Ibadah-ibadah Utama di Bulan Ramadhan

Ibadah-ibadah Utama di Bulan Ramadhan
5 (100%) 10 votes

Bulan Ramadhan

Ketika sudah memasuki bulan ramadhan, kita akan menyadari bahwa waktu sebulan untuk bulan yang mulia ini terlalu singkat. Hari-harinya berlalu begitu cepat dan meninggalkan penyeselan jika tak memanfaatkannya untuk beribadah dengan maksimal.

Meskipun hanya 30 hari, di bulan ramadhan ini ada satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, bulan dimana Al-Qur’an diturunkan dan bulan yang Allah janjikan pahala yang berlimpah bagi siapa yang bersungguh-sungguh. Jadi, jangan biarkan bulan ramadhan berlalu begitu saja dan penuhi ia dengan memperbanyak ibadah-ibadah utama di bulan ramadhan.

Ibadah-ibadah Utama di Bulan Ramadhan yang Harus Diperbanyak

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kebaikan, bulan ibadah, bulan kemenangan, dan bulan pembebasan dari api neraka. Allah memberikan pahala yang berlipat dan pengampunan dosa kepada hambanya yang banyak beribadah dan menghindari segala maksiat di bulan ramadhan ini.

Agar bulan ramadhan terasa lebih berharga dan lebih berkah, kita harus mengoptimalkan segala ibadah wajib dan sunnah dalam 30 hari tersebut. Berikut ibadah-ibadah utama di bulan ramadhanyang harus kita perhatikan dan optimalkan.

  1. Puasa

Puasa adalah ibadah utama di bulan ramadhan. Keutamaan berpuasa di bulan ramadhan sangat besar bahkan dengan puasa tersebut dijanjikan bertemu dengan Allah. Berpuasa tidak hanya menahan nafsu, haus dan lapar, agar mendapatkan pahala yang maksimal harus tetap menjaga syarat sahnya puasa, salah satunya dengan tidak melakukan segala bentuk maksiat.

  1. Tarawih

Tarawih adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. di bulan ramadhan. Keutamaannya di antaranya ialah mendapatkan pengampunana dosa yang telah dikerjakan di masa lalu.

READ  8 Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa
  1. Sedekah

Nabi Muhammad SAW. adalah orang yang paling dermawan di bulan ramadhan. Berbagi di bulan ramadhan adalah perbuatan yang mulia. Misalnya dengan memberikan makan kepada orang miskin dan anak yatim serta memberikan hidangan berbuka puasa bagi yang berpuasa.

  1. Membaca Al-Qur’an

Ibadah-ibadah utama di bulan ramadhan yang dianjurkan untuk dilakukan termasuk membaca Al-Qur’an. Dalam bulan ramadhan, membaca satu huruf dari Al-Qur’an akan mendapatkan sepuluh kebaikan.

  1. I’tikaf Akhir Ramadhan

I’tikaf adalah aktivitas menyendiri atau mengurung diri untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah dan sejenak melupakan kesibukan dunia. Nabi SAW. senantiasa melakukan i’tikaf selama 10 hari terakhir di bulan ramadhan, bahkan ditahun wafatnya, beliau melakukannya hingga 20 hari. 10 hari terakhir di bulan adalah waktu yang utama untuk melakukan i’tikaf namun tetap dianjurkan untuk melakukannya setiap hari.

  1. Umrah

Umrah termasuk sunnah Nabi di bulan ramadhan yang pahalanya setara dengan ibadah haji. Meskipun demikian, tidak berarti kewajiban berhaji bagi yang mampu melakukannya gugur begitu saja.

  1. Menghidupkan Lailatul Qadar

Rasulullah berusaha mencari manakah malam yang termasuk Lailatul Qadar. Beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk menantikannya di tiap ramadhan. Pada 10 malam terakhir ramadhan, nabi ikut membangunkan keluarganya dan berharapkan mendapatkan Lailatul Qadar.

Di dalam hadis-hadis dikatakan bahwa Lailatul Qadar berada pada 10 hari terakhir ramadhan, tepatnya pada malam-malam ganjil, dan diharapkan jatuh pada malam ke ke-27 ramadhan.

Memahami hikmah puasa ramadhan yang begitu besar dan menjadi kemuliaan tersendiri di hari kiamat bagi yang menjalaninya, maka kita harus semangat untuk memperbanyak dan memaksimalkan ibadah-ibadah utama di bulan Ramadhan ini.

Tags: