Materi Bahasa Inggris Past Tense dan Contoh Singkatnya

Rate this post

Past Tense

Secara umum, past tenseadalah tense dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk membicarak sesuatu yang dimulai dan diakhiri pada suatu waktu di masa lampau (masa yang telah terlewat). Ada empat jenis tensesyang dikategorikan sebagai past tense. Mari membahasnya lebih jauh berikut ini.

  1. Simple past tense

Simple past (yang disebut juga preterite) digunakan untuk membicarakan suatu kegiatan yang sudah diselesaikan sebelum pembicaraan terjadi. Tense yang satu ini merupakan tata bahasa dasar dari past tense dalam bahasa Inggris—itulah kenapa disebut sebagai “simple past.

Formulanya adalah “Subject + Verb 2”.

Sementara itu, waktu secara spesifiknya dapat terjadi pada recent past(masa lampau tapi masih baru-baru ini) atau distant past (masa lampau yang sudah lama sekali), dan lamanya kegiatan bebas. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • John Cabot sailed to America in 1498.(John Cabot berlayar ke Amerika di 1498).
  • Her grandfather died last year.(Kakeknya meninggal tahun lalu).
  • Abi ate the pizza yesterday.(Abi memakan pizzanya kemarin).

Selain itu, kita bisa menggunakan simple past tense ketika mengenakan sesuatu terjadi di waktu yang pasti di masa lampau (adanya past time expressions). Ini melibatkan adverbs yang melibatkan frekuensi: often, sometimes,dan always. Contoh:

  • Kobi sometimes did his task at campus.(Kobi terkadang mengerjakan tugasnya di kampus).
  • Rafdy often bought Irma’s lunch there.(Rafdy seringkali membeli makan siang Irma di sana).
  • I went to Hongkong a few years ago.(Saya pergi ke Hongkong beberapa tahun yang lalu).
  1. Past Continuous Tense

Past continuous mendeskripsikan suatu kegiatan di suatu waktu sebelum sekarang yang dimulai di masa lampau dan masih berjalan ketika dibicarakan. Singkatnya, tenseini mengekspresikan suatu kegiatan yang belum selesai di masa lampau.

READ  Apa itu Past Continuous Tense?

Formulanya mudah sekali yaitu “Subject + to be (was/were) + verb-ing (gerund).” Maksudnya adalah subjek harus diikuti dengan to be,adapun to be-nya sudah harus dalam bentuk lampau (amdan is diganti was, are diganti were).

Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Abi was going to give her the love letter when a bus hit him from the back.(Abi hendak memberinya surat cinta ketika sebuah bus menabraknya dari belakang).
  • The cat was eating when Mom shooed it out. (Kucingnya sedang makan ketika Ibu mengusirnya keluar).
  • My baby was babbling. (Bayiku sedang mengoceh).
  1. Past Perfect Tense

Past perfect merujuk pada suatu waktu yang lebih awal daripada sekarang. Tense ini digunakan untuk memperjelas suatu peristiwa yang terjadi sebelum peristiwa lain di masa lampau. Misalkan saja sepotong ikan goreng hilang sebelum seekor kucing ketahuan memakannya. Maka kalimatnya menjadi seperti ini: the fried fish had lost when my cat was found out eating it(ikan gorengnya telah hilang ketika kucing saya ketahuan memakannya). Formula pembentukannya harus memiliki to have(had) dan past principle of main verb-nya.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai past tense.Sebetulnya masih ada satu tense masa lampau lagi yaitu past perfect continuous yang mungkin akan kita bahas lain waktu. Selamat belajar!

Tags: