Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan
5 (100%) 1 vote

Bulan Ramadhan

Di bulan yang istimewa ini, terdapat banyak keberkahan dan ampunan yang Allah berikan. Di dalam hadis dikatakan bahwa ketika ramadhan tiba, maka pintu-pintu surga dibuka lebar-lebar dan setan-setan dibelenggu dengan rantai-rantai yang kuat.

Jadi, peluang untuk kita beribadah sangatlah besar. Kesempatan ini tidak akan kita temukan lagi di bulan lainnya. Dengan berpuasa di siang hari dan berbuka di sore hari, kita akan rasakan dan dapatkan sendiri hikmah berpuasa di bulan ramadhan ini.

Menyikapi Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Di bulan ramadhan, umat islam sangat antusias untuk beribadah. Masjid-masjid tak pernah sepi. Saat berjamaah, mesjid yang biasanya hanya 1 saf, di bulan ramadhan, sebagian besar mesjid akan penuh. Lantunan Al-Qur’an akan terdengar dimana-mana, dari sahur hingga tengah malam. Dakwah dan kajian kita dengar dimana-mana, di mesjid, di mushalla, di surau, dari radio dan dari televisi. Begitu indahnya ramadhan.

Berikut beberapa hikmah berpuasa di bulan ramadhan yang akan kita dapatkan jika kita menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

  1. Menggapai Derajat Takwa

Seorang hamba dapat menggapai derajat takwa dengan berpuasa. Ketika berpuasa, seseorang akan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Dalam keadaan berpuasa, seseorang akan meninggalkan setiap yang Allah larang seperti makan, minum, berhubungan suami istri, yang sebenarnya hati manusia ingin untuk melakukannya.

Semua dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Orang yang sedang berpuasa mampu untuk melakukan kesenangan-kesenangan duniawi lainnya, namun ia tidak melakukannya karena dia tahu Allah mengawasinya.

READ  Syarat Wanita Bekerja dan Berkarir dan Dampak Negatifnya
  1. Meninggalkan Syahwat dan Kesenangan Dunia

Manusia meninggalkan makan, minum dan syahwat, semua itu dilakukan karena Allah. Manusia akan dapat mengendalikan jiwa dan nafsunya. Rasa kenyang ketika makan dan minum, dan kepuasan ketika berhubungan suami istri, dapat membuat seseorang lupa diri dan menjadi lalai.

Dengan berpuasa hati akan sibuk memikirkan hal-hal baik dan mengingat Allah. Berpuasa membuat orang-orang yang berkecukupan sadar ada begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepadanya dibanding dengan orang-orang fakir dan miskin. Maka, dengan mensyukuri nikmat Allah tersebut, mereka pun menjadi gemar berbagi.

  1. Kesempatan untuk Saling Berkasih Sayang

Orang yang hidupnya berkecukupan akan merasakan hikmah berpuasa di bulan ramadhan dan menjadikan mereka lebih menyayangi orang fakir dan miskin. Ia sudah tau bagaimana rasanya lapar tanpa makanan, merasakan bahwa hidup orang fakir dan miskin penuh dengan kekurangan, mereka pun menjadi lembut terhadap sesama.

  1. Mulai Beranjak Menjadi Lebih Baik

Setiap orang yang sedang berpuasa harus menjauhi segala macam maksiat agar puasnya tetap terjaga dan tidak sia-sia. Maka, ketika ramadhan sudah berlalu, setiap orang seharusnya sudah menjadi lebih baik dalam hal ibadah maupun akhlak karena ia sudah belajar selama sebulan penuh untuk berlaku demikian. Misalnya orang yang awalnya malas melaksanakan shalat 5 waktu. Nah, karena selama ramadhan, ia selalu shalat tepat waktu, ketika ramadhan telah usai, ia pun menjadi orang yang selalu rutin shalat 5 waktu. Begitu juga tentang shalat jama’ah bagi kaum pria agar selalu dapat dilakukan rutin seperti dalam bulan ramadhan.

Hikmah berpuasa di bulan ramadhan sangatlah luar biasa. Karena hal itulah, para salaf sangat merindukan untuk berjumpa dengan bulan ramadhan agar mendapatkan hikmah-hikmah di dalamnya.

READ  7 Amalan yang dapat Melancarkan Rezeki

Tags: