Kumpulan Rumus Kecepatan yang Perlu Dipelajari

Kumpulan Rumus Kecepatan yang Perlu Dipelajari
5 (100%) 2 votes

Kecepatan atau dalam bahasa inggris adalah velocity merupakan hal yang bisa ditemui pada benda yang bergerak. Contoh yang paling gampang adalah pada waktu kita naik sepeda motor maka kita sudah pasti berhubungan dengan kecepatan. Berapakah kecepatanmu dalam mengendarai sepeda motor dengan jarak tempuh 15 km? Pertanyaan itu menyatakan hubungan antara kecepatan dengan jarak. Selain dengan jarak kecepatan juga berhubungan dengan waktu tempuh. Dapat disimpulkan bahwa dalam fisika, kecepatan selalu berhubungan dengan keduanya, yaitu jarak dan waktu tempuh. Jarak adalah banyaknya kilometer atau meter yang dapat dijangkau sedang waktu adalah berapa lama yang dihabiskan untuk menempuh sebuah jarak dengan kecepatan tertentu.

Definisi Kecepatan

Membahasa pengertian kecepatan akan selalu terhubung dengan yang dinamakan kelajuan. Setipe memang tetapi berbeda. Yang membedakan keduanya adalah asal dari besaran yang membawahi mereka, yaitu kelajuan dan kecepatan. Jika kelajuan adalah besaran skalar maka kecepatan adalah besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang tidak mempunyai arah sedangkan besaran vektor adalah besar yang mempunyai arah. Arahnya dapat ke kanan atau ke atas yang bertanda positif (+) dan ke kiri atau ke bawah yang nantinya bertanda negatif (-). Kelajuan adalah besarnya kecepatan objek yang bergerak tersebut. Lalu, kecepatan dapat didefinisikan sebagai perubahan jarak dan waktu suatu benda yang bergerak. Dengan kata lain, kecepatan juga berarti suatu benda yang bergerak dengan merubah titik acuan awal ke titik acuan akhir serta terjadinya dalam rentang waktu tertentu. Apapun yang didefinisikan antara kelajuan dan kecepatan sejatinya mereka berdua mempunyai arti sama hanya saja yang membedakan kepemilikan dan ketidakpemilikan arah saja. Kecepatan maupun kelajuan mempunyai lambang yang sama yaitu V. Dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s).

READ  Hukum Kekekalan Energi, Pengertian, Rumus, dan Penerapannya

Macam-Macam Kecepatan

Kecepatan mempunyai beberapa macam sebutan berikut rumusnya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan selang waktu yang ditempuh suatu benda. Sama seperti kelajuan, kecepatan juga dibedakan menjadi dua macam yaitu:

Kecepatan rata-rata

Kecepatan rata-rata adalah akumulasi dari perpindahan yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak dengan selang waktu tertentu. Dalam kecepatan rata-rata akan terdapat akumulasi jarak dan akumulasi waktu dari perpindahan yang dilakukan.

Kecepatan sesaat

Sedangkan kecepatan sesaat adalah kecepatan rata-rata yang mendekati selang waktu nol. Berhimpit dengan nol pada waktu sebuah benda melakukan perpindahan atau bergerak.

Rumus-Rumus Kecepatan

Rumus kecepatan akan berhubungan erat dengan jarak dan waktu tempuh benda tersebut yang diperlukan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Rumus-rumus kecepatan tersebut adalah sebagai berikut:

Secara umum rumus kecepatan dilambangkan sebagai berikut:

, dimana  v =  kecepatan (m/s)

s = jarak tempuh benda berpindah (m)

t = waktu yang dibutuhkan benda bergerak (s)

rumus lain yang berhubungan dengan kecepatan adalah

Jarak (s)

S = v x t

dimana,  s = jarak tempuh benda berpindah (meter)

v = kecepatan benda yang sudah terjadi (m/s)

t =  waktu tempuh benda berpindah (s)

Waktu tempuh dari kecepatan (t)

dimana, t = waktu yang dibutuhkan benda bergerak (s)

v =  kecepatan (m/s)

s = jarak tempuh benda berpindah (m)

Sedangkan rumus kecepatan lainnya adalah sebagai berikut:

Kecepatan rata-rata

Secara matematis persamaan dari rumus kecepatan rata-rata dapat dituliskan sebagai berikut:

dimana: v = kecepatan rata-rata (m/s)

= perpindahan benda (m)

= selang waktu yang diperlukan (s)

Kecepatan seperti halnya kelajuan terkait dengan jarak (s) dan waktu (t) yang merupakan unsur-unsur dari menghitung kecepatan.

Kecepatan sesaat

Kecepatan sesaat yang menonjol adalah waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk berpindah yang sangat sedikit atau sangat pendek.

READ  Termodinamika, Pengertian, Sistem, dan Hukum Dasarnya

Rumus kecepatan sesaat adalah penggunaan limit dikarenakan waktu yang mendekati nol.

Dimana, v = kecepatan sesaat (m/s)

= perpindahan benda (m)

= selang waktu yang diperlukan (s)

Kecepatan sesaat tersebut bila digambarkan arahnya akan berimpit pada nol garis arahnya.

Rumus kecepatan lain yang berhubungan dengan percepatan dan kecepatan melingkar (kecepatan sudut) adalah sebagai berikut:

Kecepatan Dengan Percepatan

Untuk menghitung kecepatan dengan percepatan maka perhatikan ketentuan berikut:

  1. Telah diketahui bahwa percepatan adalah perubahan kecepatan. Dengan kata lain adalah jika percepatan adalah tetap (konstan) maka kecepatan akan terus berubah dengan interval yang sama.
  2. Untuk mengetahui besarnya peningkatan dan penurunan kecepatan selama periode waktu tertentu, maka tinggal kalikan percepatan dengan perubahan waktu yang digunakan benda untuk bergerak.
  3. Selanjutnya tambahkan kecepatan awal dengan perubahan kecepatan yang sudah dialami benda tersebut.
  4. Karena berbeda dengan kelajuan, maka setelah menghitung ketiga poin di atas, tentukanlah arah pergerakan benda tersebut. Hal ini dikarenakan kecepatan termasuk besaran vektor (besaran yang mempunyai arah).

Berikut adalah rumus kecepatan dengan percepatan:

Vf= vi + a. t

Dimana, Vf= perubahan kecepatan (m/s)

vi = kecepatan awal ( m/s)

a = percepatan (m/s2)

t = waktu yang benda butuhkan untuk bergerak (s)

Kecepatan Melingkar (Kecepatan Sudut)

Kecepatan melingkar (kecepatan sudut) berhubungan dengan orbit atau kecepatan yang harus ditempuh benda untuk mempertahankan orbit lingkarannya untuk mengitari benda lain, contohnya adalah planet, bintang dan lain-lain. Kecepatan sudut ini dapat dihitung dengan membagi keliling jalur melingkar dengan periode waktu benda tersebut bergerak.

Berikut adalah rumus kecepatan sudut (kecepatan melingkar):

V = 2πr/T

Dimana, v = kecepatan sudut benda yang sedang dihitung (m/s)

r = jari-jari orbit benda (m)

T = periode waktu benda dalam berputar (s)

Satuan dalam menghitung kecepatan adalah meter per detik (sekon) maka dari itu pastikan semua unsur-unsur dalam menghitung percepatan adalah dalam satuan meter untuk jarak dan sekon / detik untuk waktu yang digunakan benda berpindah. Sehingga hasil yang dihitung sudah sesuai satuan akhir kecepatan tidak perlu menggubah ke dalam bentuk yang lain dulu. Langkah-langkah dalam menghitung menggunakan rumus-rumus kecepatan di atas hanyalah opsi atau pilihan dari berbagai opsi yang ada. Baca dan pahami berbagai opsi atau sumber yang sudah ada sehingga perhitungan yang akan dilakukan menjadi lebih valid dan akurat.

READ  Kalor dan Perpindahan Kalor

Demikian satu dari sekian banyak rumus-rumus kecepatan dalam mata pelajaran kimia yang dapat digunakan dalam perhitungan. Yang sudah dipaparkan penulisdi atas adalah beberapa saja rumus-rumus yang berkaitan dengan kecepatan. Silakan telaah ulang atau lihat sumber lain untuk melihat yang lebih lengkap. Penggunaan simbol pada rumus kemungkinan berbeda dengan sumber lainnya, disini penulis menuliskan simbol-simbol dalam rumus-rumus kecepatan sesuai yang sudah pernah penulis pelajari di level pembelajaran sebelumnya ataupun dari membaca buku serta membaca dari e-book diinternet. Semoga rumus-rumus di atas membantu pembelajar untuk lebih paham mengenai kecepatan.