Gerak Jatuh Bebas, Pengertian, Rumus, Ciri-ciri, dan Contohnya

Rate this post

Pengertian Gerak Jatuh Bebas

Gerak jatuh bebas (GJB) terjadi pada sebuah benda yang bergerak jatuh dari suatu ketinggian tanpa adanya kecepatan awal.

Gerak jatuh bebas adalah salah satu bentuk pecahan dari gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang pergerakannya mengarah secara vertikal. Akan tetapi, gerak jatuh bebas berbeda dengan gerak vertikal ke bawah.

Perbedaannya terletak pada besar kecepatan awalnya. Gerak vertikal  ke bawah memiliki kecepatan tidak sama dengan nol (V0≠ 0), sedangkan kecepatan awal sebuah benda yang bergerak jatuh bebas adalah sama dengan nol (V0= 0).

Karena gerak jatuh bebas memiliki kecepatan yang sama dengan 0, maka pergerakan benda pada gerak jatuh bebas hanya dipengaruhi oleh adanya percepatan gravitasi. Jadi, benda akan mengalami percepatan, yang awalnya memiliki kecepatan 0 akan terus bertambah percepatannya secara teratur.

Hal tersebut sesuai dengan konsep gerak lurus berubah beraturan dalam arah vertikal (dari atas ke bawah) dapat ditunjukkan oleh sebuah benda yang jatuh namun tidak memiliki kecepatan awal dari ketinggian (h), lalu bergerak jatuh yang dipengaruhi oleh percepatan gravitasi (g).

READ  Macam-macam Hormon Reproduksi Manusia dan Fungsinya

Ketika terjadinya gerak jatuh bebas, benda bergerak secara vertikal dari kecepatan nol semakin cepat hingga mencapai kecepatan maksimum sesaat sebelum benda menyentuh permukaan bumi.

Perubahan kecepatan tersebut disebut dengan penambahan kecepatan yang terjadi karena benda bergerak jatuh searah dengan gaya gravitasi bumi.

Rumus Gerak Jatuh Bebas

Vt = V0+ g.t

Vt2= V2+ 2.g.h

h = V.t +1/2g. t2

Dengan: Vt= Kecepatan setelah t detik (m/s)

V0= Kecepatan awal (m/s)

t = waktu (s)

g = Gaya gravitasi (m/s2)

h = Ketinggian (m)

Vt= V0+ ax t

V0= 0 dan a = g

Maka, rumusnya dapat menjadi:

Vt= gx t

Dengan: Vt= kecepatan (m/s)

g = percepatan gravitasi (m/s2) = 9,8 m/s2atau 10 m/s2

t = waktu (s)

a = percepatan

Untuk menghitung ketinggian suatu benda (h), rumus persamaan gerak lurus berubah beraturan dapat diganti menjadi, persamaan ketinggian didapatkan dengan rumus:

h =1/2gx t2

Sedangkan untuk mendapatkan berapa kecepatan sebuah benda yang jatuh secara bebas dari ketinggian (h), dirumuskan dengan:

Vt2 = 2x gx h

Ciri-ciri Gerak Jatuh Bebas

Berikut ini adalah ciri-ciri sebuah benda yang bergerak jatuh bebas:

  1. Benda bergerak dari atas ke bawah dengan permukaan tanah sebagai acuannya.

  2. Lintasan gerak benda berupa garis lurus vertikal.

  3. Benda jatuh secara vertikal.

  4. Kecepatan awal sama dengan nol.

  5. Percepatan benda sama dengan percepatan gravitasi bumi.

Contoh Gerak Jatuh Bebas

Contoh gerak jatuh bebas dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita lihat langsung ialah:

  1. Buah yang jatuh dari pohonnya.

  2. Seorang penerjun payung yang menggunakan parasut jatuh bebas di udara.

  3. Sebuah benda yang dijatuhkan secara vertikal dari suatu gedung dengan ketinggian tertentu tanpa diberi kecepatan awal.