Kolonialisme dan Imperialisme Barat

Rate this post
Sumber: annaputrie.blogspot.com

Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme berasal dari kata ‘koloni’ yang artinya pemukiman. Kolonialisme adalah upaya yang dilakukan oleh negera-negera penguasa untuk menguasai suatu wilayah demi mendapatkan sumber daya dari negara yang dikuasai tersebut. Untuk menguasai suatu daerah, biasanya dilakukan dengan cara paksa agar bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi negara penguasa.

Kolonialisme biasanya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki militer yang kuat, seperti Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda, yang berhasil menguasai beberapa negara, termasuk salah satunya Indonesia. Secara umum, kolonialisme bertujuan untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan perdagangan di wilayah yang dikuasai. Tentu saja, wilayah koloni adalah wilayah yang memiliki bahan mentah untuk memenuhi keperluan negara penguasa.

Macam-macam Kolonialisme

Kolonialisme terbagi menjadi 3 macam, yaitu sebagai berikut.

  • Koloni eksploitasi

    Yaitu penguasaan suatu wilayah untuk dikuras habis tenaga penduduk secara kerja paksa dan juga dikuras kekayaan alam untuk kepentingan negara penguasa.

  • Koloni penduduk

    Yaitu penguasaan suatu wilayah baru dengan cara mengusir penduduk pribumi lalu digantikan oleh penduduk pendatang sehingga penduduk pribumi terabaikan.

  • Koloni deportasi

    Yaitu penguasan suatu wilayah yang digunakan untuk membuang narapidana yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah. Biasanya narapidana itu akan mendapatkan hukuman seumur hidup. Mereka akan dijadikan sebagai tenaga kerja tanpa bayaran.

Pengertian Imperialisme

Imperialisme berasal dari kata ‘imperator’ yang artinya memerintah. Imperiaslisme adalah suatu sistem dalam dunia politik untuk menguasai negara lain demi mendapatkan keuntungan dan kekuasaan dari negara yang dikuasai. Menguasai negara lain disini, tidak harus dilakukan dengan mengggunakan kekuatan bersenjata, tetapi juba bisa dilakukan melalui kekuatan agama, ideologi, dan ekonomi, asalkan tetap dilakukan dengan cara paksa. Imperialisme sudah ada sejak abad ke-19 yang dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yaitu seorang Perdana Menteri Inggris.

Macam-macam Imperialisme

Berdasarkan waktunya, imperialisme terbagi menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut.

  • Imperialisme kuno

    Yang muncul sebelum terjadinya revolusi industri di Inggris lebih kurang 1500 M yang lalu pada zaman kuno hingga zaman pertengahan yang dipelopori oleh negara Portugal dan Spanyol. Negara penjajah menjajah negara lain karena didorong oleh 3G yaitu Gold (mendapatkan kekayaan), Gospel (menyebarkan agama), dan Glory (mencapai kejayaan).

  • Imperialisme modern

    Yang muncul setelah terjadinya revolusi industri hingga akhir perang dunia II pada tahun 1942. Revolusi industri mengakibatkan kebutuhan pasar yang tinggi akan bahan mentah yang dipelopori oleh negara Inggris. Oleh sebab itu, negara penjajah mencari daerah yang kaya akan bahan mentah untuk dijadikan sebagai sumber bahan mentah dan pasar bagi industri.

Berdasarkan tujuannya, imperalisme terbagi menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut.

  • Imperialisme politik, yang bertujuan untuk menguasai seluruh kehidupan suatu negara.
  • Imperialisme ekonomi, yang bertujuan untuk menguasai sektor perekonomian suatu negara.
  • Imperialisme kebudayaan, yang bertujuan untuk menguasai nilai-nilai kebudayaan suatu negara.
  • Imperialisme militer, yang bertujuan untuk menguasai negara lain yang dianggap memiliki wilayah strategis untuk memperkuat pertahanan.

Demikian ulasan tentang Koloalisme dan macam-macamnya serta imperialisme dan macam-macamnya.

READ  Tokoh-tokoh Pendiri dan Sejarah Perkembangannya Budi Utomo
Tags: