Pengertian Matematika Penjabaran Dan Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada
Rate this post

Matematika

Saat mendengar kata matematika, apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda merasa benci, atau malah sebaliknya, suka? Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang belum tentu dipakai di kehidupan nyata atau kurang ada manfaatnya, sehingga timbul perasaan tidak suka terhadap matematika di kalangan para pelajar?

Macam-macam kegunaan

Di artikel kali ini akan dibahas tentang ‘apa saja sih, kegunaan matematika yang bisa diterapkan di kehidupan?’

Aljabar

Aljabar biasa diajarkan pertama kali saat pelajar duduk di bangku sekolah dasar. Aljabar adalah suatu bentuk dalam mata pelajaran matematika yang terdiri dari suatu konstanta (nilai tetap), dan variabel (nilai berubah). Ditemukan oleh matematikawan Persia Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi. Aljabar berasal dari kata dalam bahasa Arab, ‘Al-Jabr’ yang berarti pertemuan. Mempelajari hubungan, struktur dan kuantitas. Dapat ditemukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perpangkatan, dan pengakaran dalam bentuk aljabar. Salah satu contoh bentuk aljabar adalah: 4a+5b = 20. Angka 20 disebut konstanta; a dan b adalah variabel; 4 dan 5 adalah koefisien.

Sumber: tirto.id

Menggunakan bentuk aljabar dalam kehidupan seari-hari contohnya adalah:

Seorang pelajar bernama Robin membeli 2 pensil dan 1 buku, ia membayar semuanya sebesar 10 ribu rupiah. Lalu, datang seseorang lagi yang bernama Nina. Ia membeli 1 pensil dan 2 buku dengan total harga 12,5 ribu rupiah. Pertanyaannya adalah, berapa harga setiap pensil dan buku?

Dalam hal ini, bisa digunakan bentuk aljabar. Pensil bisa dianggap sebagai variabel a, sedangkan buku dapat dianggap sebagai variabel b. Harga 10 ribu adalah konstanta, karena nilainya tetap. Dirumuskan dengan:

2a+1b=10000

READ  Penggunaan Teorema Pythagoras

1a+2b=12500

Itulah contoh sederhananya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya bisa diterapkan dalam bidang lain selain matematika, yaitu kimia, biologi, ekonomi, dan lain-lain.

Kalkulus

 Nah, bagi sebagian orang, mungkin kalkulus ini merupakan salah satu mimpi buruk. Tingkat kesulitan dari kalkulus bisa melebihi tingkat kesulitan dari aljabar elementer, karena kalkulus ini adalah salah satu alternatif pemecaham masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh aljabar elementer.atau aljabar dalam bentuk dasar.

Kalkulus berasal dari bahasa latin ‘Calculus’ yang artinya batu kecil. Cabang matematika ini mencakup integral, deret tak hingga, limit, dan turunan, yang memiliki cabang utama kalkulus diferensial dan kalkulus integral.

Dalam kehidupan nyata, kalkulus bisa diterapkan di bidang kedokteran. Salah satu contohnya adalah dalam menghitung volume kanker. Alasannya karena, sel kanker tidak mungkin berbentuk tabung, kerucut, limas yang mudah sekali dalam menghitung volumenya, melainkan memiliki bentuk sembarang.

Matematika Peluang

Mempelajari matematika peluang dapat bermanfaat di bidang ekonomi, bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja menghitung peluang Tim Sepak bola A menang dalam suatu pertandingan, dan lain-lain.

Misalnya, Rina memiliki 3 kupon berhadiah yang akan dimasukan ke dalam kotak yang telah berisi 47 kupon berhadiah. Jika akan diambil 3 pemenang untuk mendapatkan hadiah, berapa peluang Rina untuk mendapatkan hadiah?

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai matematika yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.