Memahami Sistem Reproduksi Pada Pria dan Wanita

Rate this post

 Sumber gambar:tehansyad.blogspot.com

Sistem reproduksi

Sistem reproduksi pada manusia penting untuk dipahami oleh kita semua. Tujuannya tak lain adalah dengan memahami sistem reproduksi manusia, kita dapat menjaga kesehatan reproduksi dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan kesehatan di kemudian hari.

Sistem reproduksi pada manusia jadi bagian yang sangat penting dalam proses menghasilkan keturunan. Sistem reproduksi pada pria dan wanita jelas berbeda, dimana masing-masing punya fungsi yang juga berbeda pastinya.

Proses reproduksi pada manujia dimulai saat sel sperma pria bertemu dengan sel telur wanita. Proses ini umumnya terjadi ketika seorang pria dan wanita melakukan hubungan seksual. Proses reproduksi tersebut bisa berjalan lantaran adanya organ-organ reproduksi pada manusia yang berjalan sesuai dengan fungsinya. Organ reproduksi bekerja bersama dengan kelenjar serta hormone untuk menciptakan sistem reproduksi

Secara fungsi, sistem reproduksi pria lebih utama untuk produksi, penyimpanan dan juga mengantarkan sperma untuk membuahi sel telur. Sedangkan sistem reproduksi wanita fungsinya lebih kepada memproduksi sel telur dan mengandung janin. Kedua fungsi yang jauh berbeda ini jelas saling melengkapi dalam terjadinya proses reproduksi pada manusia.

Lantas, seperti apa sistem reproduksi pada pria dan wanita, juga apa saja organ-organ reproduksi yang ada pada tubuh? Keduanya sama-sama terdiri dari bagian eksternal dan internal. Untuk pria, sebagian besar sistem reproduksinya ada di luar tubuh. Sedangkan untuk wanita lebih banyak ada di dalam tubuh. Mari mengenal lebih jauh mengenai sistem reproduksi pria dan wanita.

READ  Cara Menggunakan Jangka Sorong dengan Mudah yang Benar

Sistem Reproduksi Pada Pria

Pria memiliki struktur organ reproduksi berupa penis, skrotum dan juga testis. Penis sendiri adalah organ vital pria yang dipakai saat proses berhubungan seksual. Pada saat mencapai klimaks, sperma keluar lewat saluran di dalam penis. Kemudian skrotum sendiri merupakan kantong kulit yang menggantung di pangkal penis. Funsinya adalah untuk melindungi testis dan juga saraf maupun pembuluh darah. Sedangkan testis merupakan bagian yang paling penting dalam sistem reproduksi pria. Letaknya ada di dalam skrotum dan merupakan kelenjar tempat produksi sperma dan hormone testosterone.

Kinerja organ-organ reproduksi pria akan bergantung pada keadaan horman reproduksi yang ada di dalamnya. Hormone tersebut adalah testosterone yang punya manfaat untuk perkembangan karakteristik pria.

Sistem Reproduksi Pada Wanita

Berbeda jauh dengan pria, struktus organ reproduksi wanita lebih banyak dan letaknya sebagian besar ada di dalam tubuh. Organ reproduksi wanita terdiri dari:

  1. Tuba Falopi:

    Organ yang bentuknya kecil dan berada di atas Rahim. Fungsinya menjadi jalur sel telur bergerak dari ovarium menuju rahim

  2. Ovarium:

    Kelenjar berbentul oval kecil yang ada pada kedua sisi rahim. Organ ini menghasilkan sel telur dan dua hormon, yakni estrogen dan progesterone

  3. Vagina dan Serviks:

    Organ jalur yang meghubungan antara mulut rahim atau serviks menuju ke bagian luar tubuh. Vagina juga disebut sebagai jalur lahir.

  4. Uterus:

    Disebut juga rahim, organ berongga yang bentuknya mirip buah pir. Uterus adalah tempat janin berkembang ketika seorang wanita hamil

Organ reproduksi wanita yang disebutkan diatas tersebut dilindungi oleh organ reproduksi yang terletak di luar. Organ-organ tersebut adalah labium mayor, labium minor, klitoris dan kelenjar Bartholin. Organ-organ tersebut berguna untuk melindungi organ reproduksi internal dari berbagai infeksi.

READ  Fluida Dinamis, Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis, dan Komponennya
Tags: