Jenis-Jenis Paragraf dan Penjelasannya

Rate this post

Paragraf

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang berisi kalimat utama dan kalimat penjelas. Berikut ini jenis-jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya, isi dan tujuannya.

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dibagi menjadi 4, sebagai berikut:

  • Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Sifat paragraf ini adalah deduksi yaitu dari pernyataan umum dikembangkan menjadi khusus. Paragraf deduktif diawali dengan kalimat utama yang berisi pokok pikiran utama, lalu dilanjutkan dengan kelimat-kalimat penjelasnya.

  • Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan pokok atau kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Paragraf induktif bersifat induksi yaitu dari pernyataan khusus dikembangkan ke umum. Paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas, lalu diakhiri oleh kelimat utama yang berisi pokok pikiran utama paragraf.

  • Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah gabungan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif yang diawali oleh kalimat utama lalu diikuti oleh kalimat-kalimat penjelasnya dan diakhiri oleh kalimat utama lagi, yang berarti kalimat utama paragraf campuran terletak di akhir paragraf.

  • Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif adalah kebalikan dari paragraf campuran yaitu paragraf yang diawali oleh kalimat-kalimat penjelas, diikuti oleh kalimat utama, kemudian di akhiri lagi oleh kalimat penjelas.

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, paragraf terbagi menjadi 5 macam, di antaranya:

  • Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang berisi sebuah cerita atau kejadian secara berurutan dan kronilogis. Ciri-ciri paragraf narasi adalah mempunyai alur cerita, tokoh, setting, konfilk dan tidak memiliki kalimat utama secara tetap.

  • Paragraf Deskripsi
READ  Cara Memahami dengan Mudah Kalimat Majemuk, Pengertian, Macam-macam dan Contohnya

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang dapat dirasakan oleh indra pembaca. Penulis membuat paragraf deskripsi  agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang sedang mereka baca.

  • Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang ditujukan untuk menjelaskan, menyampaikan, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca degan menggunakan gaya bahasa yang informatif untuk memberi informasi agar dapat menambah pengetahuan pembaca.

  • Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang menyampaikan ide, gagasan, dan pendapat penulis disertai bukti dan fakta aktual. Paragraf argumentasi dibuat untuk meyakinkan pembaca terkait dengan kebenaran dan pembuktian atas ide dan gagasan tersebut.

  • Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah salah satu bentuk paragraf yang berisi pikiran manusia dengan tujuan untuk membujuk dan mempengaruhi pembaca agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan yang ada dalam paragraf tersebut disertai dengan fakta dan data yang akurat.

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi dan Tujuannya

Berdasarkan fungsi dan tujuannya, paragraf terbagi menjadi 3 diantaranya:

  • Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka adalah paragraf yang terletak di awal sebuah karya tulis sebagai pengantar dan pengenalan isi kepada pembaca.

  • Paragraf Penghubung

Paragraf penghubung adalah paragraf yang terletak di tengah sebuah karya tulis yang berisi tentang segala sesuatu terkait dengan inti dari sebuah karya tulis.

  • Paragraf Penutup

Paragraf penutup adalah paragraf yang berada di akhir sebuah karya tulis dan digunakan sebagai penutup karya tulis tersebut. Paragraf penutup berisi kesimpulan, ringkasan, dan saran penulis terhadap isi sebuah karya tulis.

Itulah jenis-jenis paragraf beserta penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat.

Tags: