Kerajaan Tertua di Indonesia

Kerajaan Tertua di Indonesia
5 (100%) 17 votes

KERAJAAN TERTUA DI INDONESIA

Pada jaman dahulu, zaman seterlah pra sejarah banyak manusia yang membentuk koloni sendiri dan secara bertahap membentuk suatu budaya. Mulai dari masuknya manusia yang berasal dari beberapa ras yakni mongoloid, weddoid dan juga negroid yang berkembang sehingga dibawa oleh bangsa Gujarat kemudian menghasilkan bangsa melayu hingga menjadi salah satu asal muasal terjadinya penyebaran manusia di negara Indonesia. Ada bukti fisik dan otentik yang menyebutkan bahwa pada zaman dahulu kerajaan yang ada di Inonesia beberapa saja yang berkembang dan bermunculan. Berikut ini beberapa kerajaan tertua yang ada di Indonesia yang berdiri sebelum kerjaan besar seperti Majapahit, antara lain yaitu:

  1. Kerajaan Kandis (Sebelum Masehi)

Kerajaan Kandis merupakan kerajaan yang diyakini telah berdiri sebelum Masehi yang mana mana mendahului berdirinya kerajaan Moloyou dan Dharmasraya. Nenek moyang yang berasal dari Lubuk Jambi meyakini bahwa merupakan keturunan waliyullah Raja Iskandar Zulkarnain yang mana memiliki tiga putra yang bernama Maharaja Alif, Maharaja Depang dan Maharaja Diraja. Ketiga putra dari raja Iskandar Zulkarnain ini melakukan misi untuk berpencar menjadi daerah yang baru. Di mulai dari Maharaja Alif yang pergi ke Banda Ruhum, kemudian Maharaja Depang pergi ke Bandar Cina dan terakhir Maharaja Diraja pergi ke Pulau Emas (Sumatera).

Ketika Maharaja Diraja berlabuh ke Pulau Emas, Maharaja berserta rombongannya mendirikan sebuah kerajaan yang mereka namai dengan nama Kerajaan Kandis. Kerajaan ini berlokasi di Bukit Bakar/Bukit Bakau. Daerah ini di percaya merupakan daerah yang hijau serta subuh yang mana dikelilingi oleh sungai yang jernih.

READ  Penjajahan Portugis dan Spanyol di Indonesia

Kerajaan ini tidak terdapat bukti fisik yang menjadi perujuk keberanadaanya, namun kerajaan ini tetap dikenal oleh banyak orang tua di Jambi.

  1. Kerajaan Salakanagara (Tahun 130-362 Masehi)

Kerajaan ini merupakan kerajaan pertama dan tercatat dalam sejarah yang berada pada daerah Jawa Barat. Berdasarkan pada Naskah dari Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara kerajaan ini diperkirakan merupakan kerajaan yang paling awal yang berada di Nusantara yang pernah ada di Pantai Teluk ada atau masuk kepada wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.keraajaan ini dikenal juga dengan nama Rajataputra yang mana penduduk dari kerajaan tersebut masih menganut agama Hindu.

Kerajaan ini diperkirakan ada sekitar abad 130 sebelum masehi dimana raja pertamanya adalah Dewawarman atau yang bergelar Prabu Darmalo Kapala Dewawarman. Raja Dewawarman ini merupakan duta keliling, pedagang dan juga perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang mana kemudian menetap dan menikah dengan puteri seoran penghulu didaerah tersebut.

Kerajaan ini diperkirakan dibangun sekitar abad 130 Masehi yang memiliki luas kekeuasaan mencapai sekitar Banten ke arah timur sampai dengan pesisir selatan Swarnabumi atau Sumatera. Tidak terdapat rekam jejak dari kerajaan Salakanagara sehingga sulit untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kerajaan ini.

  1. Kerajaan Kutai (Tahun 350 – 400 Masehi)

Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu yang ada di Nusantara yang mana memiliki sejarah yang cukup tertua. Nama Kutai ini menurut para ahli didapatkan dari ditemukannya prasasti yang mana menunjukkan eksistensi dari kerajaan Kutai. Kerajaan ini terletak pada Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya adalah berada di hulu Sungai Mahakam.

Kerajaan kutai sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni Kerajaan Kutai Martadipura dan Kutai Kartanegara. Akan tetapi, dalam kajian kerajaan tertua yang ada di Nusantara adalah Kerajaan Kutai Martadipura. Raja pertama pada kerajaan ini adalah Kudungga, akan tetapi dalam prasasti yang ditemukan yakni prasasti Yupa menjelaskan bahwa keluarga dari pendiri kerjaan adalah Aswawarman yang merupakan anak dari Kudungga.

  1. Kerajaan Sekala Brak (Abad 3 Masehi)

Kerajaan ini adalah kerajaan yang bercirikan Hindu serta dikenal sebagai kerajaan Sekala Brak Hindu. Setelah kedatangan empat empu dari Pagaruyung, kerajaan ini diganti menjadi Kepaksian Sekala Brak. Kerajaan ini berada di Gunung Pesagi, Lampung. Kerajaan ini merupakan kerajaan yang menjadi cikal bakal dari etnis yang ada di Lampung saat ini.

  1. Kerajaan Koying (Abad 2 Masehi)

Kerajaan Koying merupakan kerajaan yang didirikan pada sekitar abad 2 Masehi. Kerajaan ini terletak pada daratan Sumatera yakni tepatnya di Jambi yang didirikan oleh K’ang-tai dan Wan-Chen yang berasal dari Wangsa Wu di Tiongkok. Kerajaan ini terkenal akan pusat perdagangan dari wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya sehingga banyak kerajaan – kerajaan lain yang berasal dari luar negeri datang ke kerajaan Koying hanya untuk melakukan transaksi perdagangan,

  1. Kerajaan Tarumanegara (Abad 4 Masehi)

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan yang bersar yang pernah didirikan di Pulau jawa yang mana penduduknya menganut agama Hindu Aliran Wisnu. Kerajaan ini didirikan pada abad 4 Masehi. Terdapat raja yang paling tersohor di kerajaan ini meskipun belum ada perujukan resmi yang menjadi raja pertama. Raja tersebut adalah Purnawarman. Banyak prasasti yang ditemukan yang dapat dijadikan bukti dari keberadaan kerajaan Tarumanegara yakni prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, dan Lain sebagainya yang masih banyak.

READ  4 Fakta Menarik Seputar Belanda, Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Tags: