Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa
5 (100%) 2 votes

Ramadhan Adalah

Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia dan berpuasa hukumnya wajib. Di bulan yang mulia ini, kita harus menahan segala hawa nafsu, termasuk makan dan minum, syahwat dan sebagainya. Memang bukan hal mudah untuk melakukannya apalagi jika ada orang yang sengaja menggoda.

Terkadang hal-hal yang dapat membatalkan puasa menjadi perdebatan bagi sebagian orang dan menyisakan tanda tanya. Misalnya menangis, marah dan menelan ludah. Akan tetapi, benarkah hal-hal tersebut dapat membatalkan puasa?

Hal-hal yang dapat Membatalkan Puasa

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah sesuatu yang membuat nilai pahala puasa tidak sempurna ataupun hilang sama sekali.  Agar puasa tidak sia-sia, kita harus tau apa saja hal-hal yang dapat menghilangkan pahala puasa.

  1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Puasa dianggap tidak sah jika secara sengaja memasukkan benda apa saja baik makanan maupun minuman ke dalam mulut. Namun, jika anda secara tidak sengaja memakan atau meminum sesuatu dan baru ingat setelah masuk ke mulut, maka hal ini tidak mengapa dan anda dapat melanjutkan puasa.

  1. Jima’

Puasa akan batal jika anda melakukan hubungan suami istri dengan sengaja pada siang hari baik keluar mani ataupun tidak. Wajib untuk menggantinya di bulan lain atau disebut dengan puasa qadha serta membayar kafarat dengan memerdekakan budak. Jika tidak mampu, dapat mengganti puasa di bulan lain selama 2 bulan berturut-turut atau membayar fidyah untuk 60 orang fakir miskin.

  1. Haid dan Nifas

Bagi wanita, haid dan nifas yang terjadi di bulan puasa akan membuat puasa batal. Ia tidak boleh berpuasa hingga bersih dari haid dan nifas. Maka, wajib bagi wanita untuk mengganti berapa hari puasa yang ditinggalkan di bulan lain selain bulan ramadhan.

READ  Keutamaan Puasa Syawal
  1. Muntah dengan Sengaja

Ketika sudah merasa sangat lapar dan dahaga, tidak menutup kemungkinan untuk nekat memasukkan jari ke dalam kerongkongan agar muntah. Tentu saja hal ini akan membatalkan puasa.

Berbeda dengan orang yang sedang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan jauh ataupun orang yang mabuk perjalanan, maka hal itu tidak akan membatalkan puasa. Bagi orang yang sedang sakit dan dalam perjalanan jauh, diberikan keringanan untuk tidak berpuasa dengan syarat wajib menggantinya di bulan lain.

  1. Keluar Mani

Sengaja berkhayal agar dapat mengeluar mani, maka puasanya tidak sah. Keluar air mani karena bersentuhan tanpa hubungan seksual tetap akan membuat puasanya batal. Apalagi jika secara sengaja mengeluarkan mani dengan usaha tangan sendiri atau masturbasi ataupun dengan menggunakan tangan istri yang sudah halal sekalipun tetap saja puasanya batal. Namun jika seseorang bermimpi lalu keluar air maninya, maka puasanya tetap sah.

Setelah membaca hal-hal yang dapat membatalkan puasadi atas, anda sudah tidak perlu bingung lagi. Yuk berpuasa karena Allah dengan niat ibadah. Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa tahun ini dengan maksimal dan tidak sia-sia.

Tags: