Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal
5 (100%) 1 vote

Puasa Syawal

Seusai melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh, kita akan memasuki bulan syawal. Pada hari pertama di bulan syawal tersebut kita akan merayakan hari raya idul fitri. Hari raya ini adalah hari berbukanya umat muslim sedunia karena sudah boleh makan dan minum di siang hari seperti hari-hari sebelum bulan ramadhan.

Setelah merayakan hari raya idul fitri pada tanggal 1 syawal, Nabi Muhammad SAW. menganjurkan kepada umat muslim untuk mengerjakan puasa syawal. Puasa syawal adalah salah satu ibadah utama yang dikerjakan selama 6 hari di bulan syawal. Puasa ini dapat dilakukan selama 6 hari berturut atau selang seling (hari ini puasa, besoknya tidak, lusa baru puasa lagi).

Keutamaan Mengerjakan Puasa Syawal

Berikut beberapa keutamaan mengerjakan puasa 6 hari di bulan syawal.

  1. Seperti Puasa 1 Tahun Penuh

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, tidak semua orang ingin melanjutnya lagi meskipun setelah makan-makan beberapa hari yaitu hari lebaran. Kadang setelah 1 minggu libur lebaran ada yang mulai sibuk kembali dengan tugas-tugas dan pekerjaan lain yang membuatnya tak sempat atau tak sanggup berpuasa.

Namun masih banyak orang yang setelah berpuasa ramadhan, ada waktu lebaran 1 minggu, kemudian ia akan mengambil puasa syawal selama 6 hari, karena keutamaan puasa ini sangat dahsyat.

Bayangkan hanya dengan menambahkan berpuasa 6 hari di bulan syawal, pahalanya akan Allah lipat gandakan menjadi 10 kali lipat. Maka, 30 hari menjadi 300 hari, dan 6 hari menjadi 60 hari, jumlahnya adalah 360 hari yang berarti setahun berpuasa. Itulah keutamaan yang pertama puasa syawal yaitu sama dengan berpuasa wajib selama setahun penuh.

READ  Bahaya Lisan yang Harus Dihindari Bagi Setiap Muslim
  1. Menutupi Kekurangan Selama Puasa Ramadhan

Orang yang mengerjakan puasa syawal ini ikhlas karena Allah, maka jika ada kekurangan pada puasanya di bulan ramadhan, pahala dari puasa 6 syawal ini akan menutupinya.

Bagi muslimah yang tidak bisa berpuasa selama bulan ramadhan, diutamakan untuk mengganti berapa hari puasa ramadhan yang ditinggalkannya baru kemudian melaksanakan puasa 6 hari di bulan syawal.

  1. Ganjaran 10 Kali Lipat

Allah akan melipatgandakan kebaikan yang dikerjakan oleh seseorang yang sedang melakukan puasa 6 hari selama bulan syawal. Memang pada kenyataannya kebaikan yang kita lakukan sekecil apapun tidak akan pernah sia-sia di mata Allah, namun pada bulan ini setiap kebaikan akan Allah ganjarkan dengan sepuluh kebaikan.

Sebagai seorang manusia yang penuh dengan khilaf dan dosa, harusnya kita sangat bersyukur karena setelah ramadhan berlalu kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan syawal ini.

Itulah beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan selama mengerjakan puasa syawal. Mengerjakan puasa sunnah seperti puasa 6 hari di bulan syawal ini akan membuat kita terbiasa dalam mengelola hawa nafsu, tidak mudah tergoda dengan dunia, dan selalu ingat bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara.

Tags: