Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui
5 (100%) 1 vote

Manfaat Ketumbar

Tumbuhan rempah Ketumbar ternyata memiliki banyak khasiat loh!

Ketumbar merupakan tumbuhan dari rempah – rempahan yang populer yang digunakan sebagai bumbu dalam masakan terutama pada masakan khas dari Indonesia. Bentuk dari ketumbar adalah berupa biji – bijian yang hampir mirip dengan merica. Ketumbar ini memiliki kegunaan untuk memperkaya rasa dari masakan. Selain memperkaya masakan ternyata ketumbar memiliki khasiat dalam menyebuhkan berbagai penyakit. Berikut ini dijelaskan mengenai mangaat apa saja yang di peroleh dengan rutin mengkonsumsi ketumbar ini.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat pertama dari ketumbar adalah untuk mengatasi gangguan dari pencernaan. Penggunaan ketumbar secara rutin dapat mengatasi sindrom dari iritasi yang ada dalam usus besar sehingga memungkinkan untuk tidak terjadinya gangguan pada pencernaan. Selain untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut ketumbar juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah seperti perut kembung, diare, sembelit dan juga cacingan.

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang ada didalam bijinya. Kandungan antioksidan ini dapat dipercaya untuk digunakan dalam membantu pergerakan dari usus dan juga membantu dalam memproduksi enzim pada pencernaan manusia.

  1. Menyembuhkan Jantung Bengkak

Jantung bengkak ini bukan merupakan sebuah penyakit namun gejala dari kondisi masalah kesehatan. Jantung bengkak disebabkan oleh jantung yang melakukan pemompaan secara lebih keras dari yang biasanya atau dapat menyebabkan kerusakan dati otot jantung. Dengan rutin dalam mengonsumsi ketumbar dipercaya dapat membantu dalam menghancurkan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah ke area jantung.

READ  Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan – Bahan Alami

Cara mengonsumsi ketumbar untuk menyembuhkan jantung bengkak adalah dengan menyeduh ketumbar dengan air panas. Tuang ketumbar yang akan digunakan sebanyak 1 ataupun 2 sendok teh kedalam air panas. Tunggu rendaman tersebut selama 15 sampai 20 menit kemudian saring airnya lalu minum air yang telah disaring tersebut.

  1. Mencegah Diabetes

Khasiat lain yang dihasilkan oleh ketumbar adalah mampu menjaga kadar gula darah karena biji dari ketumbar dapat merangsang produksi dari insulin yang ada didalam tubuh sehingga hal ini dapat mencegah penumpukan dari gula yang ada dalam darah. Selain itu, ketumbar memiliki serat yang tinggi yang di percaya dapta menurunkan kadar gula.

Namun, meski demikian masih pula dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana dari manfaat ketumbar tersebut yang dapat mempengarui kadar gula darah.

  1. Meringankan Nyeri Sendi

Manfaat selanjutnya dari ketumbar adalah diklaim dapat meringankan nyeri sendi. Hal tersebut masih berhubungan dengan sifat analgesik dan juga kandungan asam linoleat dari ketumbar yang mana selain dapat meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dapat meringankan sakit yang disebabkan oleh hernia. Akan tetapi, manfaat tersebut masih kemungkinan hanya sekedar untuk meringankan gejalanya saja, bukan langsung mengatasi penyebab utama dari penyakitnya.

  1. Mencegah Infeksi Jamur

Antioksidan yang terdapat ketumbar diketahui memiliki sifat antijamur dan juga antibakteri. Kedua sifat tersebut sangat memungkinan ketumbar dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi, baik infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun disebabkan oleh bakteri. Namun, hal tersebut masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar dapat diketahui efektivitas dari ketumbar dalam mencegah infeksi.

  1. Mengatasi Batuk dan Pilek

Manfaat selanjutnya dari ketumbar adalah dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan vitamin C yang ada dalam ketumbar. Vitamin C ini merupakan antioksidan alami yang mana sangat baik untuk meningakatkan imunitas yanga da di dalam tubuh sehingga hal tersebut sangat memungkinkan batuk dan pilek dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi ketumbar tersebut.

  1. Menambah Nafsu Makan

Apabila nafsu makan sedang berkurang, mengonsumsi ketumbar adalah pilihan yang tepat. Dengan mengonsumsi air rebusan dari biji ketumbar ini dapat dipercaya meningkatkan nafsu makan.

  1. Melebatkan Rambut

Ada manfaat yang dihasilkan oleh ketumbar bagi rambut. Rempah – rempah ini dapat membantu untuk menguatkan akar rambut dan juga dapat merangsang dari pertumbuhan rambut. Jadi, selain kemiri, ketumbar ini juga dapat digunakan untuk melebatkan rambut.

READ  Kebiasaan Buruk Yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Sebenarnya masih banyak manfaat yang dihasilkan oleh rutin dalam mengonsumsi Ketumbar, karena ketumbar merupakan bahan alami yang tentu sangat banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. Mengonsumsi ketumbar tidak harus secara langsung, akan tetapi dengan menambahkannya kedalam masakan akan sedikit memberikan manfaat serta khasiat yang ada didalamnya yang mungkin dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Efek Samping Ketumbar

Tidak semua orang dapat mengonsumsi rempah – rempah yang satu ini sebagai obat herbal salah satunya adalah para ibu hamil dan juga menyusui. Selain itu, ada beberapa kondisi yang memungkinkan seseorang untuk disarankan tidak mengonsumsi ketumbar. Misalnya adalah para penderita dari penyakit hati, penderita ganguan pernapasan, orang yang alergi pada ketumbar dan juga pemilik dari kulit yang sensitif.

Efek samping yang mungkin dapat muncul dari penggunaan ketumbar adalah seperti contohnya adalah mual, nafsu makan menjadi turu, muntah, sakit kepala, dan juga dapat sakit perutnya. Ada pula beberapa orang yang hipersensitif pada ketumbar akan muncul gejala berupa alergi seperti gatal, raum merah, mata berair serta reaksi alergi yang lainnya. Sebagian manfaat dari ketumbar telah di buktikan secara ilmiah numn beberapa pula masih belum dibutktikan penelitiannya lebih lanjut. Efek yang dihasilkan akan berbeda – beda setiap orangnya, sehingga harus lebih berhati – hati dalam penggunaan ketumbar.

Tags: