Pengertian Gelombang Elektromagnetik : Sifat, Spektrum, Manfaat dan Efek, Lengkap

Diposting pada
Pengertian Gelombang Elektromagnetik : Sifat, Spektrum, Manfaat dan Efek, Lengkap
5 (100%) 10 votes

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio. Gelombang ini beragam spektrum seta kegunaannya bagi manusia dan teknologi. Gelombang elektromagnetik ini juga mempunyai sifat-sifat yang khusus yang menguntungkan serta bersahabat sehingga menjadikan gelombang ini lebih banyak digunakan daripada gelombang lainnya. Di bawah ini akan diulas lebih dalam mengenai gelombang elektromagnetik.

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dihasilkan dari perubahan medan listrik dan medan magnet. Gelombang ini merupakan gelombang yang merambat tanpa membutuhkan medium (tempat rambatan). Gelombang elektromagnetik ini mempunyai beberapa parameter yang bisa diukur, parameter tersebut adalah panjang gelombang, frekuensi, amplitudo, dan kecepatan.

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Semua yang ada di sekitar kita mempunyai sifat termasuk juga diantaranya gelombang elektromagnetik. Bentuk gelombang elektromagnetik hampir sama dengan gelombang tranversal. Yang membedakan adalah gelombang ini bermuatan energi listrik dan magnet. Secara khusus, sifat-sifat gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut:

  1. Tidak membutuhkan medium untuk perambatan dan dapat merambat di ruang hampa
  2. Mempunyai sifat gelombang yang sama dengan gelombang transversal
  3. Tidak bermassa namun berenergi
  4. Bermacam-macam jenis tergantung frekuensinya
  5. Memiliki momentum
  6. Energi yang dihasilkan sebanding dengan besar frekuensi gelombang
  7. Medan listrik selalu tegak lurus dengan medan magnet.
  8. Dapat mengalami proses pemantulan, pembiasan, polarisasi, interferensi, dan difraksi (lenturan).
READ  Konfigurasi Eletron, Pengertian, dan Macam-macamnya

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik berdasarkan pada panjang gelombang dan besarnya frekuensi gelombang elektromagnetik. Berikut adalah Spektrum gelombang elektromagnetik dari panjang gelombang terbesar atau frekuensi terkecil ke panjang gelombang terkecil atau frekuensi terbesar:

  1. Gelombang radio

Radio adalah alat komunikasi yang mempunyai frekuensi dan dalam radio tersebut terdapat gelombang elektromagnetik. Gelombang radio ini memiliki daerah frekuensi beberapa Hz sampai dengan 109 Hz.  Ini berarti gelombang elektromagnetik memiliki panjang gelombang dari 10-3 m sampai 103 m.

  1. Gelombang mikro

Gelombang mikro ini terdapat pada barang elektronik microwave (oven). Gelombang mikro ini memiliki daerah frekuensi dari 109 Hz sampai 3 x 1011 Hz, atau dengan kata lain memiiki panjang gelombang dari 1 mm sampai 30 cm.

  1. Sinar infra merah

Merupakan sinar lyang tidak tampak oleh mata telanjang dan memiliki frekuensi dari 3 x 1011 sampai 4 x 1014 Hz, dengan kata lain memiliki panjang gelombang dari 7,8 x 10-7 m sampai 10-3 m. Sinar infra merah ini dapat ditemukan pada alat remote.

  1. Sinar ultraviolet

Matahari merupakan pemilik sinar ultraviolet yang paling kuat di alam. Sinar UV ini mempunyai daerah frekuensi dari 8 x 1014 Hz sampai 3 x 1017 Hz.

  1. Sinar X

Sinar X  atau yang sering disebut X – Ray memiliki daerah frekuensi dari 1016 Hz sampai 1020 Hz. Banyak digunakan dalam bidang kedokteran untuk melihat organ dalam tubuh, seperti tulang dengan cara difoto menggunakan alat penangkap foto sinar X.

  1. Sinar gamma

Sinar gamma ini banyak digunakan untuk mensterilkan alat-alat kedokteran. Sinar gamma ini memiliki frekuensi paling tinggi dengandaya tembus sinarnya paling besar.  Daerah frekuensi sinar gamma ini adalah 1020 – 1025 Hz.

  1. Cahaya tampak

Cahaya tampak ini berupa warna-warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Khusus warna merah, panjang gelombang terbesar dan frekuensi terkecil. Cahaya tampak memiliki rentang daerah frekuensi dari 4 x 1014 Hz sampai 1015 Hz. Cahaya tampak ini dapat terdeteksi oleh mata manusia. Contoh penggunaan cahaya tampak adalah pada laser dalam serat optik pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.

READ  Rumus Kecepatan Fisika, Lengkap dengan Contoh

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Sinar X digunakan dalam kedokteran dan sistem keamanan di bandara-bandara. Dalam dunia kedokteran, sinar X untuk memfoto bagian tubuh manusia untuk dilihat struktur bagian dalamnya yang berkaitan dengan penyakit yang diderita pasien. Sistem keamanan di bandara menggunakan sinar X untuk memeriksa bagasi atau koper bawaan penumpang. Sinar X yang ada di bandara digunakan untuk melihat benda-benda atau barang-barang yang tidak seharusnya dibawa penumpang ataupun berada di kabin pesawat karena sifatnya yang membahayakan penerbangan.

Sinar inframerah tidak memerlukan kabel untuk mentransmisikan energinya. Sering digunakan untuk konsol game ataupun berbagai macam remote. Sinar inframerah juga bisa digunakan dalam sistem keamanan dengan paparan sinar yang tinggi dan kuat sehingga bisa melumpuhkan semua senjata ataupun tubuh yang terkena sinar tersebut.

Gelombang radio banyak dipakai oleh stasiun TV, Radio, dan lainnya untuk mentransmisikan sinyal komunikasi. Selain itu, gelombang radio juga digunakan oleh radar untuk memberitahu posisi benda-benda di atas permukaan bumi. Gelombang radio juga dipakai untuk pencitraan satelit ke bumi dalam pembuatan peta 3 dimensi.

 Efek Gelombang Elektromagnetik

Efek seperti diketahui adalah akibat dari sesuatu. Dapat berupa efek negatif maupun positif. Beberapa efek gelombang elektromagnetik pada manusia dengan paparan yang sedang ke arah kuat adalah sebagai berikut:

  1. Pada sistem saraf

Perubahan yang terjadi pada sistem saraf adalah terjadi penurunan kemampuan belajar, kurangnya sistem motorik dan akurasi memori dengan paparan yang kuat ataupun rutin setiap harinya.

  1. Pada sistem reproduksi

Efek gelombang ini berpengaruh pada kaum pria saja, yaitu menyebabkan penurunan vialitas dan jumlah sperma. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kesuburan dan kemapuan manusia untuk memiliki keturunan.

  1. Pada kerusakan DNA

Kerusakan pada DNA terutama pada rantai ganda. Ini berbahaya karena dapat menjadi mutasi gen dengan banyak kecacatan pada individu turunan baru yang timbulkan dari mutasi gen tersebut. Efek paling besar terjadi pada stem cell yang dapat juag mengakibatkan kanker.

  1. Menyebabkan kanker

Karena gelombang ini juga bersifat karsinogenik maka memicu terjadinya kanker pada orang yang terpapar gelombang ini. Pengaruh paling banyak adalah dari telepon seluler.

  1. Gangguan tidur

Peningkatan gelombang alfa selama penggunaan telepon seluler pada waktu jam tidur menyebabkan gangguan tidur yang membuat seseorang gelisah pada malam hari dan tidak produktif di pagi harinya.

READ  Pengertian : Bagian dan Jenis-Jenis Jangka Sorong, Lengkap

Gelombang elektromagnetik memang banyak manfaat dalam kehidupan manusia dimuka bumi. Selain itu juga memiliki frekuensi yang dapat digunakan dalam segala bidang serta mempermudah pekerjaan manusia. Penggunaan gelombang elektromagbnetik tergantung pada panjang gelombang tersebut. Perilaku gelombang tergantung pada ukuran relatif panjang gelombang. Jadi semakin kuat gelombang yang dipancarkan maka semakin berbahaya gelombang tersebut bagi sekitarnya. Pengguna gelombang elektromagnetik ini harus memahami perbedaan perilaku tiap jenis gelombang agar dapat memanfaatkannya secara aman dan terkendali sesuai pemanfaatan yang diinginkan.

Materi gelombang elektromagnetik ini merupakan materi pelajaran fisika dimana kaitannya dengan materi lain sangat banyak. Karena dalam gelombang akan dipelajari juga amplitudo, frekuensi dan rambatan. Gelombang ini harus dipelajari dengan seksama agar memahami materi berikutnya mudah.