Kerajaan Tertua di Dunia Lengkap

Kerajaan Tertua di Dunia Lengkap
5 (99.2%) 25 votes

Mempelajari Sejarah Dunia sangatlah luas dalam pengertian dan maknanya, ada 8 Kerajaan terbesar dalam sejarah manusia di muka bumi ini yang berdiri pada tahun tahun Sebelum Masehi (SM).

Sementara saat ini Kekaisaran Romawi adalah salah satu kekaisaran terpanjang dalam sejarah peradaban manusia, berlangsung sekitar 1.500 tahun dan mungkin yang paling terkenal, dalam rentang sejarah manusia, itu cukup modern. Kekaisaran yang paling awal mendahului Kekaisaran Romawi lebih dari 2.000 tahun. Kekaisaran awal ini dibentuk oleh peradaban awal Mesopotamia Kuno dan daerah sekitarnya. Ketika peradaban-peradaban ini tumbuh, demikian pula lingkup kekuasaan dan keinginan mereka untuk menaklukkan tanah yang dekat dan jauh. Banyak dari kerajaan pertama ini memerintah atas tanah yang sama, akhirnya menggantikan satu sama lain saat mereka jatuh.

Diantara kerajaan dan kekaisaran itu adalah.

1. Kekaisaran Akkadian.

Peradaban di Kekaisaran Akkadian adalah kekaisaran pertama Mesopotamia kuno, yang menjadikannya kekaisaran tertua di dunia. Di bawah kekaisaran, Akkad dan Sumeria bersatu dan banyak orang bilingual, berbicara baik bahasa Akkadian dan Sumeria. Ada delapan raja selama Kerajaan Kekaisaran Yaitu : Sargon, Rimush, Manishtushu, Naram-Sin, Shar-Kali-Sharri, Interregnum, Dudu, dan Shu-turul.

Walaupun para sejarawan telah menuliskan dokumentasi lebih dari 7.000 teks yang merinci Kekaisaran Akkadia, akan tetapi mereka belum menemukan ibu kota Akkad. Sebagian besar penelitian arkeologis  terkait dengan Kekaisaran Akkadian berasal dari sebuah wilayah di timur laut Suriah modern, yang menjadi bagian dari Asyur setelah jatuhnya Akkad.

READ  Sejarah Badan Penyelidik Usaha – usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

2. Kekaisaran Asyur.

Peradaban pada Kekaisaran Asyur menurut para arkeolog dibagi menjadi empat era:  Periode Asyur Awal, Kekaisaran Asyur Lama, Periode Asyur Tengah, dan Periode Asyur Baru. Meskipun ibu kota pertama Assur pertama kali didirikan sekitar 2600 SM, selama Periode Awal, Asyur berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Akkadian.

Dan itu adalah sebuah kerajaan selama masa ini, Kekaisaran Asyur tidak muncul sampai setelah jatuhnya Kekaisaran Akkadian. Pada puncak Kekaisaran Asyur, dia memerintah dengan agama Mesopotamia kuno sebagai Empat Sudut Dunia  sebagai pembatas, Sebelah utara Pegunungan Kaukasus, sebelah timur Pegunungan Zargos, sebelah barat Cyrpus di Mediterania. Laut, dan sebelah selatan ke gurun Arab.

3. Kekaisaran Babilonia (Dinasti Babilonia Pertama)

Massa Dinasti Babilonia Pertama berlangsung sekitar 1894 SM – 1595 SM. Era pertama di Kekaisaran Babilonia ini muncul ketika seorang Amori yaitu orang berbahasa Semit Northwest dari Levant utara, wilayah historis Suriah, mendirikan sebuah kerajaan kecil yang mencakup Babel, yang merupakan kota kecil pada waktu itu.

Akhirnya, Babel tumbuh dalam ukuran dan kekuatan dan mencapai puncaknya di bawah pemerintahan Hammurabi sekitar tahun 1728-1686 SM.

Setelah kematian Hammurabi, Kekaisaran Babilonia mulai menurun dengan cepat dan akhirnya kembali ke kerajaan kecil. Sekitar akhir Dinasti Babilonia Pertama, ibu kota Babel dipecat oleh orang Het di bawah raja Mursili.

4. Kekaisaran Het.

Masa Kekaisaran Het didirikan sekitar 1600 SM, meliputi sebagian besar Anatolia serta bagian-bagian dari Levant utara atau Suriah modern dan Mesopotamia Antara Irak barat laut, Suriah timur laut, dan Turki tenggara. Karena lokasinya yang geografis, Kekaisaran Het sering berperang dengan Kekaisaran Mesir, Kekaisaran Asyur Tengah, dan Kerajaan Mitanni untuk menguasai daerah itu.

Akhirnya, bangsa Asyur mendominasi daerah itu dan menganeksasi sebagian besar tanah Kekaisaran Het. Dengan begitu banyak persaingan dari kekaisaran sekitarnya, Kekaisaran Het memiliki beberapa periode lemah dengan penguasa yang tidak signifikan dan berkurangnya area kontrol.

READ  Sejarah Dunia dan Peradabanya Terlengkap

Tidak banyak tentang periode yang lebih lemah ini yang diketahui karena orang Het menyimpan catatan yang kurang akurat selama masa-masa ini.

5. Kekaisaran Mesir (Kerajaan Baru Mesir)

Orang Mesir kuno pertama kali mendirikan kerajaannya sekitar 2686 SM, Kerajaan Baru adalah satu-satunya era yang dikenal sebagai Kekaisaran Mesir. Periode sejarah Mesir kuno ini mencakup Dinasti Mesir ke-18, ke-19, dan ke-20, yang berlangsung dari sekitar 1550 SM hingga 1077 SM. Selama Kekaisaran Mesir, Mesir berada di puncak kekuasaan dan kemakmurannya.

Beberapa Firaun Mesir yang paling terkenal memerintah selama masa ini termasuk Ahmose I, Hatshepsut, Thutmose III, Amenhotep III, Akhenaten, Tutankhamun, dan Ramses II Agung. Juga di bawah Kekaisaran Mesir, seni dan arsitektur berkembang pesat. Lembah Para Raja dibangun sekitar waktu itu adalah kompleks penguburan terbesar di Mesir yang berisi makam beberapa Firaun dan bangsawan yang berkuasa.

6. Kushite Empire (Nubian Dynasty)

Masa Kekaisaran Kushite, juga dikenal sebagai Dinasti ke-25 Mesir dan Dinasti Nubia, terjadi ketika orang-orang Nubia berhasil menyerbu Mesir Kuno. Raja pertama Kekaisaran Kushite adalah Piye, yang ayahnya Kashta telah memulai invasi ke Mesir Hulu. Perang mereka menyatukan Mesir Hulu, Mesir Hilir, dan Kush, membentuk kekaisaran Mesir terbesar sejak Kerajaan Baru pada tahun 1550 SM-1077 SM.

Dan di bawah Piye, pembangunan piramida dihidupkan kembali dan ia membangun piramida tertua di situs pemakaman kerajaan El-Kurru dan juga memperluas Kuil Amun di Jebel Barkal. Para penguasa setelah Piye juga berminat memulihkan monumen-monumen Mesir dan membangun beberapa monumen mereka sendiri. Mereka juga berusaha mendapatkan kembali sebagian Mesir dari Asyur, tetapi tidak berhasil.

7. Kekaisaran Kartago.

Kota Kartenis Phoenician didirikan pada 814 SM. Ia memperoleh kemerdekaannya pada 650 SM dan membangun kendali atas pemukiman Fenisia lainnya di Mediterania barat, ini adalah awal dari Kekaisaran Kartago. Pada puncaknya, ibu kota kerajaan Kartago berfungsi sebagai pusat perdagangan utama dan disebut “kota yang bersinar”, yang memerintah lebih dari 300 kota lainnya.

READ  8 Pemberontakan yang Pernah Terjadi di Indonesia

Sepanjang sejarah kekaisaran, mereka berperang dengan orang-orang Yunani di Sisilia serta Republik Romawi. Permusuhan ini menyebabkan serangkaian konflik bersenjata yang dikenal sebagai Perang Yunani – Punisia tahun 600 SM-265 SM dan Perang Punisia Pada Tahun 264 SM – 146 SM. Setelah Perang Punisia ketiga dan terakhir sekitar tahun 146 SM, Kartago jatuh ke Republik Romawi.

8. Kekaisaran Achaemenid.

Kekaisaran Achaemenid adalah Kekaisaran Persia pertama dan salah satu kekaisaran terbesar yang pernah ada dalam sejarah. Kekaisaran ini didirikan sekitar 550 SM oleh Cyrus Agung. Di bawah pemerintahannya kekaisaran berkembang dari Timur Dekat Kuno ke sebagian besar Asia Barat Daya, sebagian besar Asia Tengah, dan Kaukasus, menjadikannya kekaisaran yang lebih besar daripada kekaisaran sebelumnya.

Selain kecakapan militernya, Kekaisaran Achaemenid terkenal karena model keberhasilan administrasi birokrasi yang tersentralisasi, untuk membangun infrastruktur seperti sistem jalan dan sistem pos, penggunaan bahasa resmi di seluruh wilayahnya, dan pengembangannya. layanan sipil. Penurunan kekaisaran dikaitkan dengan beban pajak yang berat dan kegagalan untuk menciptakan identitas nasional di antara rakyatnya dari berbagai negara.

Demikian artikel tentang sejarah dunia yang kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembelajaran siswa sekolah dan mahasiswa sebagai bahan refrensi materi belajar pada pelajaran sejarah.

Sumber Wikipedia

Tags: