Keutamaan-Keutamaan Al Quran yang Perlu Dipelajari

Keutamaan-Keutamaan Al Quran yang Perlu Dipelajari
5 (100%) 2 votes

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi lengkap tentang pesan dan tuntunan Allah SWT. Al Quran berisi semua kebutuhan makhluk di bumi, mulai dari permasalahan dan cara penyelesaiannya, apa yang halal dan haram, mana yang boleh dikerjakan atau disunnahkan termasuk soal pengobatan. Sesungguhnya, Al Quran itu adalah kitab terlengkap untuk tuntunan hidup manusia di bumi. Untuk memahami itu semua, maka sudah selayaknya umat manusia membaca dan memahami serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Al Quran

Umat Islam percaya bahwa Al Quran adalah petunjuk segala umat yang terakhir dan merupakan bagian dari yang kita imani dalam rukun iman melalui perantara Malaikat Jibril. Sebagaimana wahyu pertama yang diterima Rasulullah SAW adalah dalam bentuk surat Al ‘Alaq ayat 1-5.

Dari segi kebahasaan, Al Quran berarti membaca atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. Kemurnian Al Quran dijamin oleh Allah SWT sebagai Dzat yang menciptakan dan menurunkan Al Quran.

Al Quran dapat ditinjau dari berbagai segi yaitu sebagai berikut:

  1. Ditinjau Dari Isinya

Al Quran terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan sebutan surat (surah). Setiap surat terdiri dari beberapa ayat. Surat dengan ayat terpanjang adalah surat Al Baqarah sedangkan surat terpendek yang memiliki 3 ayat saja adalah surat Al Kaustar, An Nasr dan Al Asr.

READ  Pengertian Qurban Secara Lengkap
  1. Ditinjau Dari Tempat Turunnya

Al Quran terbagi atas surat-surat Makiyyah (turun di Mekah) dan Madaniyah (turun di Madinah). Perbedaan diantara surat-surat tersebut adalah surat-surat yang turun di Mekah umumnya surat-surat pendek yang menyangkut prinsip keimanan dan akhlaq, sedangakan surat-surat yang turun di Madinah adalah surat yang mayoritas panjang karena berisi tentang peraturan-peraturan yang mengatur hubungan Tuhan dengan umatNya atau seseorang dengan orang lainnya.

  1. Berdasarkan Pembagian Juz

kitab suci umat Islam ini terbagi atas 30 juz yang sama panjangnya dalam pembagian ayat-ayatnya. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan jika ada umat Islam yang ingin menuntaskan bacaannya selama satu bulan (30 hari), dalam artian satu juz satu hari.

  1. Menurut Ukuran Suratnya

Al Quran terbagi atas 4 bagian yaitu tujuh surat yang panjang yaitu Surat Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisaa’, Al-A’raaf, Al-An’aam, Al Maa-idah dan Yunus atau disebut dengan As Sab’uththiwaal; seratus ayat lebih atau dengan kata lain adalah Al Miuuun seperti Hud, Yusuf, Mu’min dan sebagainya; Al Matsaani (kurang sedikit dari seratus ayat), seperti Al-Anfaal, Al-Hijr dan sebagainya; dan yang terakhir adalah surat-surat pendek, seperti Adh-Dhuha, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan sebagainya atau bisa disebut sebagai Al Mufashshal.

Al Quran tidak diturunkan secara bersamaan seperti bentuknya sekarang melainkan berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Untuk memudahkan para ulama mengambil kesimpulan berdasarkan dari tempat diturunkannya Al Quran yaitu periode Mekah berlangsung selama 12 tahun masa kenabian Rasulullah SAW sedangkan periode Madinah dimulai sejak peristiwa hijarhnya Rasulullah SAW yang berlangsung selama 10 tahun.

Pengumpulan Al Quran oleh Rasulullah SAW adalah dengan cara menunjuk beberapa orang untuk menuliskan Al Quran (Zaid bin Tsabit, Ali bin Abi Talib, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab). Selain itu juga terdapat sahabat lain yang menuliskan wahyu walaupun tidak diminta menuliskannya. Selain itu, metode pengumpulan lainnya adalah dengan cara menghafalkan wahyu-wahyu tersebut, yang sudah dilakukan para sahabat nabi setelah wahyu diturunkan. Media penulisan wahyu-wahyu hingga menjadi Al Quran adalah dengan pelepah kurma, lempeng batu, daun lontar, pelana, tulang binatang ataupun kulit pohon.

READ  7 Keutamaan Shalat Dhuha yang Luar Biasa

Keutamaan-keutamaan Al Quran

Setelah mengetahui sejarah tentang Al Quran, ada baiknya sekarang kita mengetahui beberapa keutamaan-keutamaan Al Quran:

  1. Al Quran Dan Pahala Yang Berlipat Ganda

Ketahuilah bahwa membaca Al Quran sangat besar pahalanya. Diantaranya, bila kita membaca satu huruf saja kita mendapat satu nilai kebaikan yang akan dibalas dengan sepuluh kebaikan lainnya, demikian seterusnya. Bayangkan bila kita membaca satu juz Al Quran sehari, silakan dihitung sendiri berapa huruf dalam satu juz tersebut dan kalikan dengan sepuluh kebaikan berikutnya dengan jumlah huruf dalam satu juz. Demikian kuasa dan mulia hati Allah kepada umatNya.

  1. Al Quran Penetram Hati Umat Islam

Orang beriman memiliki hati yang tentram karena selalu mengingat Allah. Hati seorang manusia tidak akan bisa tentram tanpa dibarengi dengan rasa iman dan keyakinan yang besar tertanam dalam setiap hati muslim. Demikian pula untuk mendapatkan iman dan yakin, muslim harus bisa menyerap bimbingan Al Quran sebaik-baiknya.

  1. Al Quran Adalah Petunjuk Umat Islam

Sesuai firman Allah Ta’ala bahwa barangsiapa yang mengikuti petunjuk Allah SWT maka niscaya dia tidak tersesat dan celaka. Yang dimaksud mengikuti petunjuk Alah adalah membenarkan berita dariNya, tidak menentang petunjuk Allah dengan segala bentuk syubhat, memetuhi segala perintahnya, tidak melawan perintahNya hanya karena menurutkan nafsu semata.

  1. Al Quran Adalah Cahaya

Al Quran menerangi setiap hati manusia. Cahaya tersebut menerangi dan menuntun manusia menuju keselamatan dunia dan akhirat. Al Quran juga diibaratkan sebagai cahaya yang terang benderang yang mampu mengeluarkan manusia dari segala kegelapan-kegelapan. Kegelapan dalan artian adalah kebodohan, kekelaman, dapat pula berarti kejahatan antar manusia.

  1. Al Quran Merupakan Sebuah Syafa’at

Syafa’at dari hasil kita membaca Al Quran secara rutin adalah kelak akan menjadi penolong kita pada hari Kiamat. Maka perbanyaklah waktu untuk tadarus Al Quran di sela-sela waktu kita.

  1. Al Quran Sebagai Sumber Hukum Untuk Perniagaan

Seorang muslim yang berniaga sebagai mata pencahariaannya harus juga memperhatikan ketentuan-ketentuan Islam yang juga tertulis pada ala quran, salah satunya adalah tidak boleh berbuat curang. Sesama muslim tidak boleh mencurangi muslim lain terutama dalam bidang perniagaan. Berbuat jujur lebih baik dan dapat membuat perniagaan kita maju. Selanjutnya, jangan lupa menyisihkan sebagai penghasilan berniaga untuk kaum yang tidak mampu dengan bentuk sedekah sebagaimana tertulis juga di Al Quran perintah untuk bersedekah.

  1. Al Quran Adalah Rahmat Dan Obat

Al Quran merupakan rahmat bagi orang beriman dan pengobat bagi mereka yang mempunyai penyakit di dada serta bagian tubuh lainnya. Segala obat yang manjur terhadapa segala tertulis dalam Al Quran adalah madu.

READ  Niat, Tata Cara dan Doa Melaksanakan Shalat Tahajud

Selain keutamaan-keutamaan di atas, membaca Al Quran adlah ibadah. Pahala besar sudah pasti akan didapat oleh orang yang membaca Al Quran dengan khusu’, apalagi yang mendengarkan. Yang mendengarkan orang membaca Al Quran juga memperoleh pahala karena orang tersebut mendengar kebaikan-kebaikan. Selain itu, Al Quran juga dapat membersihkan hati yang kotor. Semakin sering kita mengamalkan bacaan-bacaan Al Quran, maka hati kita akan ikut terpengaruh menjadi lebih tenang dan bersih dari segala hal-hal buruk.

Demikian ulasan tentang keutamaan Al Quran, sudah semestinya sebagai umat Islam kita menjadikan Al Quran sebagai bacaan utam dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi sekarang terdapat juga Al Quran dalam berbagi ukuran yang memudahkan untuk dibawa atau cukup mengunduh di google.