Kupas Tuntas Materi Procedure Text Bahasa Inggris

Kupas Tuntas Materi Procedure Text Bahasa Inggris
5 (100%) 1 vote

Procedure text atau teks prosedur adalah teks yang berisikan instruksi atau perintah untuk melakukan suatu hal. Sebagai penanda, teks ini akan diawali oleh kata perintah “How to…”, contohnya “How to operate coffee machine” atau “How to make red velvet cake”. Teks bergenre prosedur menjelaskan cara atau tahapan-tahapan yang menjadi petunjuk bagi pembaca. Umumnya, teks prosedur menggunakan kalimat perintah untuk mengarahkan pembaca.

Bagian-Bagian Teks (Generic Structure of Procedure Text)

Pembuatan teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan proses produksi suatu secara berurutan (to describe the production process sequentially). Penjelasan tahapan diberikan dari awal hingga akhir berikut keterangannya. Secara umum, teks prosedur tersusun atas beberapa bagian.

Tujuan (Goal)

Tujuan dari pembuatan teks prosedur adalah menginformasikan bagaimana tahapan atau cara kerja suatu hal. Instruksi diberikan secara berurutan, baik pada pengoperasian alat ataupun pembuatan barang. Misalnya saja, How to use remote control, How to build a house, dan lain sebagainya. Tujuan dari teks prosedur biasanya langsung ditampilkan pada judul.

Mengapa demikian? Karena apabila ditampilkan langsung di judul maka tentu pembaca lebih mudah menerka apa isi dari rangkaian perintah tersebut. Jadi, para pembaca dapat mengetahui secara jelas tentang teks mana yang akan dipilih sesuai kebutuhannya.

Bahan-Bahan (Materials)

Bagian teks ini berisi informasi seputar bahan-bahan atau material yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Tidak semua teks prosedur membutuhkan material, ada pula yang tidak. Contohnya materials atau bahan-bahan adalah satu sendok teh garam (one teaspoon salt), sepiring sayur-sayuran (a plate of vegetables), dan lain-lain.

READ  Penggunaan Do, Does dan Did dalam Bahasa Inggris

Langkah-Langkah (Steps)

Uraian terkait langkah-langkah atau instruksi yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Bagian teks ini akan memerintahkan pengoperasian atau pembuatan suatu benda. Selain disebut steps, dalam beberapa tulisan ada pula yang menyebutnya methods (cara-cara). Sebagai contoh, potong bawang merah (cut the onion), masukkan gula (add the sugar), dan seterusnya.

Language Features

Dalam mengerjakan procedure text, ada beberapa fitur bahasa yang harus diperhatikan. Penggunaan fitur bahasa ini sangat mutlak dan harus dipatuhi dalam setiap pembuatan teks prosedur. Hal ini dikarenakan keunikan dan ketegasan yang disampaikan melalui teks prosedur. Adapun beberapa fitur bahasa yang sering kita jumpai pada teks prosedur adalah:

1.     Simple Present Tense

Grammar yang digunakan untuk menulis procedure text haruslah present tense. Present tense dapat menjelaskan fakta dan langkah-langkah secara terstruktur disertai penekanan.

2.      Imperative Sentence (Kalimat Perintah)

Langkah-langkah pada teks prosedur berisikan perintah-perintah untuk melakukan sesuatu. Kata kerja perintah memperjelas tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Perlu diingat, kalimat perintah selalu diawali oleh kata kerja atau verb.  Beberapa kata perintah yang sering dijumpai pada teks prosedur adalah heat, mix, add, cut, put, dan lain sebagainya.

3.     Connectives (Kata Penghubung)

Untuk menguatkan kalimat perintah sebelumnya, perlu penambahan kata penghubung. Kata penghubung bisa diletakkan dari pergeseran satu perintah ke perintah lainnya. Kata penghubung yang seringkali muncul dalam teks prosedur adalah while, when, then, finally, after that, dan lain sebagainya.

4.     Adverbs (Kata Keterangan)

Adverb atau kata keterangan dapat digunakan untuk menyatakan keterangan waktu. Misalnya saja, during 15 minutes, in 30 minutes, for 1 hour, dan lain sebagainya. Bukan hanya keterangan waktu, kata keterangan yang merujuk pada tempat maupun cara (manner) juga dapat digunakan. Contohnya, in bowl, at the table, softly, slowly, fastly, dan lain sebagainya.

READ  Simple Present Tense : Pengertian, Rumus dan Contohnya

Jenis-Jenis Teks Prosedur Tanpa Material

Pada bagian material teks, bahan-bahan yang disebutkan tidak harus selalu ada. Bahkan pada beberapa teks prosedur diketahui tidak mengandung materials atau bahan-bahan. Secara terperinci, teks prosedur yang tidak berisikan material terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1.     Instruksi Manual

Procedure text yang menjelaskan sebuah instruksi manual atau cara kerja suatu hal. Biasanya procedure text semacam ini tidak berisi materials atau bahan-bahan. Cara kerja suatu alat termasuk dalam kategori instruksi manual, seperti how to operate computer, how to use playstation, dan lain-lain.

2.     Peraturan

Teks yang menjelaskan serangkaian aktivitas beserta aturan di dalamnya. Jenis teks ini tidak berisikan rangkaian materials, sebab hanya menginstruksikan kebijakan. Sebagai contoh, aturan berkendara dengan benar (safety road rules), kebijakan pemerintah (governor rules), dan lainnya.

3.     Kebiasaan (Habit)

Jenis terakhir adalah teks yang menggambarkan sederet kebiasaan atau sifat manusia. Untuk membuat teks prosedur ini, tidak harus ada penambahan bahan. Misalnya, how to resolve problem, how to relieve stress, dan sebagainya.

Contoh Pengaplikasian Procedure Text

How To Make A Cup of Tea

  1. Tujuan (goal/aim)

Tujuan teks prosedur adalah menginstruksikan cara membuat teh.

  1. Bahan-bahan (Materials)

Ingredients (Bahan-bahan):

  • One tea bag(satu kantong teh celup)
  • A cup of hot water (secangkir air panas)
  • 1 tablespoon of sugar (satu sendok makan gula)
  • Cup (cangkir teh)
  • Table spoon (sendok)
  1. Steps (langkah-langkah)
  • Firstly, put in tea bag to the cup (Pertama, taruh kantong teh ke dalam cangkir)
  • Pour hot water to the cup (Masukkan air panas ke dalam cangkir)
  • Add the sugar and stir it with tablespoon (Tambahkan gula dan aduk menggunakan sendok)
  • Stir until well mixed (Aduk hingga semuanya tercampur rata)
  1. Serving (Penyajian)
READ  Penggunaan To Be (Am, Is, Are, Was, Were)

Serve with cookies or bread to accompany your relax time (Sajikan bersama kukis atau roti untuk menemani waktu bersantai)

Selain contoh di atas, ada pula contoh teks prosedur lainnya dari jenis berbeda. Kali ini, kita akan memberi contoh teks prosedur yang tidak menggunakan materials atau bahan-bahan dalam instruksinya.

How to Relieve Stress

  1. Aim (Tujuan)

Menjelaskan cara-cara menghilangkan stres yang dapat dilakukan.

  1. Materials (Bahan-bahan)

Procedure text ini tidak memerlukan materials, sehingga termasuk pada kebiasaan atau habit manusia.

  1. Methods (Cara-cara)
  • Drink a glass of water (Minum segelas air putih)
  • Listen the music for 30 minutes (Mendengarkan musik selama 30 menit)
  • Take a rest until good mood (Beristirahat sampai perasaan membaik)
  • Smile or laugh every single time (Tersenyum atau tertawa setiap waktu)
  • Take a deep breath. This is easy way to relieve stress. The classical breathing technique is a good method to relieve stress (Tarik napas dalam-dalam. Cara mudah untuk menghilangkan stres. Teknik pernapasan klasik yang merupakan cara bagus untuk digunakan menghilangkan stres)
  1. Serving (Penyajian)

Sama halnya dengan material, tidak ada cara penyajian yang direkomendasikan. Jenis teks prosedur ini hanya menerangkan cara-cara untuk mencapai tujuan.

Sampai disini, sudah jelas bukan tentang procedure text? Salah satu genre yang sering digunakan untuk menyusun sebuah teks agar mudah disampaikan. Teks prosedur seringkali kita temukan dalam buku-buku resep atau panduan melakukan suatu hal. Tujuan dari semua teks tersebut sama, yakni menginstruksikan cara kerja, pembuatan atau teknik yang digunakan. Fitur bahasa yang digunakan juga sama, tidak ada perubahan. Sebab harus adanya penekanan pada bagian tertentu untuk mempertegas.