Pengertian Olahraga Kardio, Jenis dan Manfaatnya

Diposting pada
Pengertian Olahraga Kardio, Jenis dan Manfaatnya
5 (100%) 1 vote

Olahraga merupakan aktivias yang memberikan manfaat bagi tubuh. Olahraga bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan sejak dini pun seharusnya sebagai orang tua telah mengenalkan olahraga ringan untuk anak. Gunanya agar anak bisa mengenal dan paham akan pentingnya olahraga bagi tubuh. Saat ini, olahraga sangat bermacam-macam. Bahkan, olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siappapun mampu memberikan manfaat yang sama seperti olahraga bera lainnya. Bahkan, olahraga ringan mampu membantu proses diet Anda. Salah satunya adalah olahraga kardio.

Apa itu olahraga kardio?

Mungkin, sedikit asing mendengar kata-kata kardio. Olahraga kardio adalah olahraga yang berguna untuk meningkatkan fungsi jantung. Di sini, jantung memiliki peran penting bagi tubuh. dengan melakukan olahraga kardio ini mampu memperkuat dan mempercepat fungs jantung. Hal ini memberikan keuntungan bagi tubuh, yaitu siklus darah yang lebih lancar sehingga oksigen mampu masuk ke dalam sel otot, dan memningkatkan fungs kerja sel yang membantu proses pembakaran lemak pada tubuh.

Setiap aktivitas yang membuat jantung Anda memompa lebih cepat dianggap sebagai kardio, jadi cobalah jalan cepat, jogging, bersepeda, bermain basket, menari atau berenang.

Latihan gaya hidup, seperti berdiri, berjalan lambat dan mengangkat benda-benda ringan, dapat berkontribusi untuk kebugaran secara keseluruhan, tetapi manfaat terbaik dicapai ketika Anda meningkatkan detak jantung dan mempertahankannya untuk jangka waktu yang lama.

READ  Pengertian : Penyakit Anemia, gejala dan penyebab

Karena alasan ini, aktivitas aerobik yang teratur membuat jantung dan sistem kardiovaskular Anda lebih kuat dan bugar.

Aktivitas fisik aerobik memiliki tiga komponen: intensitas, atau seberapa keras Anda bekerja selama aktivitas; frekuensi, atau seberapa sering Anda melakukannya; dan durasi, atau berapa lama Anda berolahraga dalam satu sesi.

Baca Juga >>> Manfaat Olahraga Futsal

 

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan?

The American Physical Activity Guidelines, yang diterbitkan oleh orang Amerika, seperangkat pedoman aktivitas fisik yang komprehensif, menetapkan standar untuk tujuan aktif Anda. Untuk meningkatkan kesehatan Anda, pedoman ini merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang per minggu, atau 75 menit per minggu aktivitas aerobik intensif.

Nilailah tingkat bisnis Anda pada skala 0-10, di mana nol berada dan 10 adalah titik di mana Anda tidak dapat berbicara dan bergerak secepat mungkin. Aktivitas intensitas sedang adalah 5 atau 6 pada skala ini, di mana pernapasan Anda lebih cepat, tetapi Anda masih bisa melanjutkan pembicaraan.

Aktivitas yang kuat adalah sekitar 7 atau 8, di mana Anda tidak dapat mengucapkan lebih dari beberapa kata tanpa berhenti. Semakin banyak Anda berlatih, semakin banyak manfaat, secara umum, tetapi setiap sedikit. Jika Anda tidak punya waktu 30 menit untuk berolahraga, potong menjadi tiga sesi 10 menit.

Jenis-jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan sehari-hari

Apabila Anda memiliki wakt yang tidak cukup banyak untuk melakukan olahraga. Olahraga kardio merupakan solusi terbaik. Hal ini dikarenakan olahraga ini bisa dilakukakn kapanpun dan dimanapun. Minimal Anda bisa melakukan olahraga ini 3×15 menit dalam satu hari untu memberikan hasil yang lebih baik. Berikut adalah beberapa jenis olahraga kardio :

  1. Naik turun tangga

Para pekerja yang tidak memilikiwaktu banyak untuk melakukan olahraga di luar ruangan maupun dalam ruangan (gym), bisa memafaatkan fasilitas sekitarnya, seperti tangga. Anda bisa mengurangi intesitas penggunaan lift dan mengganti dengan menggunakan tangga. Hal ini bisa memberikan manfaat yang banyak, dikarenakan lemak cepat terbakar degan Anda menaiki atau menuruni tangga.

  1. Sit up

Pasti tahu Anda dngan gerakan satu ini. dengan menandalkan otot perut dan tangan, anda bisa membakar lemak di tubuh anda khususnya di bagian perut. Anda hanya mengambil posisi tidur melentang dengan tangan di belakang kepala, lalu angkat tubuh anda hingga posisi duduk. Lakukan sebisa Anda, dan berikan target untuk tiap minggunya agar memberikan hasil yang lebih baik

  1. Berenang

Olahraga satu ini sangat diminati banyak orang. pasalnya, olahraga ini mampu memberikan manfaat ang banyak. Anda mampu membakar lemak seluruh tubuh Anda lebih cepat daripada olahraga lainnya. Olahraga yang mampu

READ  Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan – Bahan Alami

Manfaat olahraga kardio

Olahraga kardio memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu :

  1. Membakar lemak

Olahraga kardio mampu memberikan manfaat dengan pembakaran lemak saat sesi olahraga maupun istirahat.

  1. Meningkatkan kinerja jantung

Olahraga kardio ini memiliki peran utama yaitu meningkatkan fungsi jantung. Sehimgga, dengan melakukan beberapa jenis olahraga kardio ini mampu menghindari Anda dari penyakit jantung

Masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh olahraga kardio ini. Anda bisa mencoba langsung dan merasakan pengaruh terhadap tubuh Anda. Selamat mencoba!