Fluida Statis, Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan

Fluida Statis, Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan
5 (100%) 1 vote

Pengertian Fluida Statis

Fluida statis adalah salah satu cabang dalam ilmu sains yang membahas tentang karakteristik fluida dalam keadaan diam (tidak bergerak), biasanya  membahas yang berkaitan tentang tekanan pada fluida atau yang diberikan oleh fluida (gas atau cair) pada objek yang tenggelam didalamnya.

Fluida statis digunakan untuk menjelaskan fenomena-fenomena seperti besar kenaikan tekanan air terhadap kedalamannya dan perubahan besar tekanan atmosfer pada ketinggian pengukuran dari permukaan laut.

Sifat fluida statis dapat dilihat ketika fluida dalam keadaan diam, diantaranya: massa jenis, kapilaritas, tegangan permukaan, dan viskositas.

Jenis-jenis Fluida Statis

  • Massa Jenis

Massa jenis adalah massa suatu zat yang merupakan ukuran kepadatan (densitas) suatu benda termasuk volumenya. Semakin besar massa jenis suatu benda, maka semakin besar kepadatannya.

Rumus  massa jenis: ρ = m / V

Dengan: ρ = massa jenis zat (kg/m3)

m = massa zat (kg)

v = volume zat (m3)

Massa jenis digunakan untuk mengetahui apakah suatu benda mengapung di permukaan air. Benda yang memiliki massa jenis lebih kecil akan selalu berada di atas benda yang massa jenisnya lebih besar. Contohnya, ketika bercampur dengan air, minyak akan selalu mengapung di permukaan air karena massa jenis minyak lebih besar daripada massa jenis air.

  • Tekanan Hidrostatis

Tekanan dapat dipahami sebagai gaya normal (tegak lurus), yang bekerja pada suatu bidang dan dibagi dengan luas bidang tersebut.

Rumus tekanan: P = F / A

Dengan: P =Tekanan (pascal/pa)

F = Gaya (newton/N)

A = Luas penampang (m2)

READ  Hukum Newton 1 2 3, Bunyi, Rumus, dan Contohnya

Tekanan hidrostatis terjadi karena fluida tak bergerak, sedangkan pada suatu objek di dalam fluida, tekanan hidrostatis terjadi karena gaya berat fluida berada di atas objek tersebut.

Rumus tekanan hidrostatis: Ph= ρgh

Dengan: Ph = tekanan hidrostatis (N/m2)

ρ = massa jenis (kg/m3) (air tawar, ρ = 1.000 kg/m3)

g = kecepatan gravitasi (m/s2) (g = 9,8 m/s2)

h = kedalaman titik dari permukaan fluida (m)

  • Tekanan Mutlak

Tekanan mutlak adalah tekanan total pada suatu benda yang berada di dalam air dan didapatkan setelah penjumlahan pada tekanan hidrostatis dan tekanan atmosfer (udara).

Rumus tekanan mutlak: P = Ph + Patm

Dengan: Patm = tekanan atmosfer

Tidak hanya zat cair dan padat, udara juga memiliki tekanan yang dinamakan dengan tekanan atmosfer (udara). Jika dihitung jumlah total, tekanan udara yang menekan zat cair dalam suatu wadah, maka semakin besar tekanan udara tersebut.

Contoh Fluida dalam Kehidupan

Tekanan hidrostatis yang diterapkan pada kapal selam. Kapal selam dibuat dari bahan yang sangat kokoh dan kuat dengan bentuk yang hampir bulat, agar mampu mengatasi besarnya tekanan hidrostatik yang berada di kapal selam. Itulah contoh Fluida dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat.