Macam Jenis Kambium Pada Tumbuhan

Diposting pada
Rate this post

Sumber gambar: gurupendidikan.co.id

Jenis Kambium

Kambium secara garis besarnya dapat diartikan sebagai sebuah lapisan meristematik yang ada dalam tumbuhan, dimana sel-sel kambium dalam tumbuhan bekerja secara aktif untuk membelah serta bertanggung jawab atas perkembangan sekunder dari sebuah tumbuhan. Kambium sendiri dapat diamati di bagian batang serta bagian akar dari tumbuhan. Bentuknya adalah berupa lendir di bagian kulit batang.

Setidaknya ada dua jenis kambium berdasarkan proses terbentuknya maupun berdasarkan kemampuan jaringan kambium dalam pembentukan. Berdasarkan proses terbentuknya, kambium terbagi dalam dua jenis yaitu kambium primer dan kambium sekunder. Sedangkan berdasarkan kemampuan pembentukan jaringan, kambium terbagi menjadi kambium vaskuler dan juga kambium intervaskuler.

  1. Kambium Primer

Membahas terkait kambium primer terlebih dahulu. Jenis kambium yang satu ini letaknya berada diantara xylem dan floem dalam jaringan tumbuhan dikotil maupun Gymnospemae. Namun berbeda pada tumbuhan monokotil, dalam hal ini kambium hanya terdapat di bagian batang tumbuhan Agave serta Pleomele saja.

  1. Kambium Sekunder

Kambium sekunder juga disebut dengan kambium gabus atau kambium felogen. Jenis kambium yang satu ini letaknya berada di bagian permukaan batang ataupun akar sebuah tumbuhan yang pecah lantaran terjadinya pertumbuhan sekunder. Kambium gabus menuju arah luar membentuk sel gabus untuk menggantikan epidermis serta kea rah dalam untuk membentik sel feloderm hidup. Jenis kambium sekunder ini yang dapat menjadikan tumbuhan punya lingkar tahun.

Dari penjabaran terkait letak xylem serta floem yang terdapat di berkas pengangkut, maka tipe berkas pengangkut termasuk pada xylem dan juga floem yang bersatu untuk membentuk sebuah ikatan pembuluh angkut yang diantaranya adalah ikatan oembuluh kolateral, bikolateral, radial, dan juga ikatan pembuluh konsentris.

  1. Kambium Vaskuler

Beralih pada jenis kambium berdasarkan pembentukan jaringannya. Yang pertama adalah kambium vaskuler, yakni kambium yang ada pada berkas pengangkutan tumbuhan. Jenis kambium ini apabila sel-sel yang ada menuju ke dalam untuk membentuk xylem serta menuju ke luar untuk membentuk floem, sedangkan menuju ke samping untuk membentuk jaringan meristematis yang fungsinya adalah untuk memperluas kambium.

READ  Hukum Archimedes, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya

Pertumbuhan yang terjadi pada jenis kambium vaskuler ini disebutnya degan pertumbuhan sekunder, maksudnya karena fungsi dari jenis kambium ini adalah untuk melakukan pembelahan menuju luar untuk membentuk floem sekunder serta ke dalam untuk membentuk xylem yang juga sekunder.

Kambium vaskuler atau juga kambium pembuluh merupakan bagian yang umumnya disebut dengan kambium saja. Kambium tersebut umumnya membatasi antara bagian pepagan atau kulit kayu dari kolom kayu di batang tumbuhan.

  1. Kambium Intervaskuler

Terakhir adalah kambium intervaskuler. Jenis kambium yang satu ini secara letaknya berada diantara dua berkas pengangkutan atau berada di bagian luar dari berkas pengangkutan. Kambium intervaskuler memiliki fungsi yaitu untuk membentuk jari-jari empulur.