagi budaya dari luar. Padahal, pada kenyataannya tidak semua kebudayaan baru ataupun kebudayaan dari luar bersifat negative. Masih banyak juga yang bersifat positif dan dapat memberikan pengembangan. Kebudayaan masyarakat ini tentunya memberikan pengaruh terhadap terhambanya mobilitas sosial.

  1. Perbedaan Kepentingan

Adanya sebuah perbedaan kepentingan antar individu pada struktur organisasi memberingan pengaruh pada setiap individu melakukan persaingan. Hal ini bisa membuat adanya sikap saling menghambat antar individu dalam meraih tujuan yang ingin dicapai. Sehingga, mobilitas sosial juga dapat terhambat.