Manfaat dan Sistem Koordinat Cartesius

Diposting pada
Manfaat dan Sistem Koordinat Cartesius
5 (100%) 1 vote

Koordinat Cartesius

Dengan menggunakan sistem korrdinat cartesius, maka bentuk-bentuk seperti kurva akan dapat digambarkan dengan menggunakan persamaan aljabar. Di era modern ini, koordinat cartesius  sudah banyak dimanfaatkan. Berikut ini beberapa manfaat dari koordinat cartesius.

Manfaat Koordinat Cartesius

  1. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan gambar denah ataupun peta. Peta berfungsi untuk memudahkankita dalam mencari suatu lokasi, tempat, atau wilayah.  Begitu pula, saat Anda ingin mengirim surat kepada seseorang. Maka Anda harus mengetahui alamat tujuan secara lengkap dan benar.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengiriman surat tersebut. Sehingga, ketika And sudah mencantumkan alamat dengan benar dan lengkap, maka surat Anda akan sampai lebih cepat. Peta juga dilengkapi dengan garis lintang dan garis bujur.

  1. Bidang koordinat cartesius sangat mutlak diperlukan, khususnya dalam masalah penerbangan. Seorang pilot dapat menerbangkan pesawat tanpa bertabrakan dengan yang lain dan juga bisa mengetahui jika pesawat telah tiba di tempat tujuan.

Hal ini bisa terjadi karena esawat terbang telah dilengkapi dengan alat yang canggih, seperti kompas yang berfungsi sebagai alat penunjuk arah, radio yang digunakan untuk komunikasi, dan radar digunakan sebagai alat pendeteksi.

Oleh sebab itu, seorang pilot harus mengerti cara membaca serta menentukan letak suatu tempat dalam bidang korrdinat.

  1. Dalam mata pelajaran ilmu sosial, kita sering menjumpai peta suatu provinsi ataupun sebuah negara. Dalam sebuah peta, juga terdapat kota, gunung, danau, lapangan terbang, yang diibaratkan dengan kedudukan.

Untuk memudahkan pembaca, peta juga dilengkapi dengan garis buntu yang mendatar dan tegak lurus, yaitu garis lintang dan garis bujur. Dasar pembuatan garis tersebut adalah dsar dari bidang koordinat.

READ  Pengertian Vektor dan Jenis-jenisnya, serta Vektor R2 dan R3

Menentukan Titik pada Sistem Koordinat Cartesius

Bidang di atas adalah bidang koordinat yang dibentuk oleh garis tegak Y dan garis mendatar X. Suatu ttitik akan saling berpotongan pada garis y dan x yang disebut dengan pusat koordinat (titik 0). Bidang koordinat cartesius ini digunakan untuk menentukan letak suatu titik yang dinyatakan dalam pasangan bilangan.

Perhatikanlah titik A, B, C, dan D. Untuk menentukan letaknya, mulailah dari titik O, lalu bergerak mendatar ke arah kanan pada sumbu X, kemudian ke atas pada sumbu Y. Letak suatu titik dalam bidang koordinat cartesius di tulis dalam bentuk pasangan bilangan (x, y), dimana x disebut dengan absis, dan y disebut dengan ordinat.

Dari koordinat cartesius di atas, maka diketahui bahwa:

  • Titik A terletak pada koordinat (1, 0), dan ditulis dengan A (1, 0).
  • Titik B terletak pada koordinat (2, 4), dan ditulis dengan B (2, 4).
  • Titik C terletak pada koordinat (5, 7), dan ditulis dengan C (5, 7).
  • Titik D terletak pada koordinat (6, 4), dan ditulis dengan D (6, 4).

Bidang koordinat cartesius dapat diperluas seperti gambar berikut.