Keunikan Biodiversitas di Indonesia

Keunikan Biodiversitas di Indonesia
5 (100%) 7 votes

Do you know about biodiversitas?.

Biodiversitas (bahasa Inggris: Biodiversity) atau Keanekaragaman Hayati ialah istilah yang biasanya digunakan untuk mengambarkan berbagai macam kehidupan yang berasal dari semua proses alam maupun yang ditemukan di Bumi.

Keanekaragamansendiri merupakan gambaran dari keadaan dari bermacam-macam suatu benda yang terjadi karena adanya perbedaan dalam hal bentuk, ukuran, jumlah maupun tekstur. Sedangkan Hayati yaitu sesuatu yang hidup. Sehingga Keanekaragaman Hayati merupakan keberagaman mahluk hidup yang dapat terjadi karena adanya perbedaan dari ukuran, bentuk, jumlah, warna, tekstur, dan sifat-sifatnya.

Secara Ilmiah Biodiversitas dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yakni adalah mencakup gen, jenis dan ekosistem. Keanekaragaman tingkat gen ini adalah serluruh makluk hidup didunia ini memiliki gen yang berbeda-beda meskipun dalam satu jenis. Kemudian Keanekaragaman tingkat jenis yaitu jenis dari makluk hidup yang kadang memiliki persamaan namun juga memiliki perbedaan. Sementara keanekaragaman ekosistem sendiri ialah keberagaman dari kondisi lingkungan dan makhluk hidup yang menempatinya.

Di negara Indonesia Biodiversitas yang ada cukup mengalami keunikan, dimana pada awalnya Wallace menemukan ada perbedaan dari ciri-ciri hewan yang ada di Indonesia bagian Barat dan Timur, kemudian Max Weber berpendapat bahwa hewan di Sulawesi dan sekitarnya memiiki perbedaan dengan hewan yang dikemukakan oleh Wallacce. Sehingga di Indonesia terbagi menjadi 3 zona yakni zona Oriental, zona Australasia, serta zona peralihan.

  • Zona Oriental

Zona oriental adalah zona yang wilayahnya meliputi barat Indonesia yaitu meliputi provinsi Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Dimana daerah tersebut terdapat Hutan Hujan Tropis yang mana didominasi oleh pohon dari family Dipterocarpaceaeyang merupakan tumbuhan tertingi dan menghasilkan biji bersayap diantaranya yaitu Kayu Kruing ( Dipterocarpaceae), Kayu Meranti (Shorea spp).

READ  Reproduksi dan Perkembangan Hewan

Sementara itu hewan yang berada di Zona ini memiliki ciri-ciri diantaranya adalah berukuran besar, memiliki banyak jenis hewan primata contohnya adalah Gajah (Elephas maximus)dan Monyet (Presbytis Thomasi), dll.

  • Zona Australasia

Zona Australasia ini meliputi wilayah Timur Indonesia yakni antara lain Maluku dan Papua. Di daerah zona ini tumbuhan yang ada memiliki ciri-ciri pohon yang rendah dan berada pada daerah yang datar contohnya adalah Matoa dan Ficus (Famili Beringin). Sedangkan jenis hewan pada zona ini memiliki kemiripan dengan jenis hewan yang ada di Australia yang memiliki ciri-ciri yaitu berukuran kecil, hewan yang memiliki kantung, serta tidak memiliki hewan primata contohnya adalah Kangguru, Casuarius Casuarius (Burung Casuari), Varanus Salvator (Biawak), dll.

  • Zona Peralihan

Pada Zona Peralihan keanekaragaman hayatinya berasal dari Zona Oriental dan Zona Australasia yang meliputi Sulawesi dan Nusa Tenggara. Pada wilayah di zona ini terdapat tumbuhan bertipe Malesiana yaitu tumbuhan yang aktif berfoto sintesis, seperti pohon Mangga dan Durian. Sedangkan hewan pada zona ini memiliki ciri-ciri yang tidak terdapat di zona oriental maupun australasia seperti contohnya hewan Komodo (Varanus Komodoensis), Babyrousa babyrussa (babi rusa), Macrochevalon maleo (burung maleo).

Tags: