Istilah, Trik, dan Tips Menggunakan Microsoft Excel

Rate this post

Microsoft Excel

Siapa yang tidak mengenal Microsoft Excel? Yup, Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi andalan Microsoft yang mempermudah penggunanya dalam mengelola data. Namun, tidak semua orang memiliki Microsoft Excel. Apabila hal itu terjadi, tetaplah tenang karena ada Microsoft Excel versi online yang dapat diakses di internet. Cukup cari dengan kata kunci ‘Microsoft Excel Online’ di mesin pencarian yang tersambung dengan internet atau dapat menggunakan link berikut office.live.com/start/Excel.aspx. Jangan lupa untuk sign interlebih dahulu.

Bagian-bagian Excel

Di sini, Ruangles akan menjelaskan istilah-istilah yang sering dipakai di Microsoft Excel.

Worksheet

Worksheet adalah tempat lembar kerja Anda berada. Di dalam sebuah worksheetterdapat maksimal 1.048.576 baris dan 16.384 kolom.

Cell

Cell adalah bagian terkecil dari worksheetatau lembar kerja. Cell dapat diisi hingga 255 karakter. Kolom K baris ke-6 atau bisa ditulis K6 disebut Cell.

Column/ kolom

Column / kolom adalah ruang di antara 2 garis tegak / vertikal pada sebuah worksheet.Pada Microsoft Excel, kolom dinamai dengan huruf abjad A, B, C, D, dan seterusnya.

Row / baris

Row/ baris adalah ruang di antara 2 garis mendatar / horizontal pada worksheetAnda, biasanya berupa angka mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.

Workbook

Seperti namanya, workbookmerupakan buku kumpulan worksheet. Maksimal worksheetyang dapat ditampung adalah sebanyak 256 worksheet.

Range

Rangeadalah sekelompok cell yang akan mendapat aksi yang sama sesuai perintah yang Anda berikan.

READ  Cara Membuat Tabel Pada Ms. Word

Name box

Adalah penunjuk cell yang sedang aktif pada saat Anda mengerjakan.

Rumus Excel

Lalu, ada juga istilah rumus yang sering digunakan pada Microsoft Excel. Yaitu sebagai berikut:

SUM

Digunakan saat ingin menjumlahkan angka. Rumusnya adalah =SUM(number1,number2,…)

Contoh: Pada tabel di samping, data yang ingin dijumlahkan adalah data G7, H7, I7. Sebelum membuat formulanya, klik cell kosong pada kolom Total yang berada pada kolom J, lalu formulasikan rumusnya seperti pada contoh di bawah ini.

Rumusnya juga bisa ditulis SUM=(G7:I7) untuk mempersingkat pengetikan rumus.

Atau cara yang lain adalah dengan mengklik tombol AutoSum pada menu Home, jangan lupa untuk me-selectdata-data yang ingin dijumlahkan.

AVERAGE

Mencari rata-rata dari sejumlah nilai yang ada. Rumusnya adalah =AVERAGE(number1,number2,…)

Contoh: Pada tabel di bawah ini, digunakan data dari G6 sampai I6, sehingga rumusnya dapat ditulis =AVERAGE(G6:I6)

Selain itu, akan dijelaskan beberapa tips dan trik yang mungkin dapat membantu pembaca.

  1. Men-select semua area hanya dengan satu klik

Menekan tombol Ctrl+A sudah biasa saat ingin memilih seluruh area. Cara mudah lainnya adalah dengan me-klik bagian pojok kiri seperti gambar di bawah ini.

  1. Mengubah data dari kolom ke baris, dan sebaliknya

Caranya adalah dengan select data yang diinginkan, jangan lupa untuk me-copy nya dengan menekan Ctrl+C hingga muncul garis titik-titik di sekitar data yang di-select, lalu pergi ke menu Home, select area kosong di worksheet / lembar kerja Anda, setelah itu klik Paste > Paste transpose. Hasilnya akan seperti di bawah ini.

Itulah beberapa istilah, trik, dan tips saat menggunakan Microsoft Excel. Selamat mencoba.

Tags: