Lensa Cekung, Pengertian, Jenis, Sinar Istimewa, Sifat, dan Rumusnya

Lensa Cekung, Pengertian, Jenis, Sinar Istimewa, Sifat, dan Rumusnya
5 (100%) 2 votes

Pengertian Lensa Cekung

Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis dibandingkan dengan bagian tepinya yang lebih tebal. Biasanya lensa cekung berbentuk lingkaran, meskipun terkadang ada juga yang tidak berbentuk lingkaran. Lensa cekung umumnya terbuat dari kaca atau plastik sehingga memiliki indeks bias lebih besar ketimbang indeks bias udara.

Lensa cekung adalah lensa divergen yaitu lensa yang bersifat menyebarkan cahaya. Ciri dari lensa cekung adalah mempunyai ciri-ciri tebal di bagian tepi dan tipis di bagian tengahnya.

Cahaya yang melalui lensa cekung dibelokkan ke arah tepi lensa dan menjauhi sumbu lensa.  Sinar-sinar yang datang sejajar pada lensa cekung akan menyebar seolah berasal dari satu titik yang dinamakan dengan titik fokus. Titik fokus tersebut terletak di bagian yang sama pada sisi sinar yang datang sehingga titik fokus lensa cekung menghasilkan bayangan bersifat maya.

Jenis-jenis Lensa Cekung

Terdapat 3 jenis lensa cekung, diantaranya cekung ganda, cekung datar, dan meniskus cekung. Sedangkan bentuk lensa cekung ada 3 juga, yaitu bikonkaf atau cekung – cekung, plankonkaf atau cekung – datar, dan konveks – konkaf atau cekung – cembung.

READ  Fluida Statis, Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan

Sinar Istimewa Lensa Cekung

 

Sinar istimewa pada lensa cekung terbagi menjadi 3, yaitu:

  1. Sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama akan dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus (di depan lensa).

  2. Sinar yang datang seolah-olah menuju titik fokus lensa pertama (F1) dan akan dibiaskan sejajar dengan sumbu utama.

  3. Sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O), dan tidak dibiaskan.

Sifat Lensa Cekung

Lensa cekung memiliki sifat menyebarkan cahaya atau disebut juga dengan lensa divergen, karena sinar yang datang yang sejajar dengan sumbu utama akan dibiaskan menyebar seakan-akan berasal dari satu titik.

Lensa cekung mempunyai 2 titik fokus, yaitu titik fokus aktif (F1) yang berada di depan lensa, dan titik fokus pasif (F2) yang berada di belakang lensa. Karena titik fokus aktif lensa cekung (F1) berada di depan lensa, maka titik fokus aktif lensa cekung adalah fokus maya dan jarak lensa cekung (F) selalu memiliki tanda negatif, sehingga lensa cekung disebut juga dengan lensa negatif.

Sifat Bayangan (Pembentukan Bayangan Lensa Cekung)

  1. Benda terletak lebih jauh dari titik pusat kelengkungan lensa cekung (2F1), yang akan menghasilkan byangan bersifat maya, tegak, diperkecil, dan berada di antara O dan F1.

  1. Benda terletak di antara titi pusat kelengkungan lensa cekung (2F1) dan titik fokus lensa cekung (F1), yang akan menghasilkan bayangan bersifat maya, tegak, diperkecil, dan berada di antara F1 dan O.

  1. Benda terletak di antara titik fokus lensa cekung (F1) dan O, yang akan menghasilkan bayangan bersifat maya, tegak, diperkecil, dan berada di antara F1 dan O.

Rumus Lensa Cekung

 

 Dengan: s’ = jarak bayangan

READ  Rumus Kecepatan, Jarak, dan Waktu dalam Ilmu Fisika

s’ = (+) positif, bayangan nyata

s’ = (-) negatif, bayangan maya

s = jarak benda

f = jarak titik api, bernilai negatif

Sedangkan untuk pembesaran (m), ditulis dengan rumus:

Dengan: h’ = (-) negatif, bayangan terbalik

h’ = (+) positif, bayangan tegak

m = (+) positif, bayangan tegak

m = (-) negatif, bayangan terbalik